Mari Bahagiakan Si Kecil Lewat Mendongeng



Halo Ayah dan bunda, sudahkah mendongeng hari ini bersama si kecil  hari ini?

Ayah dan bunda ataupun calon ayah dan calon bunda, meluangkan waktu setidaknya 10 menit untuk mendongeng atau membacakan cerita kepada si kecil ternyata banyak manfaatnya lho. Bukan hanya meningkatkan bonding antara orang tua dan anak , manfaat lainnya juga dapat meningkatkan literasi anak sejak dini, meningkatkan rasa percaya diri dan lainnya.

Nestlé DANCOW Kembali Hadirkan Dongeng Aku Dan Kau 

Setelah belasan tahun yang lalu Dancow pernah mengeluarkan buku dongeng, nah mengobati rasa kangen masyarakat Indonesia, Nestlé DANCOW mempersembahkan 15 Dongeng Indonesia untuk Stimulasi Perkembangan Karakter.



Di tanggal 2  September  2021 kemarin, saya berkesempatan untuk menyaksikan launching buku dongeng dari Dancow melalui live Youtube.

Mendongeng memiliki  banyak  manfaat  bagi  Si  Buah  Hati,  diantaranya  dapat  membantu  anak memperkaya  kosa  kata,  meningkatkan  rasa  percaya  diri,  dan  membantu  mempelajari  bahan  bacaan  yang  lebih  sulit.  Studi menunjukkan  adanya  korelasi  mendongeng  dengan  pembentukan  nilai  moral  dan  karakter.  Melalui  dongeng  Bunda  dan  Ayah memberikan afirmasi positif nilai-nilai kehidupan, yang membantu memastikan tumbuh kembang anak yang optimal.

Dengan tema “Indonesia Mendongeng” yang mengangkat dongeng asli Indonesia yang kaya dengan nilai nilai budaya Indonesia yang penting untuk diperkenalkan kepada Si Buah Hati sejak usia dini.

Persembahan dari Dancow ini pun mendapat dukungan dari berbagai pihak, seperti dari
Dr. Muhammad Hasbi (Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek) , Ibu Nur Asia Uno Ketua (Yayasan Abang Mpok Sahabat Anak) juga Ibu Atalia Praratya Kamil (Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat).

Dalam acara ini hadir juga mba Lydia Fransiska Sahertian (Brand Manager DANCOW Nutritods), Bunda Ratih Ibrahim (Psikolog), Kak Aio (Pendongeng), mama Meisya Siregar Brand Ambassador DANCOW Nutritods.



Memilih cerita sesuai usia anak

Menurut bunda Ratih, pada anak usia 1-3 tahun-pilih cerita yang ada di sekitar lingkungan anak, hal yang sudah dikenali anak.
Contohnya, dongeng Keong Kacil dan Rumahnya, Kancil dan Kerbau, Balas Budi Sang Rusa.

Anak usia 3-5 tahun anak sangat tertarik mempelajari manusia dan lingkungan contohnya, dongeng Pangeran Palasara Si Lembut Hati, Si Kurus dan Harimau Loreng.

Anak usia > 5 tahun bacakan dongeng yang lebih kompleks, melibatkan sebab-akibat, cara kerja sesuatu, menyelesaikan suatu masalah contohnya, dongeng Asal Mula Nama Salatiga, Kunking Walut Suwidak Loro.


Lydia Sahertian, selaku Brand Manager DANCOW Nutritods mengatakan, “Sebagai ahli tumbuh kembang Toddler dan Prasekolah, Nestlé DANCOW percaya bahwa stimulasi sejak dini sangatlah penting, dan mendongeng kepada Si Buah Hati memberikan manfaat positif bagi kemampuan kogntif, Bahasa, emosional, dan perilaku sosial Si Buah Hati. Karenanya, kami kembali menghadirkan Dongeng Aku dan Kau dengan dongeng-dongeng asli Indonesia yang sangat disukai anak-anak seperti Kancil dan Kerbau, Pangeran Palasara dan Kluntung Waluh.  Melalui 15 cerita dongeng asli Indonesia ini, kami mengajak para orang tua untuk lebih aktif lagi membacakan dongeng kepada Si Buah Hari untuk mempererat hubungan emosi, memberikan stimulasi, serta menjadikan dongeng Indonesia sebagai tradisi tak ternilai bagi Bunda/Ayah dan Si Buah Hati.”


Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis menjelaskan "Mendongeng adalah kegiatan stimulasi tepat dan asik untuk optimalkan seluruh dimensi tumbuh kembang Si Buah Hati. Membacakan dongeng rakyat Indonesia juga akan membantu Si Buah Hati mengenal dan mengapresiasi budaya kita, ia akan belajar tentang nilai-nilai moral serta karakter positif seperti keberanian, kasih sayang, dan kepedulian. Mendongeng jadi momen menyenangkan bersama Bunda Ayah yang akan ia kenang sampai usia dewasanya nanti."


Kegiatan ini pun mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dr. Muhammad Hasbi, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek RI, menuturkan “Kami senang dan menyambut baik Program DANCOW Dongeng Aku dan Kau: Indonesia Mendongeng ini yang sejalan dengan visi-misi Kemendikbudristek, khususnya Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, yang bercita-cita agar setiap anak Indonesia berkesempatan mendengarkan cerita dongeng. Kemendikbudristek pun terus mendorong peningkatan kompetensi mendongeng untuk guru (PAUD) dan orang tua.”


Pendongeng dan pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Ariyo Zidni menuturkan “Dongeng rakyat Indonesia mengajarkan nilai-nilai kejujuran, kerajinan, gotong royong, berbuat baik dan menolong orang lain, yang dapat membantu Si Buah Hati dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari. Kisah dongeng Pangeran Palasara misalnya, dapat mengajarkan Si Buah Hati tentang pentingnya berbesar hati dan berbuat baik pada sesama.”


Kemampuan anak untuk berimajinasi dan memecahkan masalah umumnya muncul pada usia 18-24 bulan (Colson et al., 1997). Memasuki masa Toddler dan Prasekolah (3-6 tahun), kemampuan kognitif, bahasa, emosional dan perilaku sosial anak mengalami perkembangan pesat serta menjadi fondasi perkembangan kognitif (Rosales et al., 2009). Agar stimulasi yang diberikan melalui mendongeng dapat diterima anak secara maksimal, orang tua juga perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi serta aktivitas Si Buah Hati dan lingkungan penuh cinta dari Bunda dan Ayah. 


“Dengan membeli Nestlé DANCOW 1+/3+/5+ Nutritods ukuran 800 gr atau 1 kg semua varian (bertanda khusus), orang tua bisa mendapatkan buku Dongeng Aku dan Kau secara gratis. Berbagai kegiatan Indonesia mendongeng akan didukung berbagai keseruan secara digital diantaranya mewarnai karakter via website DANCOW, tepatnya www.dancow.co.id/dpc/dongengakudankau”, tutup Lydia.

Nah, banyak sekali ya manfaat mendongeng. Ayah bunda jangan lupa ya untuk selalu meluangkan waktu kepada si kecil salah satunya melalui dongeng.


Tentang Nestlé DANCOW Nutritods

Nestlé DANCOW Nutritods adalah susu pertumbuhan yang berkualitas dan bergizi diformulasikan secara khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan  nutrisi  anak  Indonesia  usia  1-5  tahun  di  masa Toddler dan  Prasekolah.  Di  masa  tumbuh  kembang  yang  pesat  ini,  anak membutuhkan perlindungan tambahan melalui nutrisi seperti vitamin A, C, D dan zat besi. Nestlé DANCOW Nutritods hadir dengan 0g Sukrosa, bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus, Serat Inulin, dan tinggi Vitamin D. Turut dilengkapi dengan Protein, Kalsium, Minyak Ikan, serta Omega 3 & 6 untuk membantu mencapai pertumbuhan serta perkembangan yang optimal bagi Si Buah Hati.


Nestlé DANCOW Nutritods diformulasikan secara khusus bagi anak Indonesia di usia Toddler & Prasekolah bersama program Nutritods 101 Academy yang didukung oleh para Nutritods Council Expert menjadi mitra terpercaya bagi Bunda untuk bantu lindungi langkah eksplorasi Si Buah Hati guna mengasah stimulasi Buah Hati serta mengedukasi orang tua dalam menghadirkan lingkungan penuh cinta untuk tumbuh kembang nya yang optimal. Selain itu, DANCOW Parenting Center hadir untuk membantu Bunda dalam mendukung tumbuh kembang optimal Si Buah Hati dan dapat diakses melalui https://www.dancow.co.id/dpc


Widia Purnawita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar