Cegah Penyakit Stroke, Terapkan Perilaku CERDIK

Infografis: P2PTMKemenkesRI


Adakah orang terdekat dari kalian yang mengalami stroke? Kalau ada, berarti pengalaman yang sama seperti aku dimana ibu mertua ku dan juga ada tetangga yang mengalami penyakit stroke ini.

Data WSO (World Stroke Organization tahun 2022 menunjukkan:

⚫ 12,2 Juta orang diperkirakan akan terkena stroke, dan 6,5 juta diantaranya diperkirakan akan meninggal dunia

⚫ 1 dari 4 Orang berusia 25 tahun berisiko terkena stroke

⚫ Insiden stroke tertinggi pada usia 50-69 tahun (44%); disusul oleh usia 70 tahun (40%); namun kejadian stroke pada usia <50 tahun juga cukup tinggi mencapai 16%

Angka yang cukup tinggi dan bikin ngeri ya. 



Memperingati Hari Stroke Sedunia setiap tanggal 29 Oktober, saya senang sekali dapat berkesempatan menggali informasi tentang stroke agar lebih aware dan selalu menjaga kesehatan. Informasi yang ku dapat ini langsung dari narasumber yaitu ada :

- Bapak Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI

- Pak Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu DHSM MARS, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI

- dr. Mursyid Bustami Sp S(K), KIC, MARS Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON)


Stroke merupakan bagian dari penyakit kardioserebrovaskular yang digolongkan ke dalam penyakit katastropik karena mempunyai dampak luas secara ekonomi dan sosial. 

Di tahun 2022 ini Hari Stroke Sedunia secara global mengusung tema "The power of saving #Precioustime dan tema Nasional, "Setiap Menit Berharga, SeGeRa Ke RS, ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gejala stroke dan pentingnya bertindak CEPAT serta bagaimana tindakan itu dapat meningkatkan kualitas hidup penyandang stroke karena saat seseorang terkena stroke, setiap detik yang bertalu menjadi sangat berharga. 

Kenali Gejala Stroke

Gejala stroke apa saja ya? Yuk kenali tanda tandanya :

  1. Senyum tidak simetris
  2. Gerak separuh anggota tubuh melemah tiba tiba
  3. Bicara pelo
  4. Kebas atau baal separuh tubuh
  5. Rabun/pandangan mata kabur tiba-tiba
  6. Sakit kepala hebat yang muncul tiba-tiba

Jika keluarga terdekat, tetangga atau kalian mengalami sebagian atau seluruh gejala diatas (InsyaAllah jangan sampai ya, semoga sehat sehat selalu) segera pergi ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang cepat, karena 1 menit sangat berharga untuk kualitas hidup penderita setelah nya. 


Penyebab Stroke

Stroke terjadi apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah. Akibatnya sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan sehingga mengalami kematian sel atau jaringan. 

Jika terkena stroke akan terjadi penurunan kualitas hidup juga status kesehatan karena mengalami kecacatan hingga kematian sesuai tingkatan stroke yang diderita.

Selain itu akan ada beban tambahan bagi keluarga dalam biaya kesehatan yang tentunya tidak sedikit, tenaga dan juga pikiran pun ikut terkuras dan menjadi beban biaya yang juga harus ditanggung negara.

Ada faktor resiko yang menyebabkan penyakit stroke seperti hipertensi, gula darah tinggi, merokok, diet yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik dll. Harus kita cegah ya biar sehat selalu. 

Ada beberapa faktor resiko stroke yang tidak bisa di cegah seperti ras, jenis kelamin, usia dan genetik. 

Tetapi ada juga faktor resiko yang bisa kita cegah agar terhindar dari stroke seperti :



  • Menjaga pola makan sehat
  • Perhatikan asupan GGL (Gula Garam Lemak) per hari
  • Berhenti merokok
  • Tidak konsumsi alkohol
  • Olahraga 
  • Rutin cek kesehatan, manfaatkan kesempatan untuk datang ke posbindu terdekat gratis saat ini untuk kontrol tekanan darah, cek gula, kolesterol serta mendapatkan informasi kesehatan dari tenaga kesehatan disana


Dan tak lupa untuk selalu menerapkan perilaku CERDIK dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

Cek kesehatan secara berkala
Enyahkan asap rokok
Rajin aktivitas fisik
Diet seimbang
Istirahat cukup
Kelola stres

Semoga kita selalu diberi kesehatan ya. 





Widia Purnawita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar