Buku Gratis Untuk Anak : Mari Luangkan Waktu Untuk Membacakan Cerita




Buku : Bekal Anak Bertumbuh

Meluangkan waktu setidaknya 5 menit sehari untuk membacakan buku cerita kepada anak-anak manfaatnya sangat besar dan berkepanjangan.

Manfaat membacakan cerita kepada anak antara lain: 

  1. Membangun ikatan yang erat antara orang tua dan anak
  2. Meningkatkan kemampuan bahasa dan bicara
  3. Meningkatkan kemampuan berpikir dan berimajinasi
  4. Membangun minat baca anak
  5. Orang tua dapat menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita

Bagus banget ya manfaat nya,tapi kenyataannya 5 menit aja meluangkan waktu 

Di tanggal 11 Mei 2021 kemarin, Alhamdulillah saya dapat kesempatan untuk memperluas wawasan baru bersama Komunitas Blogger Perempuan Network dalam online gathering bertema BUKU: Bekal Anak Bertumbuh yang menghadirkan mba Elsa dari Let's Read Indonesia dan Ibu Roosie Setiawan dari Komunitas Read A Bugs yang ngasih banyak ilmu dan teknik membacakan cerita kepada anak.


Kenalan Yuk Dengan Let's Read



Let's Read merupakan kumpulan buku cerita bergambar untuk anak dalam bentuk digital yang tersedia dalam berbagai bahasa.

Buku cerita digital ini dapat dinikmati secara gratis melalui aplikasi Let's Read Indonesia atau bisa juga melalui website di https://reader.letsreadasia.org/ . 

Dan gembiranya lagi, semua bacaan yang ada di Let's Read boleh banget untuk di publikasikan, disebar luas, di download ,dan di cetak. Satu hal yang tidak boleh adalah tidak untuk di perjual belikan. 

Jadi sekarang gak bingung lagi deh cari buku bacaan yang bagus buat di ceritakan ke anak karena sekarang sudah ada cara yang lebih mudah dan simpel dengan membaca buku digital yang ada di Let's Read.

Belajar Membacakan Nyaring 

Setelah kenalan sama Let's Read, di acara ini juga ada Ibu Roosie Setiawan, Penulis buku Membaca Nyaring, Founder Reading Bugs yaitu komunitas Read Aloud Indonesia yang menyampaikan banyak ilmu. Sebelumnya, Bu Roosie juga membacakan cerita dari buku digital koleksi Let's Read Indonesia dan kita di minta untuk memberikan pendapat, berapa lama waktu bercerita,hal apa saja yang dapat di ambil dari cerita itu,dan apa yang dirasakan saat mendengarkan cerita.



Membacakan nyaring bukan berarti membacakan dengan suara keras keras dalam setiap bacaan tetapi ada penekanan kata, intonasi dan irama sehingga anak dapat lebih menyimak dan menikmati cerita yang dibacakan.


Ada 3 unsur penting  yang terlibat dalam membacakan  yaitu anak, orang dewasa yang membacakan, dan buku.

Membacakan nyaring adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan orang tua dan guru dengan anak-anak.

Manfaat membacakan nyaring membangun banyak keterampilan dasar yang penting, memperkenalkan kosakata, memberikan model membaca yang lancar dan ekspresif, dan membantu anak-anak mengenali apa itu membaca untuk kesenangan.

Alhamdulillah terima kasih untuk Blogger Perempuan Network, Let's Read Indonesia dan Ibu Roosie aku bisa dapat ilmu baru lagi yang bisa di praktekkan di rumah bersama anak-anak.

Semoga peran orang tua dan minat baca anak semakin meningkat sehingga wawasan dan ilmu pengetahuan semakin luas.

Widia Purnawita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar