Langsung ke konten utama

Resolusi Tahun 2020 Jaga Kesehatan, Hindari Nyeri Tulang Belakang



Hallo famz, apa kabar? Semoga selalu sehat ya.
Apa resolusi kalian di tahun 2020 ini? Yang pasti salah satu adalah selalu menjaga kesehatan ya agar kita terus bahagia dan terus memberikan kebahagiaan untuk orang orang di sekitar kita.

Bicara masalah kesehatan, aku senang banget karena di penghujung akhir tahun bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang nyeri tulang belakang dalam acara Blogger & Vlogger Gathering yang bertempat di RS. Premier Jatinegara 29 Desember 2019 kemarin.

Dengan pembicara dr. Wismaji Sadewo Sp.BS (K) membahas tentang seputar penyebab nyeri tulang belakang dan cara mengatasinya.


Penyebab Nyeri Tulang Belakang

Hampir semua orang pernah mengalami nyeri tulang belakang, biasanya nyeri tulang belakang di alami karena ketegangan otot di sebabkan  membawa beban berat, atau melakukan gerakan tiba tiba. Bisa juga karena melakukan aktivitas yang berlebihan. Penyebab lainnya adalah karena gangguan struktur tulang belakang seperti osteoporosis dsb.

 Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Pengobatan sakit tulang belakang bawah tergantung dari penyebabnya. Berikut beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan:

- Obat pereda nyeri. Misalnya paracetamol dapat membantu meringankan rasa sakit untuk jangka pendek. Selalu konsultasikan dosis dan durasi konsumsi obat ini dengan dokter. Selain itu, pereda nyeri juga bisa berupa krim atau salep yang dioles langsung di lokasi yang terasa nyeri.
Pemberian obat seperti antidepresan ataupun beberapa jenis narkotik untuk mengobati sakit tulang belakang yang sudah kronis. Namun, harus selalu dilakukan di bawah pengawasan dokter.
- Suntikan antiradang, misalnya obat jenis kortikosteroid, dapat diberikan jika sakit tulang belakang terasa menjalar hingga ke kaki dan tidak mempan dengan obat pereda nyeri yang lain. Salah satunya adalah suntikan kortison, yang akan membantu menurunkan peradangan di sekitar akar saraf sehingga membantu meringankan rasa sakit untuk sementara.
-  Operasi tulang belakang merupakan pilihan paling akhir jika pengobatan lain tidak berhasil, ataupun jika rasa sakit sangat parah sehingga penderitanya tidak dapat tidur atau beraktivitas. Prosedur operasi yang umum dilakukan yaitu discectomy (bagian dari diskus yang berada di antara tulang belakang diangkat agar diskus tidak menekan saraf tulang belakang) dan spinal fusion (dua atau lebih tulang belakang digabungkan untuk menstabilkan tulang belakang dan mengurangi nyeri). Meski demikian, tindakan operasi ini memiliki risiko komplikasi serius, seperti kerusakan saraf di sekitar area operasi atau bahkan kelumpuhan.
Selain itu, ada pula beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa sakit tulang belakang bawah, seperti yoga, renang atau akupunktur. Namun, selalu konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum menjalani metode pengobatan apapun.

Tips Menghindari Nyeri Tulang Belakang

 Beberapa cara menghindari nyeri tulang belakang seperti yang di jelaskan oleh dokter Wismaji diantara seperti :

- Saat menggunakan tas sebaiknya menggunakan tas punggung agar berat beban pada tas dapat terbagi secara merata pada tubuh, istirahat secara berkala.
- Sama seperti saat menggunakan tas, penggunaan sepatu high heels juga tidak di sarankan dalam waktu lama, lakukan streching dan relaksasi secara berkala.


- Lakukan posisi duduk yang baik apalagi ketika sedang berada di depan layar komputer, atur ketinggian kursi, posisi wajah tepat di depan komputer,posisi tubuh ergonomis, olahraga kecil/streching.
doc:himatek
-  Gunakan cara mengangkat beban dengan baik,
Tempatkan kaki dekat dengan beban.
Kemudian tekuk lutut dan pinggul (posisi jongkok),
Peganglah erat beban.
Usahakan Beban selalu dekat dengan tubuh Anda.
Angkatlah beban gunakan otot-otot yang kuat dari kaki untuk mengangkat.

RS Premier Jatinegara



Kalau nyeri tulang belakang tidak bisa di atasi sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter ahli seperti yang ada di RS. Premier Jatinegara ini, di sini juga ada layanan fisioterapi untuk gangguan sistem saraf, kardiovaskular, otot kerangka tubuh dll.


RS. Premier Jatinegara ini juga menjadi rumah sakit langganan keluarga kami, dari melahirkan sampai berobat kami selalu ke sini. Fasilitas di rumah sakit RS. Premier Jatinegara sangat baik dan selalu puas dengan pelayanannya.

Bagi yang mau berobat, pendaftaran nya pun kini semakin mudah melalui WA di nomor 08111 637 666


Komitmen terhadap peningkatan kualitas layanan ditunjukkan dengan keberhasilan RS Premier Jatinegara memperoleh berbagai sertifikasi dan penghargaan, diantaranya Akreditasi Internasional dari JCI (Joint Commision International), akreditasi Paripurna dari KARS, Sertifikasi HICMR dan Halal MUI.

Alamat RS. Premier Jatinegara :

Jl. Jatinegara Timur No.85-87, RW.2, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Tes Alergi Susu Sapi Di Rumah

Memiliki anak adalah anugerah yang terindah yang dimiliki setiap orangtua. Sebagai orangtua pastinya ingin selalu melihat tumbuh kembangnya setiap saat, melihat anak tumbuh sehat dan berkembang sesuai usianya adalah dambaan para orangtua termasuk aku, hanya satu hal yang membuat orangtua sedih itu kalau tiba tiba si kecil punya masalah kesehatan seperti demam,flu, masalah pencernaan seperti diare, masalah BAB dsb.

Dalam kesempatan kali ini aku mau kasih info tentang masalah pencernaan dan alergi anak karena beberapa minggu yang lalu tepatnya tanggal 19 Juni 2017 aku dapat pengetahuan baru yang membahas tentang hal tersebut dalam sebuah talkshow ringan bertema

Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi "

Bertempat di Tanamera Cuisine Kebayoran Baru Jakarta Selatan hadir DR. Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) Bapak M.Nuh Nasution dan Pak Parjono sebagai Pembicara.

Kenali Permasalahan Perncernaan Si Kecil

Ternyata pada sebagian bayi mengalami masalah pencernaan di usia…

Memilih Susu Dengan Kandungan Nutrisi Alami

Masa 1000 hari pertama kehidupan adalah masa yang tak tergantikan, banyak kenangan tumbuh kembang si kecil mulai dari momen hamil,melahirkan, menyusui, belajar MPASI. Si kecil cepat tumbuh dan rasanya ingin dia selalu menjadi bayi yang menggemaskan sepanjang masa, kalo mums zaman now sih suka bilang  "baby please don't grow up so fast".

Alhamdulillah bulan ini dede Adib masuk usia 2 tahun 1 bulan, sudah melewati fase 1000 HPK dan sekarang sedang menikmati masa kanak kanaknya. Dan di masa kanak kanak ini dede Adib nggak kalah menggemaskan lho. Dia  selalu penasaran sama semua yang ada di sekitarnya, lagi senang bersenandung, belajar menyusun kalimat, bergerak aktif, dan lagi senang sosialisasi sama teman teman kakaknya :) . dede Adib full menyusui selama 6 bulan dan melanjutkan ASI bersama makanan pendampingnya, bersyukur banget dede Adib jadi  jarang sakit, pernah sih sakit dan yang paling sedih itu waktu perutnya kembung dan mencret. Mungkin saat itu dia lagi asyiknya bel…

Menabung Mulai 100 Ribu Untuk Merencanakan Haji? Bisa Dong!

Assalamualaikum, bagaimana kabar teman teman? semoga sehat selalu ya.


Rukun Islam Ada 5 Perkara :
Membaca 2 kalimat Syahadat  Mendirikan Sholat  Melaksanakan Puasa Membayar zakat Naik Haji bila mampu

Melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu dari 5 rukun Islam yang wajib dilakukan oleh kaum muslim bagi yang mampu. Kata 'mampu' yang dimaksud adalah memiliki fisik yang sehat serta memiliki biaya hingga mengantarkan ke Baitullah.


Dalam acara talk show #DreamDay2018 bersama Maybank hari Jumat 16 November 2018 kemarin, memberikan pengetahuan baru untuk saya seputar umroh dan berhaji, terutama dalam hal finansial. Mba Susan Emir bercerita tentang passionnya yang suka menata ruangan hingga menjadi cantik hingga akhirnya memiliki usaha di bidang dekorasi ruangan hingga memiliki beberapa usaha lainnya dan dari hasil usahanya itu bisa melaksanakan ibadah Umroh dan Haji.


Haji Untuk bisa daftar haji kita harus memiliki tabungan minimal 25 juta Rupiah.

Bagi yang punya penghasilan pas pasan atau pu…