Langsung ke konten utama

Semakin Produktif Dengan Mata Yang Sehat Melalui Pencahayaan Yang Baik Dari Philips LED Eye Comfort




... Berawal dari mata,
 Indahnya senyuman,
 Mengapa harus resah,
Berawal tatap mata,
hangatnya sapamu,
mengapa jadi gundah.....
🎼🎶🎵🎶🎵🎼🎶🎵

Suka deh kalo denger lagunya Kahitna yang satu ini. Berawal dari mata,dunia jadi indah.

Ngomongin tentang mata, ternyata setiap tanggal 10 Oktober itu diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia, atau biasa disebut World Sight Day.

Lebih dari 80% informasi tubuh didapat dari mata, aktivitas sehari-hari yang kita lakukan sebagian besar di dominasi oleh indra penglihatan. Untuk itu kenapa kita sering banget mendengar istilah kalau Mata adalah jendela dunia. 

Makanya kita tu mesti bersyukur banget deh dikasih mata yang sehat dengan menjaga anugerah yang di berikan Allah ini.
Bagaimana cara menjaga kesehatan mata dengan baik?

Mata Sehat,Mendukung SDM Hebat


Dengan diperingatinya World Sight Day tahun ini yang bertema Vision First, aku senang banget karena Signify sebagai pemimpin dunia dibidang pencahayaan yang peduli akan kesehatan mata konsumen nya, berkomitmen menghadirkan lampu Philips LED yang nyaman di mata.

Berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) untuk mendukung visi pemerintah dalam mengembangkan sumber daya manusia yang lebih kuat dan lebih kompetitif melalui kampanye pentingnya merawat mata salah satunya melalui kegiatan talkshow interaktif bersama para media dan blogger yang dilaksanakan di Fairmont Hotel Jakarta, 31 Oktober 2019 kemarin, dan aku senang banget bisa menjadi bagian dari acara tersebut.

Hadir sebagai pembicara :

💡 Mr.Rami Hajjar,  Country Leader Signify Indonesia
💡Bapak Burhan Noor Sahid, Head of Marketing Signify Indonesia
💡Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes , Ahli Gizi
💡Dr. dr Tri Rahayu, SpM(K), mewakili PERDAMI
💡Mba Lea Indra yang cantik, Head of Integrated Communications Signify Indonesia sebagai Moderator

Dokter Tri Rahayu bilang bahwa banyak orang melakukan pemeriksaan mata ketika mereka mengalami ketidak nyamanan pada penglihatan, padahal masalah ini bisa di cegah jika melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara berkala untuk mengantisipasi penglihatan yang buruk menjadi semakin parah.


Gangguan mata masih menjadi masalah di masyarakat dan untuk menekan angka kebutaan yang besar maka diadakan gerakan Vision 2020 untuk diharapkan tidak ada gangguan mata pada masyarakat.

Jika mata sehat, maka produktivitas akan meningkat. Jika ada seseorang yang mengalami kebutaan, maka yang menjadi tidak produktif bertambah menjadi 2 orang. Satu orang penderita, 1 orang yang merawat, menuntunnya.

Indonesia kaya akan sinar matahari, namun konstruksi bangunan yang tidak mendukung seperti rumah susun, apartemen, gedung kantor membuat cahaya matahari tidak dapat langsung masuk ke dalam bangunan.

Pastinya kita membutuhkan cahaya buatan di dalam ruangan untuk dapat mendukung pekerjaan dan tugas-tugas terkait visual agar mata kita tetap sehat.
Signify melakukan penelitian bahwa 74% masyarakat Indonesia menghabiskan lebih dari 8 jam sehari di area dengan pencahayaan buatan.


Mereka menyetujui bahwa pencahayaan yang baik di rumah dapat meningkatkan produktivitas harian mereka, namun pencahayaan yang buruk dalam ruangan dapat mempengaruhi penglihatan mereka. Setengah  dari konsumen Indonesia mengakui mengalami mata lelah dan hampir setengahnya (45%) mengalami penglihatan kabur atau sakit kepala.

Untuk mendapatkan kenyamanan penglihatan (visual comfort) ada hal yang harus di perhatikan yaitu :

- Iluminasi yang merata
- terang secara optimal
- tidak terdapat glare
- kontras adekuat
- warna-warna terlihat dengan baik
- tidak ada efek stroboscopic atau cahaya yang intermiten

Untuk mendapatkan kenyamanan penglihatan pada pengguna komputer ataupun gadget antara lain yaitu :

- kelainan refraksi perlu dikoreksi dengan power dan model kacamata yang tepat
- Istirahat secara berkala menggunakan metode 2020 yaitu 20 menit menggunakan gadget kemudian 20 menit beristirahat  dari gadget melihat pemandangan jarak jauh sekitar 3 meter
- tempatkan sumber cahaya jauh dari layar komputer
- Berikan tirai pada jendela atau memberikan filter anti silau (anti glare filters) pada layar komputer
- tempatkan tubuh pada posisi ergonomi saat bekerja dengan komputer

Tips menjaga kesehatan mata

- Periksa mata ke dokter minimal 6 bulan sekali untuk anak-anak dan dewasa 2 tahun sekali jika tidak ada penyakit sistemik seperti hipertensi, diabetes dan lain-lain. Jika memiliki penyakit tersebut maka pemeriksaan dilakukan lebih cepat dari itu.

- Konsumsi makanan bergizi
Jika gizi tercukupi maka penurunan fungsi mata tidak terlalu cepat datang.
Konsumsi makanan yang mengandung  vitamin A saja tidak cukup tapi juga diperlukan protein sebagai alat transport dan zinc agar vitamin masuk ke retinol mata, membuat mata tetap sehat.
- Hindari paparan sinar UV-B
- Tidak berlama-lama di depan gadget
- Selalu praktekan metode 20-20-20
- melakukan kegiatan outdoor setiap hari untuk mencegah gangguan penglihatan mata
- Pergunakan penerangan yang cukup atau pencahayaan yang baik seperti Philips LED Eye Comfort.


Philips LED Eye Comfort

Setelah tahun lalu Signify meluncurkan produk terbaru yaitu bohlam Philips MyCare LED dengan teknologi Interlaced Optics, kini Signify juga memiliki rangkaian produk terbaru yaitu Philips LED Eye Comfort  yang memenuhi  8 kriteria Eye Comfort yang ketat meliputi :

1.Tidak berkedip

2. Kurangnya silau

3.Dimmable (kemampuan untuk mengubah terang lampu)

4. Tuneable (kemampuan untuk mengubah temperatur warna)

5.Rendering  warna (kemampuan untuk menampilkan warna yang dihasilkan dibandingkan dengan sumber referensi warna, biasanya di bawah sinar matahari)

6.Efek stroboscopik (kemampuan menghilangkan distorsi dalam persepsi gerak)

7.Keamanan foto biologis (keamanan cahaya biru)

8.Tidak ada suara yang dapat didengar (tidak ada suara dari lampu yang dapat direkam atau diukur pada jarak 1 meter di ruangan yang sunyi)



Lampu Philips LED EyeComfort dirancang untuk menghasilkan pencahayaan yang berkualitas tinggi sekaligus nyaman.


Philips LED Eye Comfort tersedia dalam berbagai pilihan jenis, suhu warna,kap dan lain sebagainya sesuai kebutuhan dan kenyamanan pencahayaan.

Kini sudah waktunya berterimakasih kepada mata kita yang sudah memberikan momen berharga





Komentar

  1. Iya sih banyak yang nggak aware masalah mata ini. Artikel ini bisa banget bangun awarness orang buat kesehatan matanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, apalagi sekarang sehari2 kita dll berhadapan sama gadget dan suka lupaa waktu kadang :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Tes Alergi Susu Sapi Di Rumah

Memiliki anak adalah anugerah yang terindah yang dimiliki setiap orangtua. Sebagai orangtua pastinya ingin selalu melihat tumbuh kembangnya setiap saat, melihat anak tumbuh sehat dan berkembang sesuai usianya adalah dambaan para orangtua termasuk aku, hanya satu hal yang membuat orangtua sedih itu kalau tiba tiba si kecil punya masalah kesehatan seperti demam,flu, masalah pencernaan seperti diare, masalah BAB dsb.

Dalam kesempatan kali ini aku mau kasih info tentang masalah pencernaan dan alergi anak karena beberapa minggu yang lalu tepatnya tanggal 19 Juni 2017 aku dapat pengetahuan baru yang membahas tentang hal tersebut dalam sebuah talkshow ringan bertema

Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi "

Bertempat di Tanamera Cuisine Kebayoran Baru Jakarta Selatan hadir DR. Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) Bapak M.Nuh Nasution dan Pak Parjono sebagai Pembicara.

Kenali Permasalahan Perncernaan Si Kecil

Ternyata pada sebagian bayi mengalami masalah pencernaan di usia…

Menabung Mulai 100 Ribu Untuk Merencanakan Haji? Bisa Dong!

Assalamualaikum, bagaimana kabar teman teman? semoga sehat selalu ya.


Rukun Islam Ada 5 Perkara :
Membaca 2 kalimat Syahadat  Mendirikan Sholat  Melaksanakan Puasa Membayar zakat Naik Haji bila mampu

Melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu dari 5 rukun Islam yang wajib dilakukan oleh kaum muslim bagi yang mampu. Kata 'mampu' yang dimaksud adalah memiliki fisik yang sehat serta memiliki biaya hingga mengantarkan ke Baitullah.


Dalam acara talk show #DreamDay2018 bersama Maybank hari Jumat 16 November 2018 kemarin, memberikan pengetahuan baru untuk saya seputar umroh dan berhaji, terutama dalam hal finansial. Mba Susan Emir bercerita tentang passionnya yang suka menata ruangan hingga menjadi cantik hingga akhirnya memiliki usaha di bidang dekorasi ruangan hingga memiliki beberapa usaha lainnya dan dari hasil usahanya itu bisa melaksanakan ibadah Umroh dan Haji.


Haji Untuk bisa daftar haji kita harus memiliki tabungan minimal 25 juta Rupiah.

Bagi yang punya penghasilan pas pasan atau pu…

Sensasi Pedas SO GOOD Spicy Chicken Strip Bikin Ketagihan

Hai teman- teman semua,

Kalau kemarin aku ngomongin tentang masakan Jepang, nah sekarang aku mau bahas tentang makanan pedas nih.
Siapa sih yang gak suka makanan pedas?? Sepertinya kebanyakan orang suka deh sama makanan pedas termasuk keluarga ku. Sehari gak ketemu makanan pedas rasanya seperti kurang lengkap. Makan pedas semacam ada rasa sensasi tersendiri, berkeringat dan bisa juga menghilangkan stres. Buktinya kalau lagi ada di tengah kemacetan, atau bahkan sedang suntuk dan bosan yang di cari pasti makanan pedas.


Ternyata makan makanan pedas juga ada manfaatnya lho diantaranya:
1. Menurunkan berat badan

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.
2. Menyehatkan jantung

Cabai menyeha…