Resolusi Tahun 2020 Jaga Kesehatan, Hindari Nyeri Tulang Belakang



Hallo famz, apa kabar? Semoga selalu sehat ya.
Apa resolusi kalian di tahun 2020 ini? Yang pasti salah satu adalah selalu menjaga kesehatan ya agar kita terus bahagia dan terus memberikan kebahagiaan untuk orang orang di sekitar kita.

Bicara masalah kesehatan, aku senang banget karena di penghujung akhir tahun bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang nyeri tulang belakang dalam acara Blogger & Vlogger Gathering yang bertempat di RS. Premier Jatinegara 29 Desember 2019 kemarin.

Dengan pembicara dr. Wismaji Sadewo Sp.BS (K) membahas tentang seputar penyebab nyeri tulang belakang dan cara mengatasinya.


Penyebab Nyeri Tulang Belakang

Hampir semua orang pernah mengalami nyeri tulang belakang, biasanya nyeri tulang belakang di alami karena ketegangan otot di sebabkan  membawa beban berat, atau melakukan gerakan tiba tiba. Bisa juga karena melakukan aktivitas yang berlebihan. Penyebab lainnya adalah karena gangguan struktur tulang belakang seperti osteoporosis dsb.

 Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Pengobatan sakit tulang belakang bawah tergantung dari penyebabnya. Berikut beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan:

- Obat pereda nyeri. Misalnya paracetamol dapat membantu meringankan rasa sakit untuk jangka pendek. Selalu konsultasikan dosis dan durasi konsumsi obat ini dengan dokter. Selain itu, pereda nyeri juga bisa berupa krim atau salep yang dioles langsung di lokasi yang terasa nyeri.
Pemberian obat seperti antidepresan ataupun beberapa jenis narkotik untuk mengobati sakit tulang belakang yang sudah kronis. Namun, harus selalu dilakukan di bawah pengawasan dokter.
- Suntikan antiradang, misalnya obat jenis kortikosteroid, dapat diberikan jika sakit tulang belakang terasa menjalar hingga ke kaki dan tidak mempan dengan obat pereda nyeri yang lain. Salah satunya adalah suntikan kortison, yang akan membantu menurunkan peradangan di sekitar akar saraf sehingga membantu meringankan rasa sakit untuk sementara.
-  Operasi tulang belakang merupakan pilihan paling akhir jika pengobatan lain tidak berhasil, ataupun jika rasa sakit sangat parah sehingga penderitanya tidak dapat tidur atau beraktivitas. Prosedur operasi yang umum dilakukan yaitu discectomy (bagian dari diskus yang berada di antara tulang belakang diangkat agar diskus tidak menekan saraf tulang belakang) dan spinal fusion (dua atau lebih tulang belakang digabungkan untuk menstabilkan tulang belakang dan mengurangi nyeri). Meski demikian, tindakan operasi ini memiliki risiko komplikasi serius, seperti kerusakan saraf di sekitar area operasi atau bahkan kelumpuhan.
Selain itu, ada pula beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa sakit tulang belakang bawah, seperti yoga, renang atau akupunktur. Namun, selalu konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum menjalani metode pengobatan apapun.

Tips Menghindari Nyeri Tulang Belakang

 Beberapa cara menghindari nyeri tulang belakang seperti yang di jelaskan oleh dokter Wismaji diantara seperti :

- Saat menggunakan tas sebaiknya menggunakan tas punggung agar berat beban pada tas dapat terbagi secara merata pada tubuh, istirahat secara berkala.
- Sama seperti saat menggunakan tas, penggunaan sepatu high heels juga tidak di sarankan dalam waktu lama, lakukan streching dan relaksasi secara berkala.


- Lakukan posisi duduk yang baik apalagi ketika sedang berada di depan layar komputer, atur ketinggian kursi, posisi wajah tepat di depan komputer,posisi tubuh ergonomis, olahraga kecil/streching.
doc:himatek
-  Gunakan cara mengangkat beban dengan baik,
Tempatkan kaki dekat dengan beban.
Kemudian tekuk lutut dan pinggul (posisi jongkok),
Peganglah erat beban.
Usahakan Beban selalu dekat dengan tubuh Anda.
Angkatlah beban gunakan otot-otot yang kuat dari kaki untuk mengangkat.

RS Premier Jatinegara



Kalau nyeri tulang belakang tidak bisa di atasi sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter ahli seperti yang ada di RS. Premier Jatinegara ini, di sini juga ada layanan fisioterapi untuk gangguan sistem saraf, kardiovaskular, otot kerangka tubuh dll.


RS. Premier Jatinegara ini juga menjadi rumah sakit langganan keluarga kami, dari melahirkan sampai berobat kami selalu ke sini. Fasilitas di rumah sakit RS. Premier Jatinegara sangat baik dan selalu puas dengan pelayanannya.

Bagi yang mau berobat, pendaftaran nya pun kini semakin mudah melalui WA di nomor 08111 637 666


Komitmen terhadap peningkatan kualitas layanan ditunjukkan dengan keberhasilan RS Premier Jatinegara memperoleh berbagai sertifikasi dan penghargaan, diantaranya Akreditasi Internasional dari JCI (Joint Commision International), akreditasi Paripurna dari KARS, Sertifikasi HICMR dan Halal MUI.

Alamat RS. Premier Jatinegara :

Jl. Jatinegara Timur No.85-87, RW.2, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310

Widia Purnawita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar