Caraku Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Halo Famz, bagaimana kabarnya?

Semoga selalu diberikan kesehatan, apalagi yang sudah memiliki anak semoga selalu di beri rasa kasih dan sabaaaar yang luas. 

Yes, harus sabar banget apalagi seperti aku yang sedang menghadapi anak usia 7 tahun yang sedang ingin mandiri dan ingin menunjukkan eksistensi dalam pergaulan teman sebayanya.


Di balik rasa sabar yang harus di jaga, pastinya ada kebahagiaan juga karena si kecil mulai mempraktikkan rasa mandirinya dalam membantu melakukan pekerjaan di rumah seperti membantu memasak, menyapu, cuci piring dan lainnya. Dengan aku memperbolehkan dan mendampingi rasa penasarannya dalam berbagai hal, dari situ lah rasa percaya diri anak mulai meningkat. 

Aku pun jadi penasaran dan ingin tahu bagaimana lagi ya cara menumbuhkan rasa percaya diri anak?
 
Nah, aku menemukan beberapa artikel di website tentang 
cara menumbuhkan rasa percaya diri anak :

1. Meluangkan waktu untuk bermain bersama anak

Memang yah, kalau aku sedang menggunakan HP, pasti anak anak yang melihat ingin juga menggunakan HP. Jadi aku selalu usahakan ketika sedang bermain bersama mereka, HP selalu aku umpetin 😄, kalau bisa ketika aku sedang bekerja menggunakan HP itu tidak didepan anak karena disamping mengganggu pekerjaan juga dan si anak pun jadi merasa tidak diperhatikan. 


2. Memberikan Pekerjaan di rumah

Dulu aku pernah merasa ahh ga sabar deh, biar aku aja yang kerjain semuanya. Ternyata hal itu ga baik juga ya.


Jadi berikan anak anak kesempatan untuk melakukan pekerjaan di rumah walaupun terlihat misalnya belum bersih atau sempurna seperti kita orang dewasa tetapi itulah proses yang penting tidak mematahkan semangat nya untuk membantu malah harus diberi sedikit apresiasi. Dari situ kita juga bisa memperhatikan minat pekerjaan anak, ia lebih senang melakukan pekerjaan dibagian mana. Hal ini memudahkan kita untuk memberikan tugas selanjutnya. 

3. Membiarkan anak mencoba mengatasi masalah

Seperti hal diatas yang sudah ke jelaskan,  anak anak berada didalam proses belajar. Seperti kemarin saat aku minta anak membantu menyusun dan merapikan pakaiannya dilemari. 
Ketika ia masih bingung cara menyusun yang benar, disitu kita sambil memberitahu langkah langkahnya dalam menyelesaikan susunan dengan rapi. Dari situ ia belajar mengatasi masalah. 

4. Memberikan apresiasi atas usaha

Berikan pujian sewajarnya terhadap usaha yang telah ia selesaikan. 
 
5. Beri Perhatian dan Kasih Sayang

Memberikan perhatian pada anak adalah hal yang sangat penting. Sama seperti bermain, memberi perhatian meningkatkan perasaan harga diri anak.

Ini akan mengirim “pesan” bahwa mereka penting dan berharga. Anda bisa melakukan beberapa perilaku kecil di bawah ini saat ingin memberikan perhatian pada anak:

Buat kontak mata sehingga jelas bahwa kita benar-benar mendengarkan mereka.
Jika anak kita perlu berbicara, berhentilah melakukan sesuatu. 
Selanjutnya, dengarkan apa yang mereka katakan. Mereka perlu tahu bahwa pikiran, perasaan, dan pendapat mereka adalah penting.
Bantu mereka merasa nyaman dengan emosi mereka dengan menerimanya tanpa menghakimi. Dengan melakukan itu, kita memvalidasi perasaan itu dan menunjukkan bahwa kita menghargai apa yang mereka katakan.

Bagikan perasaan kita sendiri untuk membantu mereka mendapatkan kepercayaan diri dalam mengekspresikan perasaan mereka sendiri.

6. Menunjukkan Contoh dalam Tindakan Sehari-hari

Ini merupakan langkah yang penting. Di usia kanak-kanak, si Kecil memulai segalanya dengan menirukan apa yang dilihat di sekitarnya.

Oleh sebab itu, tindakan dan kata-kata kita yang muncul di hadapan anak akan mencerminkannya.

Kita juga bisa menunjukkan kepada anak kita bagaimana melakukan langkah-langkah mengatasi masalah dan bukan menghindarinya.

7. Memancing Rasa Ingin Tahu Anak

Ada masanya anak akan bertanya terus kepada orang tua mengenai segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Jangan hentikan proses ini dengan melarang anak bertanya.

Biarkan ia bertanya dan jawablah semampu Anda. Bila kita belum mengetahui jawabannya, beritahu anak bahwa kita memang belum tahu dan akan mencari tahu.

Selain itu, pancing pula rasa ingin tahu anak dengan menanyakan pertanyaan sederhana kepadanya.

Hal ini akan memancing dialog antara anak dan kita, serta membuat ia lebih berani dan percaya diri dengan pendapatnya sendiri.

Rasa percaya diri anak bukanlah sesuatu yang dapat dibangun dalam semalam. Orang tua perlu secara konsisten membangun perasaan ini.

Dengan menunjukkan perhatian, memberi kesempatan untuk mencoba, dan meluangkan waktu, kita dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang sehat pada anak. Dan yang utama, jangan lupa untuk menjadi contoh dalam tindakan sehari-hari, ya.

Sumber : (klikdokter.com), pribadi

Semakin Percaya Diri Bersama Bellagio Pomade Kidz

Setelah aku terus belajar mempraktikkan hal hal baik ini, aku senang anakku semakin terlihat percaya diri seperti saat hari jumat kemarin ada praktek solat di sekolah, ada rasa haru ketika ibu guru mengirimkan foto WA, Adib sedang Iqamah tanpa harus ditunjuk (siapa yang mau iqamah maju kedepan) 


Agar tampil lebih percaya diri aku memberikan apresiasi untuk anakku dengan membelikan ia BELLAGIO HOMME Pomade Kidz untuk gaya rambut si kecil yang tidak hanya membuat lebih keren tapi juga bikin sehat.



Kemarin aku beli di Alfamart, pas kebetulan ada diskon dan berhadiah susu UHT.

BELLAGIO HOMME POMADE KIDZ ini terdiri dari 2 varian yaitu: 

Sweet Berry  dengan Shine Level : 3 & Hold Level 2 serta ada juga varian Bubblegum dengan Shine Level 3 & Hold Level 2.


Oiya maksudnya Shine level adalah tingkat kilau rambut yang dihasilkan, sedangkan Hold level adalah tingkat kekerasan pada rambut setelah pemakaian. 

BELLAGIO HOMME POMADE KIDZ ini waterbased jadi mudah dibilas ya. Dapat di gunakan untuk usia 6-15 tahun. 



Yang varian SweetBerry itu mengandung Kukui Extract (ekstrak kemiri) & Albae G Extract(urang aring) yang menjaga rambut tetap sehat, menyuburkan dan menebalkan rambut, serta membuat rambut hitam berkilau alami. Sedangkan varian Bubblegum mengandung Argan Oil  yang menutrisi serta menghaluskan dan melembabkan rambut serta kandungan Menthol dan UV Filter yang membuat kulit kepala segar dan melindungi rambut dari bahaya sinar matahari. Wangi dari kedua varian ini anakku suka banget. 

Oiya, selain di Alfamart, BELLAGIO HOMME POMADE KIDZ juga tersedia di Diamond Supermarket, Toko terdekat, serta di Priskila Official Store di marketplace seperti di Tokopedia, Shopee, Blibli & Bukalapak.

Selamat menjalani hari hari bersama jagoan. 




 

Widia Purnawita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar