Rabu, 06 Desember 2017

Memilih Susu Dengan Kandungan Nutrisi Alami


Masa 1000 hari pertama kehidupan adalah masa yang tak tergantikan, banyak kenangan tumbuh kembang si kecil mulai dari momen hamil,melahirkan, menyusui, belajar MPASI. Si kecil cepat tumbuh dan rasanya ingin dia selalu menjadi bayi yang menggemaskan sepanjang masa, kalo mums zaman now sih suka bilang 
"baby please don't grow up so fast".


Alhamdulillah bulan ini dede Adib masuk usia 2 tahun 1 bulan, sudah melewati fase 1000 HPK dan sekarang sedang menikmati masa kanak kanaknya. Dan di masa kanak kanak ini dede Adib nggak kalah menggemaskan lho. Dia  selalu penasaran sama semua yang ada di sekitarnya, lagi senang bersenandung, belajar menyusun kalimat, bergerak aktif, dan lagi senang sosialisasi sama teman teman kakaknya :) . dede Adib full menyusui selama 6 bulan dan melanjutkan ASI bersama makanan pendampingnya, bersyukur banget dede Adib jadi  jarang sakit, pernah sih sakit dan yang paling sedih itu waktu perutnya kembung dan mencret. Mungkin saat itu dia lagi asyiknya belajar makan sendiri dan suka masukin tangan ke mulut.

Karena dede Adib sekarang udah mulai berhenti menyusui dan lagi pula volume dan kandungan nutrisi ASI sudah hampir tidak ada, untuk itu dede Adib butuh banget nutrisi dalam keadaan alami sealami ASIku saat ituu biar dia tetap tumbuh secara optimal dan menjadi anak yang kuat dari dalam.

Dan suatu kesempatan yang baik aku menghadiri acara mums blogger gathering yang membahas tentang gizi dalam keadaan alami untuk anak kuat dari dalam. Dalam acara yang berlokasi di Rumah Kembang Kencur, Pejaten 2 Desember 2017 kemarin menghadirkan narasumber antara lain :
                

- dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK
 (Dokter spesialis gizi ) , 
- dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes (Dokter spesialis anak) serta 
- dr. Rulli P. A Situmorang 
(Medical Marketing Friso )

Dalam sharing session ini dr. Diana bilang bahwa di masa tumbuh kembang, anak anak butuh beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien. 

Apakah zat makronutrien dan mikronutrien itu?




- Makronutrien => Zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar seperti Karbohidrat,protein,lemak,   air.
- Mikronutrien => Zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah kecil seperti Vitamin dan mineral

Nutrisi makronutrien dan mikronutrien perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran  pencernaan anak agar berbagai manfaatnya dapat dirasakan oleh organ-organ tubuh yang membutuhkan. Nutrisi dalam keadaan alami juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil karena terserap dengan sempurna.


Contoh kandungan gizi dalam makanan


Wah jadi tugas kita sebagai orangtua nih untuk mencermati makanan dan minuman untuk si kecil harus memilih nutrisi dalam keadaan alami ya. dr. Diana pun menambahkan jika status nutrisi anak baik maka hal ini pun akan berpengaruh kepada mental dan spiritual yang akan terbangun dengan baik.


Memilih Makanan dan Minuman Yang Mengandung Nutrisi Dalam Keadaan Alami

Beberapa contoh dilihat dari cara pengolahannya seperti :


Foto by Google

- Saat memasak sayur jangan sampai terlalu lama dan overcooked karena nanti kandungan nutrisinya akan hilang
- Berbeda dengan mengolah daging, memasaknya harus sampai matang karena bakteri sangat cepat berkembang biak didalam daging,pastikan benar benar matang agar bakteri mati dan tidak ada.
- Untuk pemilihan susu carilah susu yang kandungan proteinnya utuh dan tidak rusak
- Sebelum membeli makanan  dan minuman kemasan/ siap saji bacalah informasi nilai gizi yang terkandung didalamnya apakah nutrisinya dibutuhkan anak atau tidak.

dr. Aulia pun menambahkan bahwa sistem pencernaan adalah penghubung antara tubuh dan dunia luar karena sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja. Bila kita  mengasup  makanan dan minuman dengan nutrisi dalam keadaan alami, sistem pencernaan bisa menyerap lebih mudah dan resiko terjadinya masalah pencernaan jadi lebih kecil.


Foto by Google

Data dari IDAI menunjukkan 3 dari 10 anak mengalami masalah pencernaan, sebanyak 12% mengalami sembelit dan 5,2% mengalami diare. Dan ternyata jika masalah pencernaan tidak segera diatasi, ini akan menganggu tumbuh kembang dan menghambat anak mencapai kemampuan optimal. Yang tadinya bisa bermain,berlari larian,belajar banyak hal jadi diam saja karena masalah pencernaan. Kan jadi sedih ya.


Memilih Susu Dengan Kandungan Nutrisi Yang Tetap Terjaga

Untuk membantu anak-anak menjadi kuat dari dalam di masa tumbuh kembangnya, Friesland Campina sebagai perusahaan penghasil susu terbesar di dunia menghadirkan Produk susu premium Friso yang memiliki beragam keunggulan.
Dokter Rully sebagai Medical Marketing menjelaskan keunggulan dari susu premium Friso antara lain:


 - Nature science 
Friso diolah dengan menerapkan konsep Nature science yang artinya seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk dilakukan sendiri oleh Friesland Campina.
 - Single Process
Metode ini mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemanasan saja. Perlu digarisbawahi bahwa metode ini digunakan untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan berlebih sehingga nutrisi alami yang terkandung dalam susu tetap terjaga.
- Teknologi Locknutri
Menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak mengingat protein adalah zat gizi penting yang mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan.
- Fortifikasi Vitamin dan Mineral 
Dengan penambahan vitamin dan mineral menjadikan susu pertumbuhan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Dokter Rully mengatakan Dengan keistimewaan teknologi dan proses produksi kami ini,maka Friso dapat 
membantu anak-anak tumbuh kuat dari dalam 
sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan melakukan berbagai aktivitas seru yang menambah pengalaman mereka.



Senangnya bisa dapat ilmu seputar gizi,tumbuh & kembang anak. Ternyata Adib suka lho sama susu Friso ini, pas aku cobain sih manisnya pas gak terlalu manis ga terlalu hambar dan susu Friso ini hanya ada satu jenis rasa.
Sebenernya sih belum puas nih mau konsultasi lagi, dan ternyata bisa bertanya lebih jauh seputar gizi anak di Messenger Friso lho, tinggal scan barcode kartu nama dibawah ini saja.


Kita langsung bisa berkonsultasi dengan ahlinya .



Blogger Perempuan Network


Terima kasih untuk Blogger Perempuan dan Friso yang sudah mengundang saya dan si kecil bersama BPers lainnya 😄 .


Senin, 04 Desember 2017

Diabetes Bisa Dicegah Dan Di Kendalikan Dengan Gaya Hidup Sehat



Memperingati hari diabetes sedunia Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan Novo Nordisk mengadakan acara Simposium Hari Diabetes Sedunia yang diselenggarakan di Ritz-Carlton Kuningan Jakarta 29 November 2017 kemarin. Tahun ini mengambil tema                   "Wanita Dan Diabetes".



Dalam acara itu Menteri Kesehatan Republik Indonesia sekaligus meresmikan peluncuran program "Indonesia Mampu Cegah Resiko Tinggi Diabetes Dan Hipertensi" dengan tujuan agar masyarakat Indonesia lebih waspada terhadap penyakit diabetes dan hipertensi.

Mengenal Penyakit Diabetes 

Diabetes adalah suatu kondisi dimana kadar gula (glukosa) dalam darah tinggi tubuh memproduksi insulin, yaitu suatu hormon yang dikeluarkan oleh pankreas untuk memecah gula yang dikonsumsi dalam makanan. 


Penurunan produksi dan atau pemanfaatan insulin menyebabkan diabetes. Jika tidak diobati atau tidak terkontrol Diabetes dapat menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung stroke kebutaan gagal ginjal,beberapa diantaranya mungkin mengancam nyawa.

Diabetes Tipe 1
Pada diabetes Tipe 1 ini tubuh benar-benar berhenti memproduksi insulin karena kerusakan sel pankreas yang memproduksi insulin oleh sistem kekebalan tubuh.


Hal ini sebelumnya disebut diabetes juvenil karena biasanya di diagnosis pada orang dewasa muda atau anak-anak atau diabetes insulin dependent, karena terapi insulin sangat penting untuk kelangsungan hidup pemeliharaan kesehatan yang baik.

Diabetes Tipe 2 ini adalah bentuk yang lebih umum dari diabetes terhitung sekitar 90% dari kasus pada diabetes tipe 2, pankreas menghasilkan jumlah yang tidak memadai insulin atau tubuh tidak mampu menggunakan insulin yang tersedia dengan benar. Diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang dewasa dan lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. 

Diabetes tipe 2 sebelumnya dikenal dengan diabetes onset dewasa atau diabetes tidak tergantung insulin. Di tatalaksana sebagian besar dengan diet olahraga dan obat oral insulin diberikan hanya jika kadar gula darah tidak dapat dikontrol oleh obat oral lebih dari 80% dari diabetes tipe 2 dapat dicegah atau ditunda dengan mengurangi faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya diabetes dan mengadopsi gaya hidup sehat.

Wanita Dan Diabetes

Angka kejadian diabetes terus meningkat di seluruh dunia. Menurut data International diabetes Federation hingga saat ini sebanyak 199 juta wanita di dunia menderita diabetes.


Angka ini diproyeksikan akan meningkat hingga 313 juta wanita di tahun 2040. Diabetes menjadi penyebab kematian no 9 pada wanita di seluruh dunia. Adapun jumlah kematian wanita akibat diabetes sebesar 2,1 juta jiwa setiap tahunnya.
Tren diabetes tidak hanya diderita oleh kelompok usia tua, namun sudah bergeser ke kelompok usia muda dan produktif. Akibat pergeseran ini semakin banyak wanita usia reproduktif menderita diabetes. Hingga saat ini 2 dari wanita usia reproduktif penderita diabetes jumlah ini mencapai 60 juta wanita di seluruh dunia.

Faktor Resiko Diabetes Tipe 2

- Riwayat keluarga
- Usia
- Ras
- Kegemukan
- Kurangnya aktivitas fisik
- Diet yang tidak sehat
- Memiliki tekanan darah tinggi 
- Diabetes gestasional

Tanda-tanda umum diabetes


- pandangan menjadi kabur
- sering buang air kecil dari sebelumnya
- mudah lapar dan makan lebih banyak dari biasanya 
- ada penurunan berat badan meskipun nafsu makan baik
- lebih cepat haus
- luka yang tak kunjung sembuh 
- mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki

 Cara Memeriksa Diabetes 


1. GDS (Gula Darah Sewaktu)
tes darah ini dapat dilakukan setiap saat sepanjang hari untuk memeriksa tingkat gula darah pada titik waktu saat itu.
Nilai GDS >200 mg/dL (11,1mmol/L) darah, ini mengindikasikan bahwa orang tersebut memiliki diabetes. Pemeriksaan lebih lanjut mungkin diperlukan untuk konfirmasi.

2. GDP (Gula Darah Puasa)
Tes ini menguji jumlah gula dalam aliran darah setelah seseorang tidak makan selama 8-10 jam (semalam puasa).  Hal ini biasanya dilakukan pertama kali di pagi hari sebelum sarapan. 
Nilai GDP >126 mg/dL (>7.0 mmol/L) mengindikasikan bahwa orang tersebut memiliki diabetes

3. Hemoglobin glikat (HbA1C)
 Tes ini mengukur seberapa baik gula darah telah dikontrol selama 3 bulan terakhir. Jika HbA1C adalah >6,5% (47,0mmol/mol) itu menunjukkan adanya diabetes.

4. TTG (Tes Toleransi Glukosa Oral)
Ini adalah jenis lain dari tes untuk diabetes tingkat gula darah diperiksa pada saat puasa dan kemudian 2 jam setelah minum sejumlah glukosa ini menunjukkan Bagaimana tubuh memproses glukosa. Jika nilai 2 jam >200 mg/dL (11,1 mmol/L) itu mengindikasikan adanya diabetes.

Mencegah dan mengendalikan Diabetes




- Kendalikan Berat Badan Sehat
- Aktifitas fisik setidaknya 30 menit dari biasa
- Makan makanan sehat buah dan sayur
- Kurangi asupan gula, garam ,dan lemak jenuh
- Hindari penggunaan tembakau dan bahaya alkohol
- Tes glukosa darah secara teratur
Tes glukosa juga dapat dilakukan secara gratis di Posbindu terdekat.

Diabetes














Sumber foto : Dirjen P2PTM KeMenKesRI