Senangnya Berkunjung Ke Rumah Singgah SR Bareng BERLIMA Women Entrepreneur

Selamat datang bulan Oktober!

Banyak momen spesial di bukan Oktober, Ayah mertua, kakak dan 2 bujangku terlahir di bulan ini. 

Oh iya, pastinya kamu juga sudah tahu kan kalau setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional. 



Bertepatan dengan Hari Batik, aku senang banget bisa berkunjung ke Rumah Singgah Sedekah Rombongan yang berlokasi di JL. H. Ayub, Gang. H. Noor Buntu No 35A, RT 12/1, Kel. Pejaten Barat, Kec. Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kegiatan kunjungan ini di lakukan oleh wanita-wanita kece dari BERLIMA Womentreprenur dan juga IWITA Creative. 

Kiri-Kanan: Kak Martha Simanjuntak, Mas Hendi(Pengelola Rumah Singgah), Kak Fitri, Kak Julia

Dalam mendamping dhuafa sakit, Sedekah Rombongan memberikan fasilitas gratis rumah singgah yang dapat dihuni olah penerima manfaat saat melakukan pengobatan di rumah sakit rujukan.

Ternyata Rumah singgah Sedekah Rombongan itu memiliki 17 rumah singgah dengan 1 rumah singgah diperuntukkan khusus bagi ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa).

Dua diantara rumah singgah tersebut terletak di DKI Jakarta, tepatnya Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat (kapasitas 5 kamar) dan satu rumah lagi berada di Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan (kapasitas 13 kamar) tempat kami berkunjung kemarin. 

Aku juga happy banget berkesempatan untuk ngobrol langsung dengan orang tua pendamping pasien. 

Ada adik Alwi yang berusia 2 tahun yang berasal dari Cianjur, sejak lahir menderita Atresia Bilier dan harus dilakukan Rawat Jalan ke RSCM.

Rasanya tidak mungkin bolak balik Cianjur - Jakarta untuk melakukan rawat jalan, disamping ongkos nya mahal, kasihan juga adik kecil harus menempuh lamanya perjalanan 😭.

Adik Alawi sudah 7 bulan tinggal di rumah singgah SR, jauh dari keluarga Cianjur, karena masih menunggu hasil lab dari luar negeri. 

Adik Alwi dari Cianjur & Adik Syifa dari Jambi


Di sebelah kiri ku juga ada adik Syifa usia 2 tahun berasal dari Jambi. Adik Syifa mengalami jantung bocor. 

Saat aku tanya mama Syifa ada pantangan makanan tidak, ternyata kata mamanya Syifa boleh makan apa saja dan seketika itu pikiranku jadi melayang berangan mau kesana lagi deh sharing makanan/snack enak & sehat, makan bareng anak anakku.


Selain bincang bincang dengan pendamping pasien, aku juga berkesempatan untuk melihat ruangan yang ada di dalam rumah singgah ini didampingi oleh istri kak Hendi, pengelola Rumah singgah SR. 

Fasilitas yang pasien dapatkan selama di rumah singgah meliputi:

- Kamar pasien beserta fasilitasnya

- Makanan bernutrisi dan suplemen makanan (susu, vitamin, madu) 

-Kebutuhan pasien non medis (diapers, dil) dan obat non BPIS

- Peralatan kesehatan (tabung oksigen kursi roda, stroller, kotak P3K,dll)

- Pendampingan moril dan spiritual 

-Transportasi ambulans gratis


Melihat mereka yang berada di rumah singgah lebih mengingatkan kita lagi untuk selalu bersyukur atas nikmat yang begitu berlimpah yang kita terima yang kadang masih saja ada rasa mengeluhnya huhuu.

Terima kasih kepada para wanita hebat dari BERLIMA Women Entrepreneur yang sudah mengajak aku mengunjungi Rumah Singgah SR. 

Keren banget sih ini kak Martha, mommy Fitri, kak Julia yang bukan hanya kuat menjadi seorang womenpreneur tapi juga lembut hatinya dalam memberikan perhatian bagi yang membutuhkan.

Oiya, kalian juga bisa lho seperti BERLIMA Womentrepreneur, tidak harus menunggu menjadi pengusaha. Apapun bantuannya akan sangat berarti bagi mereka. 

Kalian bisa memberikan bantuan dengan  datang langsung ke Rumah Singgah Sedekah Rombongan atau info lebih jelasnya ada di IG : @sedekah_rombongan.




Widia Purnawita

4 komentar:

  1. Wah sangat membantu sekali bagi orang daerah yang butuh tempat singgah dan gak sanggup bolak balik ke RS kota

    BalasHapus
  2. Kebantu banget adanya rumah singgah ini jadi meringankan para pasien-pasien ODGJ

    BalasHapus
  3. Tetap sehat dan tetap semangaaatttt ya bu...!!!!!

    BalasHapus
  4. Semangat terus ya mom

    BalasHapus