Selasa, 21 Mei 2019

Jakarta Fair 2019 Buka Hari Ini Tanggal 22 Mei 2019. Yeaaay !!!



Sudah siap mau belanja kebutuhan untuk lebaran?

Jakarta Fair Kemayoran buka hari ini Rabu, 22 Mei 2019 pukul 15.30! Yeaaay

Biar kunjunganmu ke Jakarta Fair 2019 makin greget, cobain deh tips-tips ini!
1. Naik Transportasi Publik
2. Promo tiket Rp.25000 setiap hari Senin
3. Pakai potongan tiket untuk promo menarik
4. Download aplikasi mobile biar makin asik
5. Sewa powerbank biar eksis terus
.
Cek HTM dan jadwal acara di www.jakartafair.co.id atau download mobile aplikasi Jakarta Fair! .



JAKARTA FAIR KEMAYORAN
🔥22 Mei - 30 Juni 2019
📍Arena JIExpo Kemayoran
.
⏰Jam Buka 📌Senin-Kamis: 15.30-22.00
📌Jumat: 15.30-23.00
📌Sabtu-Minggu: 10.00-23.00
📌Hari Libur Nasional: 10.00-23.00



🔥LEBARAN TETAP BUKA
⏰Jam Buka Lebaran & Libur Lebaran
📌30 Mei - 3 Juni 2019: 10.00-23.00
📌4 Juni 2019: 10.00-18.00
📌5 Juni 2019: 14.00-23.00
📌6 - 9 Juni 2019: 10.00-23.00


Selain wisata belanja, jangan lewatkan untuk melihat perform artis idola setiap harinya, dan kalau kamu merasa cantik dan pintar, boleh lho ikutan Miss Jakarta Fair 2019

Informasi:
🖥www.jakartafair.co.id ☎(021 2664 5000)

Kamis, 16 Mei 2019

Hidup Sehat Dan Cantik Dengan Minyak Dedak Oryza Grace Bran Oil

Assalamualaikum teman-teman?

Alhamdulillah beberapa hari lagi sudah masuk pertengahan bulan Ramadhan, gimana kabar puasanya hari ini? Semoga tetap lancar dan sehat terus ya.

Bagaimana agar kita selalu sehat selama menjalani puasa? berikut beberapa tips yang aku baca di wolipop:

✓ Saat sahur, konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks untuk bantu menahan kenyang selama 6 jam seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal,roti gandum, nasi merah. Jangan lupa juga konsumsi makanan berprotein, buah, sayur dan air putih yang cukup untuk bantu jaga stamina.
✓ Hindari konsumsi makanan berminyak karena akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen berkurang hingga 20% akibatnya akan mengantuk di siang hari.
✓Berbuka puasa dengan makan secukupnya
Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan karena bisa segera memulihkan energi setelah seharian puasa tapi jangan keliru ya, karena langsung makan banyak akan membuat perut sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.
✓Saat makan malam pastikan tidak makan terlalu banyak agar tetap sehat dan mencegah obesitas. Hindari kopi dan soda, ganti dengan air mineral dan jus buah.
✓Lakukan Olahraga ringan minimal jalan kaki 15-20 menit
✓Selalu perhatikan asupan makan dan jaga pola tidur yang cukup.

Kalo ngomongin menu puasa rasanya kurang lengkap ya kalo gak ada makanan yang di goreng ataupun di tumis walaupun katanya harus di hindari. Nah yang harus di hindari itu mungkin cara pemakaian nya dan juga jenis kandungan lemak pada minyak.

Minyak goreng mudah teroksidasi saat terpapar suhu panas tinggi. Ketika masuk ke dalam tubuh, residu minyak akan membentuk radikal bebas dan senyawa berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan.

Lemak jenuh dan lemak trans sama-sama bisa menyebabkan pembuluh darah arteri (pembuluh darah utama untuk mengalirkan aliran darah ke jantung) tersumbat. Jika pembuluh darah arteri tersumbat, maka risiko berbagai jenis penyakit jantung bisa meningkat, entah itu serangan jantung atau bahkan stroke.


Banyak orang pakai minyak zaitun untuk makanan yang lebih sehat. Tapi sekarang ada yang lebih spesial lho dari minyak zaitun yaitu minyak dedak. 

Selain sama sama memiliki kandungan vitamin E, keistimewaan minyak dedak dibandingkan zaitun adalah minyak Dedak memiliki titik asap yang stabil, jadi jika dipanaskan dengan suhu tinggi, minyak tidak akan rusak.

Dengar kata dedak pasti langsung ingat sama pakan hewan ternak ya. Ternyata bisa bermanfaat juga untuk manusia.

Minyak dedak terbuat dari serbuk halus yang melapisi bulir beras dalam biji padi dan di proses dengan ekstraksi kulit padi.

Penjelasan dari Dokter Rita tentang manfaat minyak dedak atau minyak bekatul padi 👇👇




Membuat Menu Puasa Menggunakan Minyak Dedak 'Oryza Grace Bran Oil'

Sekarang aku lagi senang banget masak pakai minyak bekatul padi atau minyak dedak karena minyak ini kandungan dan manfaatnya lebih istimewa lho dari minyak zaitun.



Keunggulan Minyak Goreng Sehat ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil di antaranya :

1.Rendah Lemak Jenuh
‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil memiliki konfigurasi lemak yang paling mendekati rekomendasi American Heart Association (AHA) yang menyebutkan bahwa lemak yang seimbang berkisar antara 37% Lemak Tak Jenuh Tunggal, 33% Lemak Tak Jenuh Ganda dan 30% Lemak Jenuh.

2.Tinggi titik asapnya (Lemak Tak Jenuh tidak rusak saat proses penggorengan)
Titik asap ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil adalah 254°C, tertinggi di antara semua jenis minyak goreng, menjadikannya aman pada suhu wajan saat penggorengan berlangsung, yang panasnya bisa mencapai 220°C.
Titik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas.


3. Tidak Menyebabkan Batuk
Terbentuknya zat akrolein dalam minyak yang menimbulkan beberapa akibat yang merugikan kesehatan, di antaranya menyebabkan batuk.

4.Melezatkan makanan
Dengan ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil, gorengan maupun tumisan akan menjadi lezat. Selain itu juga renyah dan gurih.
‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil cocok dan aman untuk dipergunakan menggoreng (deep frying), menumis, memanggang, salad dressing dan berbagai cara penyajian lainnya.

5.Mengadung Gamma Oryzanol
Yaitu antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini.
Dengan ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil gorengan maupun tumisan menjadi lezat. Selain itu juga renyah. ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil pilihan yang tepat untuk keluarga anda. Selain melezatkan makanan, ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil juga menyehatkan, aman bagi penderita penyakit kolesterol dan jantung.


Manfaat untuk kecantikan





Karena healthy oil ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E, minyak dedak juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit seperti :

-Mengurangi bintik hitam di wajah
- Mengobati jerawat
- Mengobati eksim, gatal gatal dan ruam
- Mengurangi kerontokan pada rambut juga melebatkan rambut
(Sumber: stylecraze.com)


Sudah saatnya kita beralih ke healthy oil Oryza Grace Bran Oil.

Untuk informasi lebih lengkap ada di
Website: www.oryzagrace.com  
FB: www.facebook.com/ricebranoil
IG: www.instagram.com/oryzagrace


Kamis, 02 Mei 2019

Anak Indonesia Siap Bersaing Dengan Masyarakat Dunia? Lengkapi Nutrisi Dan Imunisasi nya Sejak Dini




Setiap bulan April kita menyambut Pekan Imunisasi Dunia.

Sampai saat ini memang sudah banyak anak Indonesia yang sudah di imunisasi tapi ternyata masih banyak juga lho anak Indonesia yang belum di imunisasi juga sudah di imunisasi tetapi tidak lengkap karena minimnya informasi dan juga percaya berita hoaks tentang imunisasi.

Padahal manfaat imunisasi itu sangat penting banget dan semua negara sudah melakukan nya.

Manfaat imunisasi terbukti di semua negara dapat mencegah sakit berat, cacat dan meninggal.

Kalau imunisasi tidak lengkap bisa rawan terserang penyakit berbahaya, kekebalan menjadi rendah dan mudah tertular penyakit.

Menyambut  Pekan Imunisasi Dunia, 
IDAI dan Nestle mendukung komitmen bersama untuk mewujudkan Indonesia sehat mengadakan konferensi pers dengan tema Imunisasi Lengkap, Indonesia Sehat.



Hadir sebagai narasumber

- Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi (Satgas Imunisasi IDAI)
- Dr. Yoga Devaera, Sp.A(K) 
(UKK Nutrisi Penyakit Metabolik IDAI)
- DR. Dr. Ray Basrowi, MKK (Head of Medical & Nutrition Service Departement Nestle Indonesia.

Jenis Dan Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan


Doc: Somerset Live

Seperti yang telah disebutkan di atas, manfaat imunisasi sangat lah penting. Para ahli meneliti manfaat dan keamanan vaksin di berbagai negara dan organisasi internasional menyatakan bahwa imunisasi terbukti aman dan bermanfaat untuk mencegah wabah sakit berat, cacat dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.
Oleh karena itu semua negara melakukan imunisasi rutin untuk semua bayi, balita dan remaja.

Berikut ini adalah jenis Imunisasi dan manfaatnya untuk anak dibawah 1 tahun :


Hepatitis B 

Untuk mencegah virus Hepatitis B yang dapat menyerang dan merusak hati, bila tidak diobati dapat menyebabkan gagal hati dan kanker hati.

Imunisasi Polio

Untuk mencegah serangan virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Imunisasi BCG (Bacilus Calmette Guerin)

Untuk mencegah tuberkulosis paru, kelenjar, tulang dan radang otak yang bisa menimbulkan kematian dan kecacatan

Imunisasi MR

Mencegah penyakit campak (measles) dan Rubella ( campak Jerman )

Haemophilus influeanzae tipe B (Hib)

Mencegah infeksi saluran nafas berat ( pneumonia) dan radang otak ( meningitis )

Imunisasi DPT 

Untuk mencegah 3 penyakit yaitu Difteri, Pertusis (Batuk Rejan) dan Tetanus.
Penyakit Difteri dapat menyebabkan pembengkakan dan sumbatan jalan nafas



Contoh dampak yang tidak baik jika anak anak Indonesia tidak di Imunisasi secara lengkap yang menyebabkan wabah penyakit di Indonesia seperti :


Wabah polio tahun 2005-2006 dari Sukabumi menjalar ke Banten Lampung, Jawa timur, Jawa tengah dan Sumatera Utara dalam waktu beberapa bulan menyebabkan 351 balita lumpuh seumur hidup.


Wabah campak dan rubella di Indonesia sejak tahun 2014-2018 terdapat 57.056 kasus.

Komplikasi akibat penyakit campak pada periode tersebut sebanyak 
2.853 anak menderita radang paru, 5706 anak diare,
571 anak radang otak,cacat atau meninggal.
Cacat karena rubella tahun 2012-2018 di RS tipe A pada 1660 bayi :
- penyakit jantung bawaan 79,5%,
- kebutaan 67,6%
- keterbelakangan mental 50% 
- otot tidak berkembang/mikrosefali - 48,6%
- Tuli 31,1 %


Wabah difteri di Jawa timur tahun 2005-2012 menjalar ke Kalimantan menyebabkan 1.789 anak dirawat di rumah sakit, lebih dari 94 meninggal dunia. 
Wabah difteri tahun 2017-2018 meluas ke 144 kabupaten/kota di 30 provinsi ,939 pasien dirawat di Rumah sakit dan 44 orang meninggal dunia.



Jangan Mudah Percaya Berita Hoaks

Bayi dan anak yang terkena wabah tersebut diatas umumnya belum diimunisasi atau imunisasi tidak lengkap. Orang tua yang ragu atau menolak imunisasi disebabkan karena beberapa isu salah yang disebarkan oleh bukan praktisi atau ahli imunisasi.

Info-info tidak benar tersebut bersumber dari pendapat perorangan di dalam dan di luar negeri berdasarkan asumsi-asumsi sebelum tahun 2000-an yang sangat berbeda dengan hasil penelitian ilmiah terbaru tahun 2002 2019 berbagai penelitian penelitian terbaru oleh para ahli di berbagai negara sejak tahun 2014-2019 menyimpulkan bahwa vaksin MMR dan thimerosal tidak terbukti mengakibatkan autisme para ahli umumnya menyimpulkan bahwa autisme dipengaruhi oleh interaksi kompleks antara faktor genetik dan faktor lingkungan, bukan karena vaksin.

Bagi kaum muslim pun, tak perlu khawatir karena berdasarkan Fatwa MUI membolehkan untuk vaksinasi.
Informasi lengkap tentang fatwa ulama ada disini.

Efek Yang  Wajar  Dari Imunisasi


Jangan khawatir terhadap reaksi umum yang ditimbulkan setelah melakukan imunisasi. Demam, kemerahan, dan bengkak sedikit di sekitar tempat suntikan adalah reaksi yang wajar, tidak berbahaya, dan akan hilang dalam beberapa hari. Demam setelah imunisasi tidak berhubungan dengan kualitas vaksin atau kualitas perlindungannya.


Jika mengalami demam, berikan obat turun panas sesuai dosis yang dianjurkan Dokter/perawat/bidan. Bila panas berlanjut lebih dari 2 hari, bawa kembali ke tempat imunisasi.


Bayi yang sedang batuk dan pilek ringan, mencret sedikit, tanpa demam dan tidak rewel boleh diimunisasi.


Berikut adalah jadwal imunisasi usia 0-18 tahun rekomendasi dari IDAI




Jika imunisasi terlewat dari jadwal, segera lengkapi.


Jika imunisasi bayi dan balita sudah lengkap, lanjutkan imunisasi usia sekolah dan remaja.


Karena hasil imunisasi pada saat bayi dan balita, kekebalannya akan menurun perlahan sehingga pada usia sekolah dan remaja sangat rendah, disamping itu di usia sekolah dan remaja dimana tingkat aktivitas yang tinggi, juga lebih banyak berinteraksi di luar rumah, maka akan beresiko tertular dan menularkan. 


Vaksin yang belum disubsidi pemerintah sama pentingnya dan di rekomendasikan oleh IDAI dan WHO seperti Rotavirus, Pneumokokus, Cacar air, Rabies, Tifoid, Hepatitis A dll.


Catatan penting : jangan meniru jadwal imunisasi dari negara lain karena masing masing negara berbeda pola penyakit, kondisi geografis, iklim serta sosial ekonomi nya.





Imunisasi Lengkap, Nutrisi Seimbang



Selain imunisasi, Dengan dukungan nutrisi yang cukup maka anak anak akan bertumbuh kembang dengan optimal dan siap bersaing dengan masyarakat dunia dimasa yang akan datang.

Kebutuhan makronutrien ( karbohidrat,lemak,protein) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) sangat dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

Dr.Ray bilang, jika anak kurang gizi, maka terdapat parameter imunitas yang tidak baik, jika status gizi baik maka respon imunisasi akan baik.


Pada bayi usia 0-6 bulan memang tidak dapat ditawar lagi, makanan nya adalah ASI eksklusif.


Setelah usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi nya tidak cukup lagi dari ASI dan butuh makanan pendamping ASI.



Contoh sumber nutrisi alami yang bisa di kombinasikan dalam pembuatan MPASI dedek bayi


Rekomendasi WHO, berikan MPASI yang adekuat atau memenuhi kebutuhan energi, protein, dan mikro nutrien yang tidak tercukupi dari ASI saja.


Salah satu masalah zat gizi yang dialami bayi adalah defisiensi zat besi, padahal zat besi punya peranan sangat penting nih dalam perkembangan otak dan sistem imunitas.

Fyi, kebutuhan harian zat besi  bayi usia 6-12 bulan itu setara dengan kandungan zat besi dalam 385 gr daging sapi atau 85 gr hati ayam. Pastinya gak mungkin si kecil bisa makan porsi sebanyak itu ya dalam 1 hari. Sedangkan ASI hanya memenuhi  0,3 mg dari 11 mg ( 0,9-1,3 mg/kg BB).

Nah, salah satu strategi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi adalah dengan mengkombinasikan MPASI rumahan dengan MPASI fortifikasi.

MPASI Fortifikasi memiliki komposisi yang diatur CODEX termasuk kandungan nutrisi dan zat tambahan lainnya.


Nestlé CERELAC Untuk Kombinasi MPASI Si Kecil

Pastinya sudah tidak asing lagi di dengar produk MPASI dari Nestlé yaitu CERELAC.
Kandungan nutrisi dari CERELAC sudah disesuaikan.
Produk CERELAC memiliki bahan baku yang di tanam dan dipilih secara seksama sesuai kebutuhan si kecil dan selama proses pembuatan dijaga ketat sehingga menghasilkan kualitas yang baik.



CERELAC mengandung Prebiotik Bifidobacterium Lactis yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, menurunkan resiko infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh pasca vaksinasi.

Kombinasi CERELAC dengan MPASI rumahan membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian si kecil.

Berikut ini adalah salah satu resep MPASI yang ada di website awalsehatnestle.


Bubur Ayam Brokoli Wortel

Bahan :
• 150 ml air hangat
•5 sdm nestle cerelac ayam bawang
•15 gr dada ayam
•15gr sayuran (wortel, brokoli, kentang, bayam)
•1siung bawang putih cincang kasar
•2 sdm olive oil
•Garam dan gula sesuai selera (opsional)
•Keju parut (opsional)

Perlengkapan memasak
- Panci
- Pisau
- Mangkuk

Cara membuat:

- Potong sayuran sesuai selera, 
- rebus/kukus hanya untuk melembutkan, sisihkan
- Tumis dada ayam dengan olive oil dan bawang putih sampai matang
- Masukan rebusan/kukusan sayur kedalam tumisan, aduk rata dengan ayam, tambahkan gula dan garam (opsional) lalu sisihkan
- Larutkan Nestle Cerelac Ayam Bawang dengan 150ml air hangat di mangkuk yang telah disediakan
- Campurkan tumisan ayam sayur pada mangkuk yang berisi Nestle Cerelac Ayam Bawang


- Sajikan bersama dengan parutan keju (opsional).





Minggu, 03 Maret 2019

Semangat Persatuan Indonesia Melalui Kenduri Nusantara Doa Untuk Negeri

... Disana tempat lahir beta,
Dibuai di besarkan bunda,
Tempat berlindung di hari tua,
Sampai akhir menutup mata..

Itulah penggalan lirik lagu Indonesia Pusaka karya kakek Ismail Marzuki, kalau kita dengerin lagunya rasanya adem banget, menumbuhkan semangat dan cinta terhadap negeri kita sendiri, Indonesia.

Tapi kenyataannya akhir akhir ini kita sering banget denger berita berita yang gak baik yang bisa memecah belah persatuan Indonesia. Semakin hari semakin panas oleh perbedaan pendapat. Perbedaan pilihan tergiring menjadi menyebarnya saling curiga, amarah, dan bahkan tindakan yang merusak tali silaturahmi dan kekeluargaan. 


Kondisi inilah yang menggerakkan masyarakat Solo untuk menggelar doa bersama melalui acara KENDURI NUSANTARA yang diadakan pada hari Minggu, 3 Maret 2019. Pukul 07.00 - 10.00 WIB di Benteng Vastenburg Surakarta.

Perhelatan ini merupakan inisiatif kami sendiri, warga masyarakat Solo, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap situasi bangsa yang semakin jauh dari rasa solidaritas.

Kenduri merupakan sebuah mekanisme sosial untuk merawat keutuhan, memulihkan keretakan, dan meneguhkan kembali cita-cita bersama, sekaligus melakukan kontrol sosial atas penyimpangan dari cita-cita tersebut.


Dalam acara tersebut ada berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan Umbul donga yaitu memanjatkan doa bersama secara lintas iman untuk keselamatan negeri dilakukan oleh warga Solo bersama dengan ulama rakyat, salah satunya Gus Muwafiq.





Tak hanya doa bersama dan makan tumpeng bersama masyarakat Surakarta,  acara KENDURI NUSANTARA juga menampilkan pertunjukan seni budaya Jawa seperti Tari tradisional dan gamelan, juga ada pawai sepeda ontel. Seruuu!

BHINNEKA TUNGGAL IKA hanya menjadi simbol belaka bahwa negara kita memiliki sejarah yang dibangun oleh beragam budaya, beragam suku bangsa, dan beragam agama serta kepercayaan yang dianutnya. 

Karena itulah dibutuhkan kesadaran untuk kembali ke akarnya bahwa kita memiliki bangsa yang kaya warisan budaya.
Inilah saatnya kembali merawat NKRI menjaga Indonesia yang menjadi tanggung jawab semua pihak sebagai anak bangsa.


“Kami warga Solo tidak rela bangsa ini terbelah dan tidak tenang dalam melanjutkan membangun negeri demi kesejahteraan rakyat.”

Kenduri dengan sajian tumpengan merah putih adalah simbol semangat kami, simbol kecintaan kami pada NKRI.



Masyarakat Solo berharap warga di wilayah lain seantero negeri bisa melakukan hal yang sama dengan cara dan bentuk sesuai dengan tradisi dan kepercayaan/keyakinan masing-masing. Inilah saatnya kita menata kembali ruang sosial kita, membuka kembali sekat-sekat, membersihkan kembali saluran-saluran yang kotor, dan menyiraminya dengan air kesejukan.

Kita rawat dan jaga bersama agar Ibu Pertiwi tidak bersusah hati. Mari bersimpuh dan memanjatkan doa. Demi kita semua, bangsa Indonesia.




Selasa, 05 Februari 2019

NESTUM 101 Healthy Bowl Kreasi Resep Ala Indonesia



Udah sarapan belum hari ini?? Jangan lupa ya sempatin buat sarapan.

Anjuran yang baik sih maksimal 2 jam setelah bangun tidur atau sebelum jam 9 perut udah di kasih sarapan . Dan kalau bisa sarapan yang mengenyangkan, gak sekedar sruput kopi atau teh aja biar aktifitas harian tetap lancar dan selalu semangat yes juga badan kita tetap sehat.


Dan tanggal Januari kemarin aku berkesempatan untuk datang ke acaranya Nestle NESTUM untuk lebih tahu pentingnya sarapan pagi.

Mengapa sarapan pagi itu penting?

Banyak penelitian membuktikan bahwa aktivitas mengkonsumsi makanan saat sarapan memberikan banyak manfaat. Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes yang hadir pada saat itu menjelaskan " dengan mengonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat yang lebih, baik dari sisi fisiologis maupun psikologis dibandingkan jika hanya mengonsumsi minuman saja.


Proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut yang tidak hanya menstimulasi organ pencernaan tetapi juga organ organ lain termasuk jantung yang bertugas memompa darah.

Meningkatnya peredaran darah akan membuat distribusi oksigen dan zat-zat gizi menjadi lebih baik. Dengan demikian, kerja otak dan otot akan lebih baik. Karenanya, dengan mengkonsumsi makanan, kita tidak hanya bisa mengurangi rasa lapar tetapi juga meningkatkan kemampuan kognitif seperti daya ingat dan fokus.

Dokter Rita menambahkan bahwa proses pelumatan makanan dapat menurunkan hormon grealin yaitu hormon yang berperan menstimulasi nafsu makan dan meningkatkan hormon sitokinin yang mampu menurunkan nafsu makan dengan demikian apabila kita mengonsumsi makanan saat sarapan maka kita bisa mendapatkan rasa kenyang kenyang lebih lama karenanya pilihlah menu sarapan dengan bijak asalnya berupa makanan yang mengandung multigrain serat pangan vitamin dan mineral.

Tentang NESTUM

Nestle Nestum adalah bubur sereal sarapan multigrain pertama di Indonesia yang memiliki semua kebaikan GRAINSMARTA yaitu perpaduan tiga jenis biji-bijian seperti gandum utuh beras dan jagung serta serat pangan vitamin dan mineral. Nestle Nestum hadir dalam dua pilihan yaitu Nestle Nestum porridge yang tersedia dengan rasa manis dan original serta Nestle nestum 3in1 dengan rasa susu, susu & pisang dan susu & coklat.

NESTUM 101 Healthy Bowl

Dalam rangka mendukung komitmen Nestle dalam meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat , tahun ini Nestle melakukan gerakan NESTUM 101 Healthy Bowl untuk menginspirasi seluruh keluarga Indonesia dalam membuat menu  sarapan bergizi seimbang, praktis, lezat dengan mengkreasikan bubur Nestle dengan aneka topping khas Nusantara seperti nangka, mangga, jeruk, hingga tempe orek dan ayam suwir.

Dan kemarin saya berkesempatan mengikuti challenge NESTUM 101 Healthy Bowl satu tim sama mama Nurul_gie, kami membuat menu breakfast NESTUM TROPICAL FRUIT. Walaupun tidak menang dalam challenge tapi senang banget bisa ikut berpartisipasi dan dapat resep breakfast terbaru dari Chef Steby Rafael.

Dan teman-teman kalau ingin ikutan challenge nya juga bisa banget, caranya tinggal posting di Instagram kreasi NESTUM kamu, hadiahnya bisa trip ke Jogja lho.
Yuk ikutan!



Kamis, 31 Januari 2019

Belajar Ensiklopedia Hewan Dan Alam Untuk Anak Di ZooMoo


Di umur Dede Adib 3 tahun sekarang ini, dia lagi senang banget meniru suara binatang seperti suara ayam, anjing, bebek dan lainnya.
Ternyata bagus juga lho untuk mengembangkan kreatif anak.
Jadi saat ia lagi senang senangnya bermain, tak ku sia siakan kesempatan untuk menstimulasi nya lebih dalam lagi seperti saat ia menirukan suara hewan, kemudian lanjut dengan menirukan beberapa gerakan hewan yang ia ketahui, juga main tebak tebakan hewan dengan menyuruh nya meraba mainan hewan yang akan di tebak sambil tutup mata. Hal ini berguna banget untuk mendorong Dede Adib mengikuti instruksi dan mengembangkan imajinasinya. 

Beda lagi sama Lala, kalau Kakak Lala lagi suka menggambar dan mewarnai. Semua coloring book kebanyakan ia suka pilih hewan dan tumbuhan.

Kenapa ya dunia alam dan hewan itu sangat erat kaitannya sama anak anak??

Mungkin jawabannya cukup sederhana, karena mereka sama sama makhluk hidup ciptaan Tuhan. 
Kadang disetiap cerita anak, binatang-binatang dipersonifikasikan sebagai manusia yang memiliki karakter sehingga membuat cerita sangat menarik dan membekas diingatan anak anak.

Selain itu juga memang ketertarikan anak anak dengan dunia binatang sangat tinggi. Gak jauh jauh deh, kalau lihat boneka dan mainan di kamar anak kita, hampir semua bentuk karakter binatang lucu. Atau juga sejak kecil sudah memelihara hewan di rumah. Apalagi kalau dengar dongeng tentang binatang pasti anak anak suka kan. Dan dari sinilah kita bisa menyisipkan pesan pesan yang positif untuk nya agar selalu diingat di kemudian hari.




Dan suatu kesempatan yang baik Tanggal 26 Januari 2019 kemarin, aku dan anak-anak bisa menghadiri workshop ZooMoo dan mengetahui lebih dalam tentang ZooMoo dan penting mengajarkan anak tentang nilai alam dan konservasi.



Disana hadir Baby Moonela dan Mama Merry, Miss Stella (Brand Manager Zoo Moo) juga Ibu Sally dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara.



Apa itu ZooMoo ?

ZooMoo merupakan saluran interaktif anak pertama yang berfokus pada dunia hewan dan alam. Untuk membantu mengembangkan AQ (Animal Quotient) anak anak, ZooMoo membawa mereka untuk mengeksplorasi dunia hewan melalui berbagai program pilihan yang menghibur interaktif dan mendidik terdiri dari program-program yang menggabungkan footage margasatwa dengan boneka, animasi dan teknik naratif , ZooMoo menciptakan pengalaman menonton sambil belajar yang unik bagi anak-anak.

Tidak hanya sekedar mengenal hewan dengan cara yang menyenangkan saja, tetapi juga mengenalkan tentang hewan yang sudah punah, mengetahui alasan mengapa sampai bisa punah.
Hal ini bermanfaat agar anak anak memiliki pola pikir "menjaga" dan peduli dengan kelestarian alam dan hewan kelak ketika ia besar nanti.

Mama Merry juga sharing tentang bagaimana mengenalkan hewan kepada Baby Moonela. Saran dari mama Merry untuk memberikan konten yang sesuai untuk anak, misalnya tayangan tentang alam yang dikemas secara ringan contohnya seperti ZooMoo, program-programnya ringan, informatif dan menarik juga sesuai usia.

Miss Stella juga menambahkan, ZooMoo merupakan ensiklopedia yang memberikan informasi seputar kehidupan hewan serta alam yang mudah dipahami anak dan menghibur dengan meningkatkan  AQ anak, kesadaran dan kecintaan mereka terhadap hewan dan alam akan semakin besar dan menjadikan mereka masyarakat yang peduli terhadap bumi.

Dengan cara yang fun, anak-anak cepat menangkap informasi dan menyimpan nya dalam waktu yg lama, jadi carilah channel yang anak anak suka seperti tayangan ZooMoo ini.


Ibu Sally juga bilang bahwa mengajar kan anak anak tentang konservasi alam sejak dini juga sangat penting, apalagi kita hidup di era sekarang dan kita melihat juga mendengar banyak pengrusakan alam.

Lingkungan saat ini tidak ideal, kita tidak juga bisa melarang. Jadi kewajiban kita sebagai orang tua memberi contoh yang baik, peran kita sebagai orang tua yaitu memastikan mereka memiliki kepedulian, mereka adalah calon pemimpin dimasa depan yang nanti pada saat dewasa dapat mengambil keputusan yang tepat.

Senang sekali dalam acara kali ini bisa dapat banyak pengetahuan, dan anak anak juga senang banget karena di sana ada aktivitas mewarnai dan face painting.


Penasaran sama program tayangan ZooMoo? Mudah banget, bisa unduh via AppStore atau PlayStore tanpa harus berlangganan First Media dulu. Dan ZooMoo juga ada di YouTube Channel lho.






Rabu, 09 Januari 2019

Saluran Cerna Sehat, Ciptakan 7 Kehebatan Perut Si Kecil

Senang rasanya menikmati liburan sekolah di penghujung tahun 2018 ini. Bukan cuma anak anak saja yang gembira, tapi aku juga sebagai ibu sangat menikmati nya karena waktu nya antar jemput anak sekolah libur dulu dan sejenak bersantai dari kehectican saat pagi hari menyiapkan seragam dan bekal sekolah anak anak :) .
Liburan akhir tahun ini anak anak mengisi waktu dengan bermain di rumah, tidak hanya sekedar bermain tapi juga yang dapat bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas anak seperti menyusun manik manik atau menyusun gelas yang bermanfaat untuk melatih motorik halus Dede Adib dan Lala mengembangkan kemampuan kordinasi antara tangan dan matanya.

Dari berbagai literasi yang ku baca ternyata bermain banyak manfaatnya bagi si kecil, diantaranya:

1. Memahami diri sendiri dan mengembangkan harga diri
Ketika bermain, anak akan menentukan pilihan-pilihan. Mereka harus memilih apa yang akan dimainkan. Anak juga memilih di mana dan dengan siapa mereka bermain.

Semua pilihan itu akan membantu terbentuknya gambaran tentang diri mereka dan membuatnya merasa mampu mengendalikan diri. Permainan memotong kertas, mengatur letak atau mewarnai misalnya dapat dilakukan dalam beragam bentuk. Tidak ada batasan yang harus diikuti.

Identitas dan kepercayaan diri dapat berkembang tanpa rasa ketakutan akan kalah atau gagal. Pada saat anak menjadi semakin dewasa dan identitasnya telah terbentuk dengan lebih baik, mereka akan semakin mampu menghadapi tantangan permainan yang terstruktur, bertujuan dan lebih dibatasi oleh aturan-aturan.

2. Menemukan apa yang dapat mereka lakukan dan mengembangkan kepercayaan diri.
Permainan mendorong berkembangnya keterampilan, fisik, sosial dan intelektual. Misalnya perkembangan keterampilan sosial dapat terlihat dari cara anak mendekati dan bersama dengan orang lain, berkompromi serta bernegosiasi.

Apabila anak mengalami kegagalan saat melakukan suatu permainan, hal itu akan membantu mereka menghadapi kegagalan dalam arti sebenarnya dan mengelolanya pada saat mereka benar-benar harus bertanggungjawab.

3. Melatih mental anak
Ketika bermain, anak berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya. Anak mengekspresikan pengetahuan yang dia miliki sekaligus mendapatkan pengetahuan baru.

Orangtua akan dapat semakin mengenal anak dengan mengamati saat bermain. Bahkan, lewat permainan (terutama bermain pura-pura) orangtua juga dapat menemukan kesan-kesan dan harapan anak terhadap orangtua serta keluarganya.

4. Meningkatkan daya kreativitas dan membebaskan anak dari stres
Kreativitas anak akan berkembang melalui permainan. Ide-ide yang orisinil akan keluar dari pikiran mereka, walaupun kadang terasa abstrak untuk orangtua.

Bermain juga dapat membantu anak untuk lepas dari stres kehidupan sehari-hari. Stres pada anak biasanya disebabkan oleh rutinitas harian yang membosankan.

5. Mengembangkan pola sosialisasi dan emosi anak
Dalam permainan kelompok, anak belajar tentang sosialisasi. Anak mempelajari nilai keberhasilan pribadi ketika berhasil memasuki suatu kelompok. Ketika anak memainkan peran 'baik' dan 'jahat', hal ini membuat mereka kaya akan pengalaman emosi. Anak akan memahami perasaan yang terkait dari ketakutan dan penolakan dari situasi yang dia hadapi.

6. Melatih motorik dan mengasah daya analisa anak
Melalui permainan, anak dapat belajar banyak hal. Di antaranya melatih kemampuan menyeimbangkan antara motorik halus dan kasar. Hal ini sangat memengaruhi perkembangan psikologisnya.

Permainan akan memberi kesempatan anak untuk belajar menghadapi situasi kehidupan pribadi sekaligus memecahkan masalah. Anak-anak akan berusaha menganalisa dan memahami persoalan yang terdapat dalam setiap permainan.

7. Penyaluran bagi kebutuhan dan keinginan anak
Kebutuhan dan keinginan yang tidak dapat dipenuhi dengan cara lain, seringkali dapat dipenuhi dengan bermain. Anak yang tidak mampu mencapai peran pemimpin dalam kehidupan nyata, mungkin akan memperlohen pemenuhan keinginan itu dengan menjadi pemimpin tentara saat bermain.

8. Standar moral
Walaupun anak belajar di rumah dan sekolah tentang apa yang dianggap baik dan buruk oleh kelompok, tidak ada pemaksaan standar moral selain dalam kelompok bermain.

9. Mengembangkan otak kanan anak
Bermain memiliki aspek-aspek yang menyenangkan dan membuka kesempatan untuk menguji kemampuan dirinya berhadapan dengan teman sebaya serta mengembangkan perasaan realistis akan dirinya. Dengan begitu, bermain memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan otak kanan, kemampuan yang mungkin kurang terasah baik di sekolah maupun di rumah.
Selain manfaat bermain yang baik untuk tumbuh kembang anak, yang terpenting adalah pemenuhan nutrisi si kecil melalui makanan bergizi agar pertumbuhan si kecil optimal.
Dan satu lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu dengan menjaga saluran pencernaan.

Mengapa saluran cerna??

Dalam buku yang ku baca karya Dr.Badriul Hegar, pH.D,Sp.A(K) yang berjudul "keunikan saluran cerna anak" menjelaskan bahwa 
Saluran cerna yang sehat merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak di 1000 hari pertama kehidupan. Saluran cerna yang sehat pada awal kehidupan akan menjadi landasan pertumbuhan, perkembangan, kematangan intelektual dan kesehatan anak secara keseluruhan di periode berikutnya.
Saluran cerna yang sehat akan mencerna dan menyerap zat nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, melindungi anak dari infeksi dan berinteraksi dengan otak sehingga anak tidak saja sehat tetapi juga nyaman.
Saluran cerna mempunyai pengaruh besar terhadap fungsi otak. Usus dan otak selalu berkomunikasi melalui sistem saraf, sistem hormon dan kekebalan tubuh.
Penelitian terbaru menunjukkan saluran cerna yang sehat dapat memberikan 7 Kehebatan yaitu :

1. Pencernaan Nyaman

Kenyamanan pencernaan dapat diartikan sebagai rasa nyaman pada anak karena saluran cernanya berfungsi dengan baik yang meliputi fungsi mencerna dan menyerap makanan, pertahanan tubuh dan toleransi terhadap makanan yang dikonsumsi. Ketidaknyamanan pada pencernaan dapat dimanifestasikan sebagai rewel, menangis, muntah atau gangguan defekasi.

2. Penyerapan Nutrisi

Si kecil memerlukan jumlah kalori yang cukup besar untuk memenuhi pertumbuhannya yang sangat cepat pada beberapa bulan pertama kehidupannya, padahal daya tampung lambungnya masih sangat kecil. Sampai usia 4-6 bulan, bayi belum siap mencerna makanan padat secara lengkap apalagi dalam jumlah besar. Untuk itu penting untuk memilih makanan yang padat nutrisi dan mudah diserap untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Setelah usia tersebut, sistem saluran cerna mengalami perubahan pesat sesuai kematangan fungsinya agar siap menghasilkan berbagai enzim untuk mencerna makanan.

3. Pencernaan Lancar

Salah satu tanda pencernaan lancar adalah anak memiliki pola buang air besar (BAB) (frekuensi, konsistensi dan warna feses) yang sesuai dengan usianya. Pola BAB anak dipengaruhi oleh faktor organik (fungsi organ dan sistem saraf), pola makan, dan usia. Dalam waktu 24 jam setelah dilahirkan, bayi akan mengeluarkan kotoran pertamanya yang disebut mekonium. Selanjutnya frekuensi BAB bayi baru lahir lebih sering dibandingkan dengan bayi atau anak yang lebih besar. Anak yang mempunyai kebiasaan makan yang mengandung cukup serat umumnya memperlihatkan pola BAB yang lebih baik.

4. Perlindungan Alami

Saluran cerna sehat tidak hanya menjalankan fungsi mencerna dan menyerap makanan, tetapi juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh. 70% sel daya tahan tubuh terdapat pada saluran cerna dimana fungsinya dipengaruhi oleh keberadaan makanan dan mikroorganisme di dalam saluran cerna. Sebagai perlindungan alami, saluran cerna melindungi anak dari kerusakan yang mungkin terjadi akibat factor dari luar tubuh seperti bakteri, virus, dan parasite atau factor berasal dari dalam tubuh seperti kanker dan penyakit autoimun.

5. Tumbuh Kembang Optimal

Saluran cerna yang sehat pada awal kehidupan akan menjadi landasan pertumbuhan, perkembangan, kemampuan berinteraksi sosial, emosi, serta prestasi akademis anak di kemudian hari. Saluran cerna yang sehat akan mencerna dan menyerap zat nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, melindungi anak dari infeksi dan berinteraksi dengan otak.


6. Cepat Tanggap


Sistem saraf pada saluran cerna begitu banyak, sehingga seringkali para ahli menyebutnya sebagai “otak kedua”. Keterlibatan saluran cerna terhadap perkembangan otak banyak dikaji oleh para ahli terutama dikaitkan dengan peran mikroflora baik (Bifidobakteria dan atau Lactobacillus) di dalam saluran cerna dalam memetabolisme makanan yang dikonsumsi anak. Mikroflora baik pada saluran cerna dapat mempengaruhi sistem saraf untuk melepaskan neurotransmitter yang memberikan sinyal ke otak. Jumlah neurotransmitter ini akan mempengaruhi kecepatan otak dalam memberikan respon terhadap rangsangan yang diterima.

7. Menjaga Suasana Hati

95% hormon serotonin di dalam tubuh ditemukan dalam saluran cerna
Hormon serotonin adalah neurotransmitter utama yang dihasilkan saluran cerna, sehingga otak akan mendapat sinyal untuk mengatur suasana hati, selera makan, tidur dan ingatan. Selain hormon serotonin, mikroflora saluran cerna juga dapat mempengaruhi pengiriman sinyal dari saluran cerna ke otak, sehingga dapat mempengaruhi kondisi mental, emosional dan kognitif.
Untuk menjaga saluran cerna si kecil, walaupun sudah dikasih makanan bergizi, kadang suka dilema dengan si kecil yang suka pilih makanan yang lebih menghindari sayur yang akhirnya kebutuhan serat gak cukup dan BAB jadi suka gak lancar, ia jadi suka murung karena perutnya gak nyaman.


Dan kabar baiknya,  sekarang ada Bebelac Gold dengan Advansfiber yang kaya akan serat pangan, selain itu juga Bebelac Gold mengandung minyak ikan yang menghasilkan omega 3 dan omega 6 yang baik untuk pertumbuhan otak anak, juga dilengkapi dengan 13 vitamin dan 7 mineral.

Kalau si kecil sehat, nyaman, ceria bermain pastinya ibu juga senang melihatnya.

Selasa, 01 Januari 2019

Prosafe : Mendeteksi Anak Down Syndrom Sejak Hamil Di PRODIA

WHO memperkirakan ada 8 juta penderita  Down Syndrom di seluruh dunia. 

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (RisKesDas) tahun 2013, terdapat satu kejadian Down Syndrom dari 700 kelahiran di Indonesia. Dan kejadian ini meningkat prevalensinya dari 0,12% di tahun 2010 menjadi 0,13 % di tahun 2013 pada usia ibu saat melahirkan 24-59 tahun.

Down syndrome merupakan penyakit genetik yang disebabkan oleh kelainan kromosom. Kromosom adalah unit genetik yang terdapat pada setiap inti sel pada makhluk hidup yang disusun oleh DNA dan protein. Pada orang normal terdapat 22 pasang kromosom autosom dan 1 pasang kromosom sex yaitu XX pada wanita dan XY pada pria.
Down syndrome memiliki tiga kromosom 21 sedangkan pada orang normal hanya terdapat dua kromosom 21.

Down syndrome menyebabkan penampilan wajah yang khas, cacat intelektual, keterlambatan perkembangan, dan dapat terkait dengan tiroid atau penyakit jantung. 

Kelainan kromosom seperti Down Syndrome bisa dideteksi sejak masa kehamilan. 

Kini PRODIA menyediakan layanan pemeriksaan bernama Prosafe yaitu mendeteksi kelainan kromosom pada janin seperti Down Syndrome, Patau Syndrome, Edward Syndrome, Klinifelter Syndrome dan Turner Syndrome dengan cara menggunakan sampel darah ibu hamil.


Dalam peluncuran Prosafe yang di adakan di Paradigma Kafe, Cikini. Ibu Indriyanti R.S sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran PRODIA mengatakan bahwa Prosafe telah tersedia dan dapat dilakukan sejak setahun yang lalu. Namun, pengerjaan pemeriksaan dilakukan di luar negeri bekerja sama dengan Illumina. 

Dan sejak tanggal 6 November 2018, Prosafe secara resmi dikerjakan sendiri di Lab PRODIA menggunakan teknologi Next Generation Sequencing (NGS) dari Illumina yang membuat Prosafe memiliki tingkat akurasi 99,99 % .

Mba Trilis Yulianti sebagai Produk Manager Prodia juga menjelaskan kalau Prosafe ini merupakan non invasive prenatal test dengan sensitivitas dan spesifikasi tinggi. Pemeriksaan bisa dilakukan mulai usia kandungan 10 Minggu.

Prosafe mampu menghilangkan penolakan sampel yang tidak perlu, mengurangi kebutuhan pengambilan sampel ulang dan meniadakan kebutuhan akan sampel dari ayah, selain itu Prosafe juga mampu mendeteksi kelainan aneuploidy kromosom yang umum seperti trisomi 21 13 dan 18 pada kehamilan tunggal maupun ganda/multiple.

Dalam acara itu juga hadir dr.Boy Abidin Sp.OG (K) menuturkan " Melihat prevalensi akibat kelainan kromosom yang terjadi di dunia maupun di Indonesia, sangat penting bagi para ibu hamil untuk melakukan skrining untuk memastikan janin tidak berisiko mengalami kelainan kromosom . Mereka yang memiliki riwayat kelainan kromosom dalam keluarga sangat perlu melakukan pemeriksaan ini namun tidak menutup kemungkinan hal itu dapat terjadi karena kelainan kromosom ini tidak bisa diprediksi kejadiannya. Setiap orang memiliki peluang untuk mengalami kelainan kromosom.

Di acara itu juga ada Mba Caca Tengker, adik dari Nagita Slavina yang berbagi pengalaman selama melakukan pemeriksaan kehamilan di PRODIA.

Manfaat Melakukan Pemeriksaan Prosafe Di PRODIA

Harapan setiap orang tua adalah memiliki anak yang sehat dan normal, tumbuh dengan sempurna. Dengan adanya pemeriksaan Prosafe ini bukan untuk menolak kuasa Allah tapi dengan adanya Prosafe ini jika memang terjadi kelainan pada kehamilan yang membahayakan kesehatan janin atau resiko cacat pada janin bisa dideteksi secara dini dan mungkin saja jika bisa ditangani lebih awal akan lebih baik, juga mempersiapkan segala sesuatunya secara lahir dan batin.

Tentang PRODIA

Laboratorium klinik Prodia didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Sejak awal bapak Andi Wijaya beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati . Sebagai pemimpin pasar sejak 2012, Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of American Phatologists (CAP) sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.

Hingga saat ini Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 290 outlet termasuk 141 laboratorium klinik di 33 provinsi dan 121 kota di seluruh Indonesia.
Beberapa di antaranya merupakan Prodia Health Care (PHC) yakni layanan wellness clinic yang berbasis personalized medicine serta specialty clinics yang terdiri dari Prodia Children's Health Centre (PCHC), Prodia Women's Health Centre (PWHC) dan Prodia Senior Health Centre (PSHC).