Tumbuh Kembang Si Kecil Berawal Dari Bunda Yang Sehat, Blackmores Peduli Nutrisi Bunda



Masih dalam suasana Hari Keluarga Nasional yang jatuh setiap tanggal 29 Juni. 

Apa nih harapan kalian  terhadap keluarga? 

Kalau aku berharap keluarga menjadi tempat ternyaman, selalu diberikan kebahagiaan, ketentraman dan rasa aman, saling menyayangi satu sama lain. Terkhusus harapan untuk anak sebagai seorang ibu pasti nya aku ingin dan berharap anak anakku selalu diberikan kesehatan, tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usianya.



Bicara Tentang Anak

Keberhasilan dalam Asah Asih Asuh merupakan suatu keinginan terbesar bagi seorang ibu untuk anaknya. Salah satu upaya dalam mencapai keberhasilan itu adalah dengan memberikan ASI di 1000 hari pertama nya. Pemberian ASI Eksklusif hingga usia 6 bulan tidak dapat di tawar lagi, kemudian berlanjut dengan MPASI.

Air Susu Ibu memiliki manfaat yang sangat besar tidak hanya untuk pertumbuhan si kecil tetapi juga untuk ibu.

Berikut ini manfaat ASI untuk Ibu dan Bayi

1 . Mencegah Terserang Penyakit

Menurut Kemenkes - Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat, ada beberapa manfaat manfaat ASI eksklusif bagi bayi, salah satunya mencegah terserang penyakit.

ASI eksklusif untuk bayi yang diberikan ibu ternyata mempunyai peranan penting, yakni meningkatkan ketahanan tubuh bayi. Karenanya, bisa mencegah bayi terserang berbagai penyakit yang bisa mengancam kesehatan bayi.

ASI mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh. Nah, zat inilah yang bisa membantunya untuk melawan bakteri dan virus. Alhasil, bayi pun lebih kecil kemungkinan untuk terserang penyakit, seperti diare, alergi, infeksi saluran pernapasan, hingga konstipasi.

2.Membantu Perkembangan Otak dan Fisik Bayi

Manfaat ASI eksklusif bagi bayi juga bisa membantu perkembangan otak dan fisiknya. Enggak percaya? Masih melansir dari Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat, manfaat ASI eksklusif bisa menunjang sekaligus membantu proses perkembangan otak dan fisik bayi. Hal tersebut dikarenakan, di usia 0 sampai 6 bulan seorang bayi belum diizinkan mengonsumsi nutrisi apapun selain ASI.

Oleh karena itu, selama enam bulan berturut-turut, ASI yang diberikan pada Si Kecil tentu saja memberikan dampak yang besar pada pertumbuhan otak dan fisik bayi selama ke depannya.

Di samping itu, berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa bayi yang mendapat ASI, memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

3.Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Ada satu studi yang lebih spesifik menyebut kalau ASI bisa meningkatkan perkembangan kognitif bayi. Studinya yang berjudul Breast milk and cognitive development—the role of confounders: a systematic review ini, dimuat dalam US National Library of Medicine.

Dan hasilnya ternyata pemberian ASI ekslusif bisa meningkatkan perkembangan kognitif bayi. Namun, hal ini berkaitan dengan beberapa faktor yang berhubungan dengan menyusui. Contohnya, kelas sosial atau IQ ibu (orangtua). Selain itu, studi ini juga dilakukan di negara-negara dengan berpenghasilan tinggi.

4.Berat Badan Bayi Ideal

Bayi yang mendapatkan ASI ekslusif lebih besar kemungkinannya tumbuh dengan bobot yang normal. Kok bisa? Menurut para ahli, ASI lebih sedikit merangsang produksi insulin ketimbang susu formula.

Hormon insulin ini sendiri bisa memicu pembentukan lemak dalam tubuh. Nah, dengan kata lain, ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi.

Menariknya lagi, manfaat ASI eksklusif bagi bayi juga memiliki kadar leptin yang lebih tinggi. Leptin ini merupakan hormon yang berperan dalam metabolisme lemak dan menimbulkan rasa kenyang.

5. Memenuhi Seluruh Kebutuhan Nutrisi

Seperti penjelasan di atas, ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Sebab, ASI mencukupi semua kebutuhan energi dan zat gizi yang diperlukan Si Kecil selama awal kehidupannya. Khususnya, hingga usianya berusia enam bulan.

Oleh sebab itu, bayi sebenarnya tak perlu diberi susu fomula, minuman, ataupun makanan tambahan sebelum menginjak usia enam bulan. Sebab, ASI saja sudah cukucukup memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya.

6. Mengatasi Rasa Trauma

Manfaat asi eksklusif bagi ibu bisa menghilangkan trauma saat persalinan. Tak cuma itu saja, pemberian ASI juga juga sekaligus dengan kehadiran Si Kecil bisa menjadi penyemangat hidup seorang ibu.

Pasca melahirkan biasanya ibu rentan mengalami baby blues syndrome. Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu yang belum terbiasa, bahkan tidak bersedia memberikan ASI eksklusifnya untuk bayi mereka.

Namun dengan menyusui, secara perlahan-lahan rasa trauma pun akan hilang sendirinya. Dengan begitu, ibu pun akan terbiasa menyusui bayinya.

7.Mencegah Kanker Payudara

Selain membuat kondisi kesehatan dan mental ibu jadi lebih stabil, pemberian ASI eksklusif juga bisa meminimalkan timbulnya risiko kanker payudara. Kok bisa? Menurut Kemenkes - Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat, “Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi”, salah satu pemicu kanker payudara pada ibu menyusui adalah kurangnya pemberian ASI ekslusif pada bayi mereka sendiri.

8. Sebagai KB Alami

Manfaat ASI eksklusif bagi ibu juga bisa bertidak sebagai KB alami. Sebab, ovulasi bisa terhambat ketika Ibu memberikan ASI eksklusif pada Si Kecil. Dalam dunia medis, metode ini disebut dengan metode amenore laktasi. Hal yang perlu digarisbawahi, untuk mendapatkan manfaatnya, ibu disarankan untuk siap menyusui kapanpun ketika bayi membutuhkan.

Selain itu, untuk memperkecil peluang kehamilan, ibu juga tetap disarankan untuk menggunakan metode kontrasepsi yang aman selama menyusui. (Sumber:halodoc.com)

Nah itu tadi manfaat ASI yang begitu besar untuk Ibu dan bayi, untuk memperlancar ASI aku ada tips yang pernah kulakukan sesuai dengan pengalaman ku saat memberikan ASI untuk si kecil.


Tips Sukses Menyusui

1. Memiliki tekad yang kuat dan yakin bahwa kita dapat memberikan yang terbaik untuk si kecil agar ia selalu sehat melalui ASI

2.Dengan mengunjungi konselor laktasi saat kunjungan antenatal, tak segan untuk banyak bertanya kepada ahlinya,mencari informasi di website, bergabung dalam berbagai komunitas kehamilan dan menyusui.

3. Peran keluarga sangat penting, terutama suami yang menjadi support system utama. Menyusui bukan hanya peran ibu saja, tetapi keterlibatan suami dalam hal ini sangat lah penting, menjaga mood ibu, tidak membuat nya sedih, memberikan apa yang dibutuhkan, merupakan bentuk dukungan suami untuk meminimalisir datangnya baby blues pada ibu yang baru lahir agar tidak terjadi stress dan depresi yang bisa menyebabkan ASI menjadi tidak lancar

4. Makan makanan bergizi sejak masa kehamilan agar ibu dan janin sehat dan juga sebagai persiapan IMD dan menyusui agar kualitas ASI bagus.

Selain makan makanan bergizi, aku minum Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold new formula sebagai multivitamin ibu hamil dan menyusui. 

 

 


Blackmores Always Does More

Tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat untuk itu ibu hamil dan menyusui perlu asupan nutrisi lebih banyak.

Jangan sampai ibu hamil kekurangan DHA karena bisa beresiko kelahiran prematur, pre eklampsia, juga resiko BBLR/ berat badan bayi rendah saat dilahirkan.

Blackmores Pregnancy dibutuhkan sebagai penunjang nutrisi ibu hamil dan menyusui dengan kandungan kalsium,asam folat, vitamin dan mineral lainnya. Diperkaya juga dengan Vitamin D3 200 IU jadi gak khawatir deh bumil dan busui kekurangan nutrisi di masa 1000 hari pertama kehidupan. Minyak ikan yang terkandung di dalam suplemen ini juga merupakan sumber DHA yang sangat baik untuk perkembangan otak & kognitif si kecil sejak masa kehamilan hingga menyusui. Senangnya lagi Blackmores tidak bau amis jadi gak enek kalau di minum. 

Kandungan Blackmores

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Masa depan anak dimulai dari 1000 hari pertama kehidupannya, yakni sejak dalam kandungan, sehingga asupan nutrisi selama kehamilan perlu diperhatikan. Menyadari pentingnya hal tersebut, Blackmores menggandeng Food Cycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi meluncurkan program “Blackmores Peduli Nutrisi Bunda”, dan akan membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold kepada ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Solo, Jawa Tengah.



“Di masa kehamilan dibutuhkan asupan mikronutrien yang lengkap untuk mendukung 
perkembangan janin dan kesehatan Ibu di masa kehamilan. DHA merupakan salah satu 
mikronutrien yang penting karena defisiensi DHA selama kehamilan dapat menimbulkan 
beberapa resiko. Biasanya sering dihubungkan dengan kelahiran prematur, resiko 
preeklampsia, dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

Blackmores Pregnancy memiliki kandungan nutrisi esensial yang
dibutuhkan untuk bantu penuhi kebutuhan mikronutrien Ibu dan Si Kecil di masa kehamilan
dan menyusui

Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang 
belum teredukasi untuk memenuhi asupan nutrisi mikronutriennya termasuk DHA.Padahal 
salah satu cara mudah untuk mendapatkan asupan DHA bisa melalui minyak ikan sebagai 
sumber utamanya.” ujar dr. Boy Abidin, Sp.OG selaku Dokter Spesialis Kandungan.

Sebagai ibu, aku mendukung banget program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda agar Bunda di seluruh Indonesia bisa menikmati masa kehamilannya dengan sehat dan bahagia karena dukungan dari berbagai pihak seperti Kalbe Blackmores Nutritions ini. 

Semoga seluruh Bunda selalu di berikan kesehatan untuk diri dan juga si kecil ya. 



Widia Purnawita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar