Jaga Nasi Sehat Dengan Rice Cooker Cosmos Harmond

Hallo famz, gimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat ya. Makan apa hari ini??



Kalo  denger makan apalagi makanan utama pasti gak jauh jauh dari nasi ya, walaupun sekarang sudah banyak pilihan untuk makanan pokok sebagai sumber karbohidrat seperti kentang, jagung, singkong dan umbi-umbian lainnya. Tapi pasti balik laginya ke nasi sampai sampai ada istilah bilang "belum makan, kalau belum makan nasi"

Namun begitu, harus tetap di seimbangkan dengan makanan yang lainnya ya seperti lauk pauk sayur dan buah sesuai seperti pada Piramida makanan gizi seimbang. Jangan sampai kita terkena obesitas karena porsi nasi yang terlalu banyak agar metabolisme tubuh tetap sehat.



Ngomongin kesehatan, gak cuma porsi nasi aja yang harus di jaga agar tetap sehat dan nutrisi seimbang tapi alat masaknya juga harus mendukung dong agar menjaga nasi tetap sehat.

Biasanya kita memasak nasi menggunakan rice cooker karena lebih mudah praktis dan hemat waktu, nasi dapat bertahan lama dan juga bisa membuat aneka resep masakan.

Pada umumnya rice cooker yang di gunakan dengan panci berbahan dasar teflon yang anti lengket atau non stick. Ternyata hal ini bisa berbahaya apabila lapisan anti lengket ini mengelupas dan tercampur dengan nasi. Maka akan memicu penyakit serius salah satunya adalah penyakit kanker
 BAHAYA!! Lapisan teflon yang mengelupas

Seperti yang aku baca di Haibunda.com bahwa dalam proses pelapisan wajan, bahan kimia yang sering digunakan bernama asam perfluoroalkyl (perfluoroalkyl acid atau PFAA). Dengan jenis yang paling umumnya adalah perfluorooctanoate (PFOA) dan perfluorooctane sulfonate (PFOS).

Paparan PFOA dan PFOS pada makanan dapat meningkatkan trigliserida dalam tubuh yang pada akhirnya membuat seseorang berisiko terkena penyakit tiroid, hati, ginjal, hingga jantung.

Hal ini berakibat buruk juga untuk fungsi kognitif seseorang, terutama anak dan bayi dalam kandungan. Duh ngeri banget ya.

Waktunya Beralih Ke Rice Cooker Sehat, Rice Cooker HARMOND


Nah untungnya sekarang aku udah gak pakai rice cooker panci teflon lagi karena sekarang aku di rumah pakai Rice Cooker Sehat. Rice cooker sehat aku adalah Cosmos Harmond

Cosmos harmond merupakan pelopor rice cooker anti gores pertama di Indonesia

ANTI GORES : bisa dibuktikan menggunakan sikat besi


Harmond adalah teknologi anti gores pada panci rice cooker.
Panci diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan mendekati temperatur 0°C sehingga panci menjadi anti gores tidak mengelupas lebih sehat dan tahan lama.

Ini dia keunggulan Rice Cooker Harmond untuk jaga nasi sehat kita.

✓ Yang pasti udah foodgrade ya
✓  Anti gores bebas lapisan berbahaya, bisa dibuktikan dengan sikat besi
✓ Multifungsi : bisa untuk memasak menghangatkan, mengukus, dan menggoreng
✓Anti karat
✓ Awet
✓ PFOA free

Cosmos Harmond yang aku pakai  adalah Cosmos Harmond tipe CRJ-6288 dengan fitur sebagai berikut :


🍚 Teknologi HARMOND : Anti gores, tidak mengelupas, lebih sehat
🍚 Inner Pan Handle : Terdapat pegangan panci, jadi tidak panas dan gak perlu pakai kain serbet kalau mau di pindahkan atau ketika di pegang
🍚 Dew Collector : Menjaga rice cooker tetap bersih
🍚 Tongolan : Pengatur sirkulasi panas untuk nasi yang lebih pulen

Comfortable Handle

🍚 Comfortable Handle : pegangan yang nyaman  
🍚 Kapasitas 2 liter
🍚 Daya masukan 400 watt
🍚 Terdiri dari 3 warna selain warna hijau seperti yang aku punya, ada juga warna Biru dan merah yang cantik dan elegan bangett πŸ’™♥️♥️πŸ’™

Tips penting memasak nasi dengan rice cooker

🍚 Aduklah nasi 5 menit setelah matang agar nasi tidak cepat basi, tidak kering dan tahan lama. Nasi yang diaduk setelah matang akan mempermudah proses penguapan air dan dapat mengeluarkan air yang terperangkap di antara butiran nasi.

🍚 Hangatkan nasi selama 30 menit sebelum makan.
Jangan mencolok rice cooker sepanjang hari karena akan me membuat nasi cepat basi cepat kering dan nutrisi nasi pun jadi hilang.

Satu lagi nih yang penting untuk di perhatikan, karena kita gak beli beras setiap hari ( pasti repot ya) tentunya harus ada wadah penyimpanan yang baik juga biar beras terhindar dari kutu dan gak bau apek. Menyimpan beras di wadah seperti ember atau kontainer menyebabkan sirkulasi beras menjadi tidak sehat, karena beras yang berada di tumpukan paling bawah akan sulit diambil sehingga semakin lama tertumpuk dan akan muncul kutu beras, serangga, beras jadi apek dan tidak higienis.

www.cosmos.id


Untuk menghindari itu semua aku pakai tempat penyimpanan beras dari Cosmos.
Dan yang aku pakai adalah Cosmos 007-Pundi.


Sistem FIFO (First In First Out)

Jadi Cosmos pundi ini memiliki keunggulan yaitu :

🍚FIFO teknologi (first in first out) : beras yang masuk pertama akan keluar dahulu

🍚Memiliki desain dengan ukuran yang Compact atau praktis sehingga tidak memakan tempat.

🍚Anti slip: lekat dan tidak bergeser.

🍚Anti karat, anti kutu sehingga kualitas beras tetap terjaga

🍚 Memiliki kapasitas maksimal 7 kg

Alhamdulillah untuk kesehatan yang kita miliki dan harus selalu kita jaga rezeki sehat ini.
Famz yang ingin jaga nasi sehat seperti keluarga aku, waktunya Beralih ke Cosmos Harmond ya.

Produk ini bisa didapat di toko elektronik terdekat atau bisa juga di online shop seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan Blibli di toko resmi (Cosmos Official Store)

Untuk info lebih lengkap dan aneka resep lainnya  juga tips bermanfaat kunjungi www.cosmos.id


Salam Sehat!

Widia Purnawita

3 komentar:

  1. Rice cooker ku gitu keadaannya Mbak, pertanda harus ganti. Harmond apa versi ciliknya juga gak ya, yang pas buat masak nasi dimakan seorang diriii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaaa ukuran 0,8 liter. Modelnya lucu mirip angry bird

      Hapus
  2. Nasi sehat karena ricecookernya bagus

    BalasHapus