Rabu, 06 Desember 2017

Memilih Susu Dengan Kandungan Nutrisi Alami


Masa 1000 hari pertama kehidupan adalah masa yang tak tergantikan, banyak kenangan tumbuh kembang si kecil mulai dari momen hamil,melahirkan, menyusui, belajar MPASI. Si kecil cepat tumbuh dan rasanya ingin dia selalu menjadi bayi yang menggemaskan sepanjang masa, kalo mums zaman now sih suka bilang 
"baby please don't grow up so fast".


Alhamdulillah bulan ini dede Adib masuk usia 2 tahun 1 bulan, sudah melewati fase 1000 HPK dan sekarang sedang menikmati masa kanak kanaknya. Dan di masa kanak kanak ini dede Adib nggak kalah menggemaskan lho. Dia  selalu penasaran sama semua yang ada di sekitarnya, lagi senang bersenandung, belajar menyusun kalimat, bergerak aktif, dan lagi senang sosialisasi sama teman teman kakaknya :) . dede Adib full menyusui selama 6 bulan dan melanjutkan ASI bersama makanan pendampingnya, bersyukur banget dede Adib jadi  jarang sakit, pernah sih sakit dan yang paling sedih itu waktu perutnya kembung dan mencret. Mungkin saat itu dia lagi asyiknya belajar makan sendiri dan suka masukin tangan ke mulut.

Karena dede Adib sekarang udah mulai berhenti menyusui dan lagi pula volume dan kandungan nutrisi ASI sudah hampir tidak ada, untuk itu dede Adib butuh banget nutrisi dalam keadaan alami sealami ASIku saat ituu biar dia tetap tumbuh secara optimal dan menjadi anak yang kuat dari dalam.

Dan suatu kesempatan yang baik aku menghadiri acara mums blogger gathering yang membahas tentang gizi dalam keadaan alami untuk anak kuat dari dalam. Dalam acara yang berlokasi di Rumah Kembang Kencur, Pejaten 2 Desember 2017 kemarin menghadirkan narasumber antara lain :
                

- dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK
 (Dokter spesialis gizi ) , 
- dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes (Dokter spesialis anak) serta 
- dr. Rulli P. A Situmorang 
(Medical Marketing Friso )

Dalam sharing session ini dr. Diana bilang bahwa di masa tumbuh kembang, anak anak butuh beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien. 

Apakah zat makronutrien dan mikronutrien itu?




- Makronutrien => Zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar seperti Karbohidrat,protein,lemak,   air.
- Mikronutrien => Zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah kecil seperti Vitamin dan mineral

Nutrisi makronutrien dan mikronutrien perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran  pencernaan anak agar berbagai manfaatnya dapat dirasakan oleh organ-organ tubuh yang membutuhkan. Nutrisi dalam keadaan alami juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil karena terserap dengan sempurna.


Contoh kandungan gizi dalam makanan


Wah jadi tugas kita sebagai orangtua nih untuk mencermati makanan dan minuman untuk si kecil harus memilih nutrisi dalam keadaan alami ya. dr. Diana pun menambahkan jika status nutrisi anak baik maka hal ini pun akan berpengaruh kepada mental dan spiritual yang akan terbangun dengan baik.


Memilih Makanan dan Minuman Yang Mengandung Nutrisi Dalam Keadaan Alami

Beberapa contoh dilihat dari cara pengolahannya seperti :


Foto by Google

- Saat memasak sayur jangan sampai terlalu lama dan overcooked karena nanti kandungan nutrisinya akan hilang
- Berbeda dengan mengolah daging, memasaknya harus sampai matang karena bakteri sangat cepat berkembang biak didalam daging,pastikan benar benar matang agar bakteri mati dan tidak ada.
- Untuk pemilihan susu carilah susu yang kandungan proteinnya utuh dan tidak rusak
- Sebelum membeli makanan  dan minuman kemasan/ siap saji bacalah informasi nilai gizi yang terkandung didalamnya apakah nutrisinya dibutuhkan anak atau tidak.

dr. Aulia pun menambahkan bahwa sistem pencernaan adalah penghubung antara tubuh dan dunia luar karena sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja. Bila kita  mengasup  makanan dan minuman dengan nutrisi dalam keadaan alami, sistem pencernaan bisa menyerap lebih mudah dan resiko terjadinya masalah pencernaan jadi lebih kecil.


Foto by Google

Data dari IDAI menunjukkan 3 dari 10 anak mengalami masalah pencernaan, sebanyak 12% mengalami sembelit dan 5,2% mengalami diare. Dan ternyata jika masalah pencernaan tidak segera diatasi, ini akan menganggu tumbuh kembang dan menghambat anak mencapai kemampuan optimal. Yang tadinya bisa bermain,berlari larian,belajar banyak hal jadi diam saja karena masalah pencernaan. Kan jadi sedih ya.


Memilih Susu Dengan Kandungan Nutrisi Yang Tetap Terjaga

Untuk membantu anak-anak menjadi kuat dari dalam di masa tumbuh kembangnya, Friesland Campina sebagai perusahaan penghasil susu terbesar di dunia menghadirkan Produk susu premium Friso yang memiliki beragam keunggulan.
Dokter Rully sebagai Medical Marketing menjelaskan keunggulan dari susu premium Friso antara lain:


 - Nature science 
Friso diolah dengan menerapkan konsep Nature science yang artinya seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk dilakukan sendiri oleh Friesland Campina.
 - Single Process
Metode ini mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemanasan saja. Perlu digarisbawahi bahwa metode ini digunakan untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan berlebih sehingga nutrisi alami yang terkandung dalam susu tetap terjaga.
- Teknologi Locknutri
Menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak mengingat protein adalah zat gizi penting yang mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan.
- Fortifikasi Vitamin dan Mineral 
Dengan penambahan vitamin dan mineral menjadikan susu pertumbuhan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Dokter Rully mengatakan Dengan keistimewaan teknologi dan proses produksi kami ini,maka Friso dapat 
membantu anak-anak tumbuh kuat dari dalam 
sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan melakukan berbagai aktivitas seru yang menambah pengalaman mereka.



Senangnya bisa dapat ilmu seputar gizi,tumbuh & kembang anak. Ternyata Adib suka lho sama susu Friso ini, pas aku cobain sih manisnya pas gak terlalu manis ga terlalu hambar dan susu Friso ini hanya ada satu jenis rasa.
Sebenernya sih belum puas nih mau konsultasi lagi, dan ternyata bisa bertanya lebih jauh seputar gizi anak di Messenger Friso lho, tinggal scan barcode kartu nama dibawah ini saja.


Kita langsung bisa berkonsultasi dengan ahlinya .



Blogger Perempuan Network


Terima kasih untuk Blogger Perempuan dan Friso yang sudah mengundang saya dan si kecil bersama BPers lainnya 😄 .


41 komentar:

  1. Punya anak sehat memang harapan semua ibu ya mba. Kalau gizi tercukupi anak akan tumbuh optimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buk,apalagi diwaktu sekarang yg sedang masuk tahap tumbuh dan berkembang karena pengaruhnya jangka panjang 😄

      Hapus
  2. Senang ya jika anak-anak sehat danbkuat dari dalam. Friso enak rasanya pasti anak-anak suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dede adib Suka banget bunda,padahal sebelumnya kalo di kasih susu dirumah nggak mau

      Hapus
  3. Baru tau mak adib,untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal juga harus dudukung sistem pencernaan yang sehat ya, makasih informasinya mak

    BalasHapus
  4. Baru tau mak adib,untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal juga harus dudukung sistem pencernaan yang sehat ya, makasih informasinya mak

    BalasHapus
  5. Pencernaan sehat memang kunci kesehatan, Friso berusaha menghadurkan produk susu tumbuh kembang yg alami supaya mudah diserap ya mbk

    BalasHapus
  6. keren ya.. anak2 bisa diajak turut serta

    BalasHapus
  7. Duuuuhhh itu yang minum susu enak bener...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain Susu lain sebelumnya dirumah gak mau bun,ini cobain Friso doyan dia :)

      Hapus
  8. Friso ya , bisa nggak buat batita alergi? Kalau masak sayur nggak lembek, anak2 nggak mau makan, gimana dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh bun dengan tingkat kematangan yg pas jangan sampai overcooked,lodoh 😄.
      Anak bunda alergi apa? Kalo alergi protein sapi mungkin bisa di konsul dulu ke dokter atau ke expert di messenger Frisonya 😃

      Hapus
  9. Abid sudah besarrr.. sehat terus nak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tante Dewi,Amiin semoga kita selalu diberi kesehatan ya :)

      Hapus
  10. Wah, asik abid udah besar dan bisa di ajak keluar sama mama. Kenalan sama anak blogger lainnya. Siapa dulu dong mama nya?

    BalasHapus
  11. Lalaa, pinjem dong bandonyaa buat adek bayiii :*

    Btw, smoga anak2 kita selalu sehat ya mbaa

    BalasHapus
  12. Setuju. Pada Masa tumbang anak, Kita wajib perhatikan nutrisibya termasuk dalam pemilihan susu.

    BalasHapus
  13. Kompak banget sih kalian. Sehat-sehat yaa Kak Lala dan Adib.

    BalasHapus
  14. waahh harus lebih aware dengan asupan alula nih.. ternyata asupan yg masuk ngaruh banget ke pertumbuhannya.. tfs mba :)

    BalasHapus
  15. Mesti lebih hati-hati dan lebih higienis ya bunda, terutama dalam pemberian asupan makanan dan minuman bagi anak, biar ga diare.

    BalasHapus
  16. Sayang, aku baru tau Friso sekarang. Dulu anakku konstipasi.

    BalasHapus
  17. Frisoo enak inii. Manisnya pas!

    BalasHapus
  18. kunci kesehatan tubuh itu ternyata pencernaan yg sehat ya mba.. klo pencernaan ngga ada masalah, insyaAllah anak2 hepi terus ya..

    BalasHapus
  19. Cantik dan sehaaat anaknya mba.. anak2 klo pupnya nggak lancar, aku selalu ikut ketar ketir

    BalasHapus
  20. Lala tinggi ya sekarang ....
    Sehat sehat yaaa Purnawita's family

    BalasHapus
  21. Minum susu bernutrisi ya mba, anak2 jadinya sehat dan nggak gampang sakit. yeeeay

    BalasHapus