Semangat Kurangi Sampah Plastik Di Kampung Berseri ASTRA Sunter Jaya RW. 05




Melihat anak anak tumbuh semakin besar jadi inget umur yang semakin hari semakin bertambah tua. Alhamdulillah terima kasih kepada Tuhan semesta alam yang telah memberikan kami kehidupan.

Dari yang mikir umur sendiri jadi mikir juga tentang bumi yang usia nya semakin tua. Bumi yang harus selalu di jaga untuk keberlangsungan hidup kita. 

Kehidupan bumi tak lepas dari peran hutan yang dapat mengendalikan suhu bumi.

Mengambil informasi dari Semarang Kota, penyebaran hutan yang ada di seluruh bumi tentu bukan tanpa alasan. Keberadaan hutan ternyata membawa dampak yang positif baik bagi manusia atau pun lingkungan dan makhluk hidup lainnya. Fungsi utama dari hutan yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman lebat ialah untuk menyerap karbon dioksida yang ditimbulkan oleh manusia, kendaraan bermotor, limbah pabrik maupun sumber-sumber lainnya. 

Dan inilah manfaat hutan untuk alam semesta. 

Berperan Sebagai Paru-Paru Dunia

Pinterest

Hutan merupakan wilayah yang luas dan ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan sehingga memiliki daya serap karbon dioksida yang tinggi. Hutan sendiri juga merupakan pemasok oksigen paling besar di permukaan bumi. Tentunya oksigen yang dihasilkan oleh hutan akan sangat bermanfaat bagi manusia dan hewan untuk bernafas. Tidak heran kalau hutan mendapat julukan sebagai paru-paru dunia.

Menjaga dan Mempertahankan Kesuburan Tanah

Fungsi dari hutan bukan hanya untuk memasok oksigen, akan tetapi seluruh tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya juga turut berperan dalam menyuburkan tanah. Lewat daun-daun yang berguguran kemudian membusuk dan terurai di atas permukaan, hutan sudah menunjukkan eksistensinya dalam menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah. Jika tanah subur, maka kita dapat mengolahnya menjadi lahan penanaman pohon kembali.

Sebagai Sarana Tempat Tinggal Makhluk Hidup

Jutaan manusia dan hewan terdeteksi memilih hunian di dalam hutan. Maka dari itu, apabila hutan rusak atau pun hilang, maka otomatis manusia dan hewan pun kehilangan rumahnya. Hutan sebagai sarana tempat tinggal makhluk hidup merupakan salah satu fungsi yang terus dijaga kelestariannya.

Menjadi Sumber Keanekaragaman Hayati

Berbagai macam tumbuhan dan tanaman yang berkembang biak di hutan menjadi sumber keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi manusia. Entah dimanfaatkan sebagai sumber makanan atau sumber obat-obatan, tumbuhan pada hutan harus terus dilestarikan agar tidak punah hingga masa yang akan datang.

Mencegah Terjadinya Bencana Alam

Ketika hutan kita gundul, maka tidak ada akar yang menahan air dalam tanah. Akibatnya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir bisa saja sewaktu-waktu terjadi. Untuk menghindarinya, kita harus selalu melakukan reboisasi atau penanaman kembali agar hutan tetap lebat dan subur serta tidak menimbulkan dampak buruk bagi manusia atau pun lingkungan sekitar.

Tapi Bagaimana Dengan Kehidupan Di Kota Yang Jauh Dari Hutan Bahkan Tinggal Di Kawasan Padat Penduduk? 

Bersyukur banget di wilayah daerah rumah ku di Jakarta Utara ada Kampung Berseri ASTRA yang lokasi tepatnya ada di Sunter Jaya RW.05 dimana para warga nya sangat bertanggung jawab terhadap sampah yang mereka produksi setiap harinya.

Ada kegiatan apa saja di KBA Sunter Jaya RW. 05? 
Pada umumnya kegiatan warga Sunter Jaya RW. 05 sama seperti warga lainya seperti kegiatan gotong royong bersih bersih, posyandu, jumantik dan lainnya.



Tetapi di wilayah ini memiliki pengelolaan sampah warga melalui Bank Sampah. Sampah warga, di pilah lalu di kumpulkan untuk memungkinkan dapat di recycle kembali seperti sampah botol plastik yang nantinya akan di kirim ke penggilingan untuk di jadikan bahan produksi baru.
 


Waktu pengumpulan sampah terutama sampah botol plastik bisa dikumpulkan kapan saja, nanti setiap warga yang mengumpulkan akan di catat di buku yang mirip seperti buku rekening bank.

Tempat pencacahan plastik juga masih di wilayah yang sama hanya saja berbeda rumah. Hasil daur ulang plastik ini juga akan di bentuk menjadi paving blok. 
Mesin pencacah plastik

 
Plastik yang telah di cacah di jemur
 

Sampah plastik dari kantong kresek juga di daur ulang menjadi tanaman hias imitasi yang cantik. 





Selain mengolah sampah plastik, para warga juga mengumpulkan sampah organik dalam rumah tangga seperti potongan sayur, kulit buah dll.


Sampah tersebut di masukkan ke dalam tong tong komposter yang telah tersedia untuk nantinya bermanfaat sebagai pupuk organik.

Pengumpulan limbah rumah tangga berupa minyak jelantah

Tak hanya itu, limbah rumah tangga lainnya seperti minyak jelantah juga ikut di kumpulkan agar tidak terbuang sembarangan mengalir ke aliran air.



Kegiatan menanam pohon di rumah warga maupun di lahan sempit lainnya juga terus dilakukan warga agar kampung menjadi asri berseri dan juga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan dapat di konsumsi.

Nah semua ini tak lepas dari dukungan ASTRA yang bersinergi dengan warga, menginisiasi adanya program Kampung Berseri. 

Kampung Berseri Astra merupakan program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang mengintegrasikan inisiatif 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan, dalam satu komunitas kampung.

Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Pengembangan lebih lanjut KBA adalah Desa Sejahtera Astra (DSA) yang menjadi program kontribusi sosial Astra di bidang kewirausahaan berbasis kawasan. Program ini bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, komunitas, start-up, serta masyarakat desa dalam pengembangan ekonomi pedesaan berbasis potensi dan produk unggulan desa. Dalam program DSA terdapat pendampingan bagi masyarakat desa, mulai dari pelatihan, penguatan kelembagaan, bantuan prasarana, hingga fasilitasi akses permodalan dan pemasaran produk.


Widia Purnawita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar