Cara Bonding Bersama Anak Salah Satunya Dengan Mendongeng Sambil Merasakan #SentuhanIbu

Hallo Famz,

Bagaimana kabar keluarga di rumah? Semoga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya.

Bicara tentang sebuah harapan, apa harapanmu sebagai orang tua terhadap anak-anak jika sudah dewasa nanti ?


Pastinya setiap orang tua termasuk  aku berharap kelak anak-anak menjadi pribadi yang baik, menjadi sukses dunia dan akhirat. dan yang terpenting adalah mereka akan selalu ingat dan mendoakan orang tuanya saat hidup maupun kelak jika kita sudah tidak ada lagi di dunia ini.

Rumah menjadi sekolah pertama bagi anak-anak dimana orang tua yang berperan penting menjadi guru  bagi mereka. Stimulasi dan kasih sayang sangat mempengaruhi perkembangan anak anak hingga di masa mendatang.

Melalui kasih sayang, orang tua dapat membangun ikatan/ hubungan emosional atau bonding yang kuat sejak kecil bahkan sejak ada dalam didalam kandungan karena dengan berinteraksi dengan mereka, sesungguhnya ada stimulasi/ rangsangan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak anak.

Dengan ikatan yang baik yang terjalin antara orang tua dan anak, manfaat nya sangat berkepanjangan sampai dewasa, anak anak jadi tumbuh rasa percaya diri, merasa aman dan nyaman terhadap orang tua nya.

Banyak hal yang bisa di lakukan untuk melakukan bonding bersama anak misalnya seperti mengajaknya bicara sejak dalam kandungan dengan sentuhan kasih sayang,  menyusui langsung dari payudara ibu sambil menatapnya dengan penuh kasih sayang, mandi  bersama, membaca buku bersama, mendongeng dan lain-lain.

Menstimulasi Imajinasi Anak Melalui Mendongeng 

Mendongeng menjadi salah satu cara yang baik untuk mempererat ikatan antara orang tua dan anak dengan mendongeng tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan kemampuan otak namun juga dapat mempererat ikatan emosi yang hangat dan menyenangkan.


Dalam kelas dongeng bersama Nivea yang aku hadiri di DLabs Co Hive tanggal 1 November 2019 kemarin sangat memberikan manfaat kepada aku sebagai orangtua agar dapat menciptakan momen-momen bonding bersama anak-anak melalui mendongeng.

Di kelas dongeng NIVEA #SentuhanIbu2019 kali ini ada kedatangan psikolog mama Vera Itabiliana, .Psi , Kak Aio yang sudah terkenal dengan komunitas nya Ayo Dongeng Indonesia, juga mba Brigitta Dewi Priscilla sebagai Brand Executive NIVEA Body and Creme. Mereka berbagi tips dan trik mendongeng untuk perkembangan anak.

Mama Vera bilang bahwa ibu sangat berperan penting sebagai pendamping yang membantu anak meningkatkan daya imajinasi nya, dengan berimajinasi bersama anak saat  mendongeng ibu dapat membangun komunikasi dan kedekatan dengan anak.

Selain itu, ibu juga bisa memanfaatkan kegiatan mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai positif sehingga dapat membantu membentuk karakter anak di masa depan.

Anak yang memiliki daya imajinasi tinggi dapat tumbuh menjadi sosok yang easy going, ekspresif, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik, memiliki banyak ide serta memiliki konsep diri yang lebih positif.

Kak Aio juga menambahkan bahwa tidak perlu khawatir jika tidak bisa mendongeng dengan suara karakter yang berbeda beda, jangan takut jelek ketika sedang bercerita, cukup lakukan saja karena apapun yang di cerita kan oleh ibu itu adalah sesuatu yang luar biasa bagi anak apapun ceritanya.

Hal yang terpenting yang bisa di ambil adalah dengan mendongeng akan menciptakan pengalaman bersama dengan jarak 0 dan sentuhan yang baik seperti sambil mengelus kepalanya, sambil berada di pangkuan ibu, dapat menciptakan rasa nyaman dan tenang ketika ayah atau ibu sedang bercerita.

#SentuhanIbu 2019

Pasti udah pada tahu dong sama produk NIVEA Body and Creme, krim keluarga ini sudah di perkenalkan oleh mama ku sejak aku masih SD di tahun 90an yang merawat kelembaban kulit seluruh keluarga. Dan aku ingat banget, mama suka pakaikan  krim NIVEA ini kalau aku mau berangkat sekolah atau suka di bawain kalau lagi ada les renang  😄😄. Dan saat  remaja aku ingat banget sama artis Jihan Fahira yang jadi ikon NIVEA saat itu. 

Hingga kini aku berkeluarga dan memiliki anak, NIVEA masih eksis dan hadir di tengah keluarga.

Dan yang lebih senang nya NIVEA selalu mengadakan program yang sangat peduli terhadap keluarga seperti saat ini NIVEA kampanye #SentuhanIbu 2019 setelah sebelumnya juga pernah di lakukan kegiatan #SentuhanIbu 2018.

Di kegiatan #SentuhanIbu 2019 ini NIVEA berinisiatif untuk para ibu di Indonesia dalam mempererat ikatan dengan buah hati mereka melalui kelas dongeng yang melibatkan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Dengan kegiatan ini NIVEA ingin membantu para ibu dalam mendongeng untuk anak nya dengan cara memberikan kiat-kiat praktis untuk diterapkan di rumah.

Mba Brigitta mengatakan kalau saat mendongeng para ibu juga disarankan tidak sekedar membaca cerita saja melainkan juga memberikan stimulasi berupa sentuhan lembut pada anak, karena sentuhan dapat memberikan rasa nyaman dan menyenangkan bagi buah hati yang juga percaya pada kekuatan sentuhan pun ingin mengajak para ibu di Indonesia dalam memaksimalkan rutinitas perawatan kulit untuk memperkuat ikatan dengan buah hati misalnya dengan menggunakan Nivea Creme Tin sebagai bagian dari aktivitas mendongeng.

Nivea Creme Tin merupakan pelembab iconic dari Nivea yang diperkaya dengan Eucerit yang berfungsi melindungi kulit menjadikannya tetap lembab serta memberikan sensasi kelembutan layaknya sentuhan yang diberikan oleh ibu.

Sebagai pelembab harian kulit wajah dan tubuh, Nivea krim telah diuji secara dermatologis aman untuk orang dewasa serta anak-anak.

Program #SentuhanIbu akan berkelanjutan di beberapa tempat:
-Tanggal 2-3 November 2019 Nivea berpartisipasi dalam acara Festival Dongeng Indonesia 2019 di Museum Nasional ( Museum Gajah).

- Terrace Senayan

- Tanggal 20-22 Desember 2019 akan ada aktivitas menarik bertempat di Ancol dalam rangka memperingati hari ibu.

Jadi para bunda jangan sampai kelewatan ya mengikuti berbagai aktivitas dari program #SentuhanIbu persembahan Nivea dan tunggu keseruan nya!

Momen momen indah masa kecil tidak bisa di ulang kembali, mari ciptakan suasana hangat untuk anak anak kita setiap saat melalui bonding yang menyenangkan seperti mendongeng. 




Widia Purnawita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar