Bolehkah Ibu Tetap Menyusui Saat Positif Covid-19?

Bulan Agustus selain kita merayakan hari kemerdekaan Indonesia, dibulan ini kita juga merayakan pekan ASI sedunia setiap tanggal 1-7 Agustus.

Sebagai seorang ibu menyusui, menjadi tantangan tersendiri ketika masih berada di dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

Apalagi kalau mendengar kabar teman ataupun kerabat yang positif covid 19 terutama teman yang sedang hamil ataupun menyusui, rasanya sedih banget.

Dan aku pun menjadi bertanya tanya apakah akan menularkan ke janin ataupun bayi? sedangkan bayi sedang membutuhkan nutrisi ASI dari ibunya.

Dan pertanyaan aku ini dapat jawabannya nih dari Dokter waktu nonton live Philips Avent x Shopee Moms Club sabtu, 7 Agustus 2021 kemarin.



Bagaimana jika ibu menyusui terkena Covid-19? Apakah masih tetap boleh menyusui?


Banyak ibu yang positif Covid-19 khawatir untuk menyusui karena takut menularkan ke anaknya yang negatif.

Kata Dokter Andre walaupun bayi negatif ibu tetap boleh menyusui namun dengan syarat ibu yang terkena covid tanpa gejala atau dengan gejala ringan.



Virus Covid-19 tidak menular melalui ASI, Virus Covid-19 hanya menular melalui percikan air liur.

ASI tidak dapat tergantikan oleh makanan apapun, ASI memberikan nutrisi untuk bayi dan nutrisi dari ASI dapat melawan virus.

Menyusui secara langsung maupun dengan pumping dapat dilakukan asalkan dengan menjalankan protokol kesehatan.

- Cuci tangan sebelum melakukan aktivitas

- Pakai masker

- Boleh pakai sarung tangan

- Sterilkan semua peralatan pumping

- Jika ibu merasakan tidak enak badan mintalah bantuan.


Tips Agar Produksi ASI Tetap Lancar

1. Sering mengosongkan ASI, semakin ASI kosong, ASI semakin diproduksi kembali. 

Ketika menyusui sebelah kiri, sebelah kanan ASI ikut mengalir, nah jangan sia siakan, segera pompa ASI .

2. Menjaga asupan nutrisi, makan makanan enak dan bergizi.

3. Istirahat yang cukup, kolaborasi ibu dan ayah juga sangat penting. jangan sampai ibu kelelahan begadang karena bayi.

4.  Bahagia

Cara Menyimpan dan Menggunakan ASI Perah

Lama penyimpanan :

Kulkas Freezer Full : 6 bulan

Kulkas 2 pintu : 3 bulan

Kulkas biasa : 6 hari

Cara mengeluarkan ASI dari freezer jangan langsung di gunakan tetapi suhu di normal kan secara perlahan yaitu setelah dari freezer dipindahkan dahulu ke chiller 1x24 jam baru bisa langsung digunakan dengan di rendam air hangat.

Tentang Pompa ASI

Philips Avent menyediakan pompa ASI dengan model manual, single electric dan double electric dengan bantalan pijat yang empuk membuat proses pumping menjadi lebih nyaman dan ASI lancar masuk ke dalam botol tanpa tumpah.

Semangat Ya Ibu Menyusui.













Widia Purnawita

1 komentar:

  1. In addition to the above, Slots.LV Casino additionally presents 코인카지노 broad variety|all kinds} of bonuses and promotions to maintain gamers coming again for more. New gamers can take advantage of|benefit from|reap the benefits of} the welcome bonus, which presents a lot as} C$7,500 in bonus money when making the first few deposits. There are additionally common reload bonuses available, nicely as|in addition to} special promotions that change on a month-to-month basis. VIP gamers can get pleasure from much more perks, such as exclusive bonuses and invitations to special events. JackpotCity, licensed by the Malta Gaming Authority, additionally presents a wide range|a variety} of slots.

    BalasHapus