Gerakan Tangan ABC: Panduan Protokol Kesehatan Untuk Si Kecil



Halo semua, apa kabarnya? Semoga sehat selalu.

Bulan Juni-Juli ini bulannya para orang tua yang sibuk dengan urusan sekolah termasuk juga aku yang mulai mendaftarkan Lala ke Sekolah Dasar dan Adib ke TK melalui sistem pendaftaran online.

Walau saat pandemi ini kita sudah berada di masa New Normal, tapi saat ini masih belum ada instruksi kegiatan belajar mengajar di sekolah, perkenalan sekolah dan guru  juga para murid akan diadakan secara daring. 

Data resmi IDAI pada anak 0-17 tahun per 18 Mei 2020, menyebutkan 584 anak dinyatakan positif mengidap Covid-19 dan 14 anak di antaranya meninggal dunia. Sementara hingga 15 Juni lalu, telah mencapai 3.064 anak dan terdapat 28 anak yang meninggal dunia.

Demi meredam penyebarannya pada anak di masa transisi new normal ini sejumlah panduan dan protokol kesehatan pun telah disosialisasikan oleh Pemerintah dan IDAI.

Sebagai orang tua kita pun harus bersiap siap untuk mengedukasi si kecil tentang panduan protokol kesehatan ketika berada di luar rumah. Karena tidak menutup kemungkinan juga jika sewaktu-waktu pihak sekolah menginstruksikan untuk melakukan tatap muka dan kegiatan belajar di sekolah.

Panduan Protokol Kesehatan Untuk Si Kecil Yang Mudah Di Ingat

Ajak anak anak melakukan #GerakanTanganABC ;

A-ku jaga jarak aman

B-awa dan pakai masker

C-uci tangan pakai sabun

Dan selalu minum vitamin.

Ajakan #GerakanTanganABC merupakan komitmen dari Sakatonik ABC sebagai brand Multivitamin anak untuk mendukung anak Indonesia agar tetap aktif dan berdaya tahan tubuh kuat.

Ajak anak membentuk huruf A dengan kedua telapak tangan nya.
A berarti Aku jaga jarak aman sejauh 1 meter dengan  orang lain ketika berada di luar rumah 

Cara eksploratif ini dapat terus diterapkan anak ketika menjalani masa transisi new normal dan sekaligus mengajak anak untuk melindungi tubuhnya baik dari luar maupun dari dalam. Hal ini di jelaskan langsung oleh Ibu Feni Herawati selaku Director of Kalbe Consumer Health.

Dirinya menambahkan, #GerakanTanganABC bagi anak ini merupakan gerakan tangan yang menyenangkan di pandu dengan video dan disertai iringan musik sehingga anak dapat dengan mudah mengaplikasikannya dalam keseharian mereka.

Kepal kedua tangan lalu susun membentuk huruf B
B artinya Bawa dan pakai masker saat ingin keluar rumah


Sementara dr. Margareta Komalasari, Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak dan Anggota IDAI Jaya, ikut mengamini bahwa pentingnya melindungi kesehatan anak di masa transisi new normal ini yaitu mempersiapkan tubuh mereka dengan perlindungan dari luar dan dalam sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh IDAI. 

Menurutnya menjaga kesehatan dari luar tubuh anak dapat didukung juga oleh orang tua untuk terus mengingatkan anaknya agar tetap menjaga jarak, selalu disiplin memakai masker dan juga rajin mencuci tangan. “Selain itu, tetap aktif bergerak selama minimal satu jam per hari dan tetap berjemur adalah kegiatan yang sangat dianjurkan. Kebiasaan kurang aktif bergerak, jarang berolahraga dan juga jarang berjemur pada anak akan terbawa hingga mereka dewasa. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan timbul berbagai penyakit pada anak,” sambungnya lagi.

Bentuk huruf C dengan jari
C berarti Cuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah beraktivitas atau memegang benda

Disamping itu, tuturnya, tubuh anak membutuhkan dukungan perlindungan dari dalam tubuh yakni dengan cara memberikan asupan nutrisi lengkap dan bergizi disertai pemenuhan multivitamin yang cukup untuk menjaga pola keseimbangan nutrisi anak. Sehingga anak dapat tetap aktif bergerak dalam kesehariannya.


Perlindungan Tubuh Anak Dari Dalam Lewat #GerakanTanganABC


Medical Manager of Kalbe Consumer Health, dr. Helmin Agustina Silalahi mengatakan, #GerakanTanganABC salah satunya juga mengajak anak untuk  melindungi tubuhnya dari dalam dengan memastikan mereka memiliki asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang.
Bentuk huruf D : jari kanan membentuk huruf C,dan jari kiri membentuk angka 1 atau tegak lurus lalu di gabungkan keduanya.
D artinya Dan selalu minum Vitamin

“Karena kandungan dari Sakatonik ABC ini sangat baik untuk mendukung pemenuhan multivitamin kompleks mulai dari vitamin A hingga vitamin E bagi anak Indonesia, agar mereka dapat tetap aktif bergerak dan berdaya tahan tubuh kuat, juga menjaga kesehatan di masa transisi new normal ini. Sakatonik ABC juga mengandung Vitamin C untuk memenuhi kebutuhan harian,” ujarnya lagi.


Tentang Sakatonik ABC

Sakatonik ABC merupakan multivitamin anak untuk tumbuh sehat yang memiliki dua varian dalam bentuk tablet dan juga gummy. Sakatonik ABC tablet sebagai multivitamin dengan kandungan vitamin lengkap yang disukai anak dengan bentuk alfabet dan benda langit yang edukatif serta memiliki 4 varian rasa enak seperti anggur, jeruk, stroberi, dan antariksa (rasa tutty fruity). Sakatonik ABC tablet ini berfungsi untuk menjaga kesehatan anak, menjaga daya tahan tubuh anak, serta membantu pemulihan kondisi anak setelah sakit. Sakatonik ABC tablet ini dapat dikonsumsi anak setiap hari dengan dosis 3 kali sehari 1 tablet hisap.


Varian kedua, Sakatonik ABC Gummy sebagai multivitamin anak gummy yang mengandung kandungan buah dan sayur dengan bentuk beruang dan memiliki 4 varian rasa dalam 1 kemasan, seperti rasa apel, stroberi, anggur, dan jeruk. Dalam satu kemasan, Sakatonik ABC Gummy mengandung sumber serat dan tinggi Vitamin C sehingga varian dari Sakatonik ABC Gummy ini sangat cocok diberikan untuk anak-anak, apalagi jika mereka tidak suka makan buah dan sayur. Sakatonik ABC Gummy berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh anak. Sakatonik ABC Gummy ini dapat dikonsumsi anak setiap harinya dengan dosis 1 sachet perhari.

Untuk Aktivitas #GerakanTanganABC dan informasi lebih lanjut silakan kunjungi:

Facebook: https://www.facebook.com/SakatonikAbc.id/

Instagram: https://www.instagram.com/sakatonikabc.id/

Website: https://www.kalbe.co.id/id/produk-detil/ArtMID/706/ArticleID/756/Sakatonik-ABC



Widia Purnawita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar