MORIGRO : Rahasia Anak Makan Lahap


Setiap orang tua yang memiliki anak pastinya ingin anaknya selalu bahagia, tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usianya. Termasuk saya sebagai ibu akan selalu berusaha dan memastikan si kecil selalu sehat serta mendapatkan stimulasi yang cukup dan kasih sayang yang berlimpah. 

Tapi terkadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan ya, dalam praktek nya ada banyak tantangan dan rintangan saat mengasuh si kecil.

Salah satu permasalahan yang sering kita hadapi adalah masalah makan pada anak atau bisa disebut feeding dificulties.



Beberapa masalah yang pernah aku hadapi ketika si kecil mengalami masalah makan yaitu biasanya saat ia sedang sariawan, mau tumbuh gigi, diare, demam. Di saat itulah aku agak panik menghadapi si kecil yang sulit makan sedangkan asupan makanan harus masuk agar si kecil tetap sehat. 

Beruntung nya aku kemarin tanggal 18 Juli 2023 bertempat di Habitate, Kuningan Jakarta Selatan, aku dapat bertemu dengan para expert langsung yang membahas masalah makan pada anak dari sisi ilmu kedokteran.
 




Hadir Prof. dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D, Pakar Gastrohepatologi, ada dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH, Dokter Tumbuh Kembang Anak RSCM dan hadir pula mba Vera Itabiliana S. Psi, Psikolog Anak di
Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia untuk menjelaskan dari sisi psikologis. 


Prof. Hegar menyampaikan bahwa masalah makan pada anak perlu menjadi perhatian karena dapat berdampak pada terganggunya
pertumbuhan. “Konsumsi zat nutrisi yang tidak optimal, perkembangan juga terganggu,
dan mempengaruhi emosinya. 

Istilah yang sering dipakai dan penerapannya pada masalah makan juga bervariasi, bahkan kadang tidak konsisten. Ada yang menyebutnya sebagai kesulitan makan, picky eater, selective eater, dan beberapa istilah lainnya.

“Kejadiannya bervariasi bergantung istilah dan umur yang digunakan, secara umum berkisar 20-70% pada anak usia di bawah 5 tahun. Meskipun sebagaian besar disebabkan non organik, sebagai dokter dan orang tua perlu mewaspadai adanya alarm symptoms penyakit organik pada 20-30% anak dengan masalah makan,” ungkap Prof. Hegar lebih jauh.

Beberapa kelainan organik yang menyebabkan masalah makan pada anak:

1. Gangguan saluran cerna penyakit refluks gastroesofagus (PRGE), kolik infantil, infeksi
saluran cerna.

2. Alergi makanan terutama terhadap protein susu sapi, atau bahan
makanan lainnya seperti gluten pada penyakit seliak. 

3. Gangguan perkembangan motorik dan sensorik juga memengaruhi kemauan makan, kesulitan mengunyah dan menelan makanan. Sebaiknya secara berkala kita mengevaluasi kemungkinan adanya kelainan organik pada anak yang belum memberikan respon terhadap tata laksana yang diberikan, minimal setiap 3 bulan. Tidak jarang kelainan organ yang tidak tertata laksana dengan maksimal, menyebabkan gangguan mind-set anak yang meninggalkan trauma terhadap makanan, sehingga meski kelainan organik telah teratasi, anak tetap mengalami masalah makan, menolak makanan yang diberikan,” papar Prof. Hegar.

Dampak anak susah makan juga bisa digali dari perspektif tumbuh kembang.

Anak yang susah makan berisiko mengalami malnutrisi yang berdampak pada tumbuh kembangnya termasuk melemahnya sistem imunitas. Akibatnya anak mudah terinfeksi dan
memperburuk malnutrisi. Malnutrisi juga dapat menyebabkan pertumbuhan otak tidak
optimal sehingga daya pikir pada anak lebih lambat.
Dokter Bernie menjelaskan agar terhindar dari risiko malnutrisi, beberapa hal harus diperhatikan orangtua terkait pola makan anak. “Anak dapat mengalami malnutrisi yang ringan hingga
feeding difficulties yang sangat ekstrem dan menyebabkan defisiensi gizi yang signifikan.
Defisiensi gizi akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, pertumbuhan
fisik, fungsi kognitif otak, motorik, fungsi fisiologis dan perubahan respon imun.



Hal yang paling penting dilakukan orang tua dalam situasi ini adalah segera berkonsultasi dengan
dokter, jadi bisa ditentukan prioritas penanganan dan tata laksananya,” jelas dr. Bernie.

Morigro menjawab kebutuhan orang tua agar anak makan lahap serta tumbuh kembang optimal

Masih dalam suasana Hari Anak Nasional di bulan Juli ini, dengan mengangkat tema "Anak
Terlindungi, Indonesia Maju" PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui brand yang peduli pada kesehatan dan tumbuh kembang anak Morinaga memahami permasalahan yang dihadapi orang tua saat harus memberikan makanan bergizi pada anak.
Untuk itu Morinaga meluncurkan varian baru Morinaga Morigro yang bertujuan membantu melindungi dan mengoptimalkan nutrisi anak, sehingga tumbuh kembangnya tidak terganggu karena susah makan.


Di kesempatan yang sama, turut hadir dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals yang lmenyatakan bahwa masalah makan (feeding difficulties) sendiri memiliki bentuk, jenis, dan gejala yang bermacam-macam. ”Misalnya ada anak seperti anak tidak/kurang nafsu makan, anak yang pilih-pilih jenis makan, dan anak yang maunya jenis makanan tertentu (picky eaters), anak yang tidak mau makan sama sekali atau makannya sedikit, anak yang tidak bisa menelan makanan karena berbagai sebab.

Penyebab masalah makan sendiri disebutkan
memang paling banyak karena faktor psikologis, pola asuh, ataupun karena makanan itu sendiri. Hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja tetapi harus diperhatikan red flags karena gangguan organik seperti anak sakit, demam, gusi bengkak, sakit menelan, mual muntah, dan gangguan saluran cerna serta penyakit lain seperti gangguan motorik dan sensorik di area mulut sampai ke pencernaan.

Tentu, masalah makan ini harus diatasi dengan mengobati masalah organisnya, psikologis, dan nutrisinya agar tumbuh kembang anak bisa optimal,”
papar dr. Muliaman Mansyur.

Besarnya dampak feeding difficulties, mendorong Morinaga Morigro, susu formula untuk anak usia 1 tahun ke atas untuk berusaha memenuhi kebutuhan utama anak di masa pertumbuhan, sambil berupaya mengatasi penyebab perilaku picky eating tersebut.

Manfaat Susu Bagi Pertumbuhan 

Susu pertumbuhan mengandung beragam nutrisi penting, seperti protein untuk membentuk sel-sel tubuh, kalsium untuk memperkuat tulang, dan omega-3 untuk menjaga daya tahan. Untuk itu aku juga memberikan Morigro untuk si kecil sebagai susu penambah berat badan anak 1 3 tahun dengan kandungan susu yang baik untuk tumbuh kembang nya. 

Kandungan Susu Morinaga Morigro

Dengan formula GROMAX yang diperkaya minyak ikan, Probiotik BB536 dan serat FOS dan tinggi kalsium



Morinaga Morigro membantu mengoptimalkan nutrisi, sehingga anak akan makan lahap dan
tumbuh maksimal. 

Kandungan minyak ikan pada formula GROMAX dapat membantu anak bisa mencapai berat dan tinggi badan ideal, serta berfungsi sebagai booster nafsu makan.
Probiotik BB536 dan Prebiotik serat FOS untuk menjaga imunitasnya, 
serta tinggi vitamin A, C, E dan Zinc. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Morinaga Morigro juga dilengkapi kandungan tinggi kalsium, Vitamin D, 14 vitamin dan 9 mineral serta lebih rendah gula.

Minyak ikan adalah sumber yang kaya akan asam lemak omega-3, terutama asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Manfaatnya meningkatkan kesehatan pencernaan.
Asam lemak omega-3 akan membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan nutrisi. Selain itu, mengurangi peradangan: sifat anti inflamasi yang kuat, terutama karena kandungan asam lemak omega-3, seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic), sehingga jika anak mengalami peradangan yang membuat malas makan, bisa segera diatasi juga.



Selanjutnya, meningkatkan kesehatan mental: menjaga kesehatan otak dan fungsi mental yang optimal, serta meningkatkan status nutrisi karena mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin D dan vitamin A.

Oleh karena itu, minyak ikan menjadi salah satu komponen terpenting Morinaga Morigro.



“Morinaga Morigro, terbuat dari bahan pilihan, dirancang untuk mengatasi salah satu tantangan utama yang sering dialami orang tua yang berjuang mendorong nafsu makan anak yang sehat dan menghadapi kesulitan memenuhi nutrisi saat anak berada di fase susah makan di Indonesia. Dengan keunggulannya, Morinaga Morigro memberikan solusi untuk
bantu orang tua mengatasi masalah anak susah makan. 



Peran Nutrisi Morigro Terhadap Tumbuh Kembang Optimal Anak

1. Sebagai sumber/melengkapi nutrisi pada anak (terutama anak aktif) 
2.Membantu Daya Tahan Tubuh Anak
3.Membantu Pertumbuhan Optimal (tinggi badan) dan Berat badan optimal
4.Membantu Daya Tahan Tubuh Anak 5. Membantu perkembangan Optimal termasuk otak (kecerdasan)


Tips Menumbuhkan Kebiasaan Makan Yang Baik

√ Membuat aturan makan yang konsisten: jam makan, tempat makan, dil.

√ Tidak sambil menonton/menggunakan gadget. Memberikan makan anak dengan interval 3-4 jam untuk mendorong nafsu makan & hindari
makanan ringan/minuman di antara waktu makan.



√ Ibu/pengasuh berusaha bersikap netral yang menyenangkan: regulasi emosi & tampilkan tersenyum.

√ Batasi durasi waktu makan tidak lebih dari 20-30 menit. Menyajikan makanan sesuai usia, sesuai dengan perkembangan motorik mulut anak & menggunakan ukuran porsi kecil yang wajar Secara sistematis memperkenalkan makanan baru salu per satu & ditawarkan berulang 5-15 kali percobaan, sebelum menyerah. Untuk anak yang lebih besar, bisa terapkan "one bite rule".

√ Memberi kesempatan makan secara mandiri pada balita, sediakan alat makan sendiri.

√ Siap melihat situasi makan berantakan & tidak menyeka mulut dengan serbet setiap kali anak makan 

√ Ada momen makan bersama keluarga yang rutin

Susu Morigro tersedia dalam 2 varian rasa yaitu Morigro Vanilla & Morigro Madu. 

Morigro sangat bermanfaat sebagai susu anak pertumbuhan 1 tahun , apalagi Anjeli saat ini usia 3 tahun dan pas banget sebagai susu penambah nafsu makan anak & susu penambah berat badan anak. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap serta berbagai tips menarik lainnya, kunjungi
Instagram :  @morigroid dan 

Widia Purnawita

4 komentar:

  1. Antangin dapat mengatasi masuk angin,meriang,mual,perut kembung,sakit kepala,dan kelelahan

    BalasHapus
  2. antangin bikin anak jadi lahap #messigoat

    BalasHapus
  3. Susu mogrigro bagus untuk anak dan sehat untuk di komsumsi

    BalasHapus
  4. Anak-anak jadi lebih lahap lagi ya mbak makannya semenjak minum susu Morinaga Morigro. jadinya kita sebagai seorang ibu gak khawatir lagi kalau dia susah makan.

    BalasHapus