Anak - Anak Melek Literasi Keuangan Dengan Belajar Bersama Cha-Ching Curriculum

Halo teman-teman semua, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat ya.

Tetap sabar dan semangat selalu ya untuk para orang tua yang mendampingi anak-anak pembelajaran jarak jauh dan juga sambil melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Masih dalam suasana pandemic dan menerapkan aturan 5M, jadi weekend kami tetap di rumah saja bersama keluarga.

Walaupun dirumah saja, masih banyak hal hal seru dan bermanfaat yang dapat kita lakukan bersama.

Seperti saat akhir pekan kemarin, anak anak diajak seru seruan bareng para anak-anak grup Band Cha-Ching. Kira kira udah ada yang kenal belum nih sama grup Band Cha-Ching?


Ya, mereka beranggotakan 6 orang yaitu : Justin, Zul, Bobby, Charity, Prudence dan Pepper.


Menyambut Global Money Week 2021, anak anak berkesempatan untuk belajar literasi keuangan dengan cara yang menyenangkan bersama grup Band Cha-Ching dan kakak kakak PruVolunteer.



Mengenal 4 Konsep Dasar Keuangan

1. Mendapatkan (Earn)


Anak anak mendapatkan edukasi yang fun tentang cara untuk mendapatkan uang. Memahami kegunaan uang. Dalam lembar aktivitas juga anak anak di ajak untuk dapat menuliskan harga barang yang ada di rumah dengan tujuan dapat menghargai kegunaan uang dan barang, memahami bahwa semua barang yang ada di rumah memiliki nilai harga. 


Lala jadi antusias banget sama lembar tugas nya, pengen tau semua harga barang yang ada di rumah.

2. Menabung (Save)

Dalam pembelajaran ini anak anak dapat edukasi tentang menabung.

Apa itu menabung?

Menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang kamu miliki untuk disimpan dan kemudian digunakan untuk mencapai kebutuhan atau keinginan.

Tujuan dari menabung adalah :

1. Menghemat pengeluaran supaya hidup tidak boros.

2. Mengatur keuangan dengan baik.

3. Merencanakan serta mempersiapkan untuk pengeluaran atau kebutuhan tidak terduga.

Menabung bisa di celengan, di bank ataupun bisa titip ke orang tua atau kakek dan nenek.

Jika menginginkan sesuatu yang belum mampu dibeli saat ini, kita harus menabung.

Kita dapat menabung untuk Tujuan Jangka Pendek (misalnya: mainan baru, buku) dan Tujuan Jangka Panjang (misalnya: smartphone, mobil, rumah)

3. Belanja (Spend)

Siapa sih yang gak suka belanja, semua orang pasti suka belanja seperti salah satu grup Band Cha-Ching si Bobby yang suka belanja sampai uangnya habis karena dia tidak dapat menetapkan tujuan.

Nah disini anak anak dapat memahami apa itu kebutuhan dan keinginan.

Apa sih kebutuhan dan keinginan itu?

Kebutuhan adalah sesuatu yang harus kamu miliki untuk kehidupan sehari-hari (misalnya pakaian, air saat haus, rumah).

Keinginan adalah sesuatu yang ingin kamu miliki tapi tidak harus saat itu juga. (misalnya mainan, hiasan, camilan, dll).

4. Menyumbang (Donate)

Menyumbang dapat dilakukan dengan waktu, tenaga, barang ataupun uang untuk orang yang membutuhkan. Dalam kurikulum ini anak anak di ajak untuk berempati, beri tugas bagaimana jika ada tetangga, teman atau saudara yang mengalami kesusahan dan membutuhkan bantuan dengan cepat. 

Senang nya anak anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan di Cha-Ching Kids at home yang sangat bermanfaat untuk dapat membangun kebiasaan keuangan yang baik dan bertanggung jawab sejak kecil dan bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk membuat keputusan finansial yang tepat.

Terima kasih Prudential, terima kasih kakak kakak Pruvolunteer.

Teman teman yang lain juga bisa mendapatkan edukasi seperti Lala ada di berbagai sosial media di  Facebook Cha-Ching Indonesia 
Instagram : @id_prudential
Twitter : @ChaChingID






Widia Purnawita

21 komentar:

  1. Hebat banget kecil-kecil diajarin keuangan..

    BalasHapus
  2. Wahh bagus ya kalau dari kecil sudah diajarkan konsep keuangan.

    BalasHapus
  3. Bhuaaa asiknya jaman sekarang bisa main sama grup band Cha Ching untuk mengenal dan melek literasi keuangan. Dan sebaiknya pula diajarkan sedini mungkin pada anak untuk mengelola keuangan yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin-kemarin bingung gimana caranya ngajarin anak tentang keuangan. Tapi setelah baca tentang Cha Ching ini, saya mulai memperoleh jalan keluar deh..

      Hapus
  4. Baguuus ini caranya untuk anak2 mengenal keuangan :). Lucu juga nama bandnya yaaa :D. Anakku tau ternyata band Cha Ching, sementara aku kenalny setelah baca tulisan ini mba :D.

    Anak2 penting sih diksh tau ttg keuangan sejak sedini mungkin. Jd mereka tahu, kalo uang itu ga jatuh begitu aja. Hrs dicari, dan setelah dpt, bukan utk dihamburin2 doang. Ada yg namanya ditabung kalo ingin membeli sesuatu :). Aku juga udh mulai kok ngajarin anak2 ku buat LBH aware ttg kegunaan uang dan manfaat menabungnya

    BalasHapus
  5. Bagus banget nih programnya, anak-anak juga harus mengenal juga nih tentang keuangan dan cara menabung dengan baik. Ini sangat bermanfaat sekali bagi para ibu untuk memperkenalkan tentang keuangan kepada anak sejak dini

    BalasHapus
  6. Suka sekali dengan cara pengajaran Cha Ching dengan animasi penjelasannya jadi gampang.

    BalasHapus
  7. Sedini mungkin anak sudah dikenalkan dengan literasi keuangan. Dan dikemas ala-ala game yang menyenangkan.

    BalasHapus
  8. Awalnya gak paham tentang Cha Ching, ternyata bentukannya Prudential ya?
    Keren nih Terobosan literasi keuangan nya, bikin anak paham dengan mudah

    BalasHapus
  9. Hebat sekali masih di usia muda belia sudah diajarkan mengenai literasi dan 4 pondasi pentingnya.

    Bermanfaat sampai dewasa nantinya.

    BalasHapus
  10. Aktifitas yang seru pastinya ya,Mba. Sejak dini anak-anak sudah diajarin untuk bisa mengelola duit jajannya juga. Penting sekali nih anak-anak diajak untuk melek literasi keuangan. Dengan konsep menyenangkan tentu anak-anak semakin semangat untuk terus belajar bersama Cha-Ching Indonesia.

    BalasHapus
  11. Memang seharusnya anak anak sedari kecil diajarkan untuk menabung, berhemat dan tidak lupa sedekah ya mbak. Agar kelak ketika dewasa tidak menjadi pribadi yang pelit dan juga sekaligus mampu mengatur keuangan

    BalasHapus
  12. Wah asyik nih... memang mengajarkan kebaikan itu harus sejak dini ya supaya bisa jadi kebiasaan kemudian menjadi karakter.

    BalasHapus
  13. Belajar tentang keuangan untuk anak-anak dengan metode Cha-Ching jadi gak terasa berat untuk dicerna ya, sehingga bisa diterapkan oleh anak-anak

    BalasHapus
  14. program ini dari prudential ya mba? bagaimana cara ikutan kegiatan ini amba see ju anak says cara ikutan kegiatannya

    BalasHapus
  15. wah ini program yg sangat menarik dan bermanfaat ya mbak
    bisa sedini mungkin mengajarkan anak untuk melek finansial
    gmn caranya klo pengen ikut program ini mbak

    BalasHapus
  16. Bagus sekali filosofi Cha-ching ini.. Aku jadi tertarik mau kenalin kurikulum ini ke anakku. Gimana caranya ya mbak untuk ikut program ini?

    BalasHapus
  17. wah menarik nih ya mba metode edukasinya via audiovisual gitu, jadi ngajarin ilmu-ilmu hidup kaya keuangan bisa sedari dini banget tuh

    BalasHapus
  18. Metode belajar yang menarik ya. Dan juga mwnghibur jadi rasanya nggak belajar hehe

    BalasHapus
  19. Ini bisa jadi media untuk mengajarkan keuangan ke si kecil dengan menyenangkan ya. Keren banget nih, cha ching band, lucu namanya ��

    BalasHapus
  20. Nah bener mbak anak tuh harus dikenalkan literasi keuangan sejak dini ya ..untung ada media Cha-Ching ini ya jadi gampang menjelaskan literasi keuangan nya

    BalasHapus