Cinta Bumi Dengan Gaya Hidup Berkelanjutan



Apakah kamu merasa, cuaca beberapa tahun ini tak menentu kadang panas terik banget, kadang hujan deras. Pernah di suatu waktu ada urusan untuk pergi, aku pikir cuaca cerah banget eh ternyata pas baru aja naik transportasi umum hujan langsung turun deras karena malas menunggu hujan akhirnya aku memilih pulang dengan basah kuyup 🤦🏻‍♀️.

Apakah ini merupakan pengaruh dari perubahan iklim ya?

Perubahan iklim adalah berubahnya kondisi fisik atmosfer bumi antara lain suhu dan distribusi curah hujan yang membawa dampak luas terhadap berbagai sektor kehidupan manusia. Perubahan fisik ini tidak terjadi hanya sesaat tetapi dalam kurun waktu yang panjang.
(Kementerian Lingkungan Hidup, 2001).

Penyebab Terjadinya Perubahan Iklim

Mengambil informasi dari Liputan6.com berikut ini penjelasan tentang penyebab serta dampak dari perubahan iklim.

Penyebab terjadinya perubahan iklim dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Hal ini berkaitan dengan interaksi antara komponen-komponen, dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari. Faktor-faktor yang disebabkan oleh kegiatan manusia seperti perubahan penggunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil juga bisa berpengaruh.

Dikutip Liputan6.com dari Knowloedge Centre Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, iklim adalah ukuran rata-rata dan variabilitas kuantitas yang relevan dari variabel tertentu (seperti temperatur, curah hujan atau angin), pada periode waktu tertentu, yang merentang dari bulanan hingga tahunan atau jutaan tahun.

Penyebab terjadinya Perubahan Iklim ini perlu menjadi perhatian setiap orang. Apalagi, berbagai dampak dari perubahan iklim ini sangat merugikan bagi kehidupan. Sudah sepatutnya semua orang bersama-sama menjaga lingkungan hidup tetap sehat.

Dikutip Liputan6.com dari Knowloedge Centre Perubahan Iklim, menurut Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Kerangka Kerja Perubahan Iklim (United Nations Framework Convention on Climate Change/UNFCCC), perubahan iklim adalah perubahan iklim yang disebabkan baik secara langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia sehingga mengubah komposisi dari atmosfer global dan variabilitas iklim alami pada perioda waktu yang dapat diperbandingkan.

Komposisi atmosfer global yang dimaksud adalah komposisi material atmosfer bumi berupa Gas Rumah Kaca (GRK) yang di antaranya, terdiri dari Karbon Dioksida, Metana, Nitrogen, dan sebagainya.

Pada dasarnya, Gas Rumah Kaca dibutuhkan untuk menjaga suhu bumi tetap stabil. Akan tetapi, konsentrasi Gas Rumah kaca yang semakin meningkat membuat lapisan atmosfer semakin tebal. Penebalan lapisan atmosfer tersebut menyebabkan jumlah panas bumi yang terperangkap di atmosfer bumi semakin banyak, sehingga mengakibatkan peningkatan suhu bumi, yang disebut dengan pemanasan global.

Penyebab terjadinya perubahan iklim dipengaruhi oleh perbuatan manusia yang tidak memperhatikan lingkungannya. Penyebab terjadinya perubahan iklim ini dipengaruhi oleh perbuatan manusia yang melepaskan Gas Rumah Kaca ke atmosfer.

Contoh penyebab terjadinya perubahan iklim karena perbuatan manusia ini seperti pembakaran bahan bahan bakar fosil dan deforestasi. Selain itu, ada juga berbagai penyebab terjadinya perubahan iklim yang dipengaruhi perbuatan manusia lainnya, seperti:

Mengendarai mobil. Bensin termasuk dari bahan bakar fosil, Pembuangan gas pada mobil juga mengandung banyak polusi gas kimia lainnya. Hal ini tentunya menjadi salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim yang tidak terbantahkan lagi.

Tempat pembuangan sampah. Saat kamu membuang makanan dan sampah taman ke dalam tempat sampah, sampah-sampah tersebut akan dibawa dan terkubur di tempat-tempat pembuangan sampah. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim. Saat sampah yang berada paling bawah mengalami pembusukan, terbentuklah gas methan.

CFC untuk kulkas dan aerosol. CFC atau chloro-fluoro-carbo' tidak terbentuk secara alami. Kamu memakainya untuk keseluruhan proses industri. CFC digunakan sebagai pendingin di lemari es dan bahan pembakar pada aerosol.
Hal ini merupakan penyebab terjadinya perubahan iklim yang menimbulkan sekitar 10.000 kali 'efek rumah kaca' dari CO2. CFC juga menghancurkan ozon, bagian penting yang berada di lapisan atas atmosfer.

Pertanian dan peternakan. Saat petani menambah pupuk penyubur nitrogen ke dalam tanah, beberapa dari nitrogen tersebut berubah menjadi Nitro Oksida (N2O), gas rumah kaca yang sangat kuat. Sapi menciptakan gas methan saat rumput mengalami peragian di perutnya. Ada sekitar 1,2 miliar ternak sapi didunia, semuanya menambah kadar gas rumah kaca yang menjadi penyebab terjadinya perubahan iklim di seluruh dunia.

Dampak Perubahan Iklim

Perubahan iklim berdampak sangat luas pada kehidupan masyarakat. Kenaikan suhu bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi tetapi juga mengubah sistem iklim yang mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia, seperti kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian dan ekosistem wilayah pesisir.



Berpengaruh Terhadap Kualitas dan Kuantitas Air

Terlalu tingginya curah hujan akan mengakibatkan menurunnya kualitas sumber air. Selain itu, kenaikan suhu juga mengakibatkan kadar klorin pada air bersih. Selain itu, pemanasan global akan meningkatkan jumlah air pada atmosfer, yang kemudian meningkatkan curah hujan.

Meski kenaikkan curah hujan sebetulnya dapat meningkatkan jumlah sumber air bersih, namun curah hujan yang terlalu tinggi mengakibatkan tingginya kemungkinan air untuk langsung kembali ke laut, tanpa sempat tersimpan dalam sumber air bersih untuk digunakan manusia.

Berpengaruh Terhadap Habitat dan Kepunahan Spesies

Pemanasan suhu bumi, kenaikan batasan air laut, terjadinya banjir dan juga badai karena perubahan iklim akan membawa perubahan besar pada habitat sebagai rumah alami bagi berbagai spesies binatang, tanaman, dan berbagai organisme lain.

Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan punahnya berbagai spesies, baik binatang maupun tanaman, seperti pohon-pohon besar di hutan yang menjadi penyerap utama karbondioksida. Hal ini disebabkan karena mereka tidak sempat beradaptasi terhadap perubahan suhu dan perubahan alam yang terjadi terlalu cepat. Punahnya berbagai spesies ini, akan berdampak lebih besar lagi pada ekosistem dan rantai makanan.

Berpengaruh Terhadap Hutan

Kebakaran hutan merupakan salah satu dampak dari perubahan iklim, sebagai paru paru bumi hutan merupakan produsen Oksigen (O2), selain itu, hutan juga membantu menyerap gas rumah kaca yang menjadi penyebab terjadinya pemanasan global.

Pohon-pohon yang mati karena perubahan tata guna hutan, ataupun karena mengering dengan sendirinya akibat meningkatnya suhu dalam perubahan iklim, akan melepaskan karbondioksida. Selain itu, kematian pohon-pohon menyebabkan berkurangnya penyerap karbondioksida itu sendiri. Dengan demikian, karbondioksida dan gas rumah kaca lain akan meningkat drastis.

Meningkatnya Wabah Penyakit

Kenaikan suhu curah hujan dapat meningkatkan penyebaran wabah penyakit yang mematikan, seperti malaria, kolera dan demam berdarah. Bahkan, penipisan ozon menyebabkan peningkatan intesitas sinar ultra violet yang mencapai permukaan bumi yang menyebabkan kanker kulit, katarak, dan penurunan daya tahan tubuh sehingga manusia menjadi rentan terhadap penyakit. Manusia menjadi lebih rentan terhadap asma dan alergi, penyakit kardiovaskular, jantung dan stroke.

Pastinya kita gak mau bumi yang kita tempati menjadi tidak nyaman untuk kita.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim.

Ini yang aku lakukan untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim.

Memilah sampah yang kita hasilkan sehari-hari seperti botol shampo dan kemasan minuman kaleng juga plastik,kardus bekas, bisa kita berikan atau bahkan di jual ke tukang barang bekas atau bank sampah, sampah buah dan sayur pun bisa kita gunakan kembali sebagai pupuk juga enzim penyubur tanaman. Sampah kertas yang masih layak pakai juga biasanya aku gunakan kembali untuk membuat amplop atau buku catatan.



Mengurangi sampah terutama sampah plastik yang sulit terurai dengan cara 
✓Selalu menggunakan botol minum dan tempat makan sendiri,
✓Selalu siap kantong belanja serbaguna yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja,
✓ Mengurangi straw plastik atau mengganti nya dengan straw stainless.
✓ Beli produk kemasan ukuran besar, kalo beli produk kecil kecil kayak sachetan gitu, produksi sampah plastik nya makin banyak.
✓Mix and match fashion, gak harus selalu beli baju yang kadang hanya lapar mata dan berburu sale padahal tidak kita butuhkan. Atau bisa juga nih permak baju lama yang masih bagus tapi jarang di pakai menjadi model baru lagi ,jadi bisa berkelanjutan.

Hal lain yang aku lakukan sebagai bentuk mencintai bumi adalah dengan menggunakan transportasi umum. Menggunakan sepeda atau berjalan kaki jika jarak tidak terlalu jauh. Dengan begitu emisi gas yang menyebabkan polusi udara menjadi berkurang.


Selanjutnya adalah belajar menanam pohon walaupun hidup di perkotaan yang pada penduduk tetapi bukan alasan untuk tidak dapat menanam pohon. Setidaknya aku bisa menanam pohon di pot tembok ataupun di atap rumah. Rumah terasa sejuk walaupun hanya menanam pohon gantung.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi tetap lestari dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Melakukan kebiasaan baik yang selalu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam hal kecil hemat listrik dan air dan yang aku lakukan di atas menjadi kontribusi kita #UntukmuBumiku yang lebih baik.


Kalau kalian bagaimana teman? Yuk kita sama sama jaga bumi kita.

#TeamUpforImpact

Widia Purnawita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar