Rabu, 21 Agustus 2019

Kontribusi So Klin Dalam Upaya Mendukung Gerakan Sustainable

Apa yang sudah kamu lakukan untuk lebih mencintai bumi dan peduli terhadap lingkungan?
Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam kegiatan sehari hari untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Selain menanam pohon dan tidak membuang sampah sembarangan. Hal lain yang dapat kita lakukan adalah dengan memilah sampah dan  mengurangi sampah.



Memilah sampah yang kita hasilkan sehari-hari seperti botol shampo dan kemasan minuman kaleng juga plastik,kardus bekas, bisa kita berikan atau bahkan di jual ke tukang barang bekas. 

Mengurangi sampah terutama sampah plastik yang sulit terurai dengan cara 
✓Selalu menggunakan botol minum dan tempat makan sendiri,
✓Selalu siap kantong belanja serbaguna yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja,
✓ Mengurangi straw plastik atau mengganti nya dengan straw stainless.
✓ Beli produk kemasan ukuran besar, kalo beli produk kecil kecil kayak sachetan gitu, produksi sampah plastik nya makin banyak.
✓Mix and match fashion, gak harus selalu beli baju yang kadang hanya lapar mata dan berburu sale padahal tidak kita butuhkan. Atau bisa juga nih permak baju lama yang masih bagus tapi jarang di pakai menjadi model baru lagi ,jadi bisa berkelanjutan gitu deh.

Ngomongin tentang fashion berkelanjutan, aku senang banget deh ada brand yang peduli seperti WINGS ini, salah satu produk nya adalah So Klin Detergent.

Jadi So Klin bekerja sama dengan sekolah mode ESMOD Jakarta dan komunitas sosial Sadari Sedari menyerukan kampanye sustainable fashion dan akupun ikut hadir di talkshow dan workshop nya untuk mengetahui lebih lanjut tentang gerakan sustainable yang diadakan oleh So Klin Detergent ini. 

Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin

Bertempat di Mall Kelapa Gading 3 Jakarta Utara dengan mengangkat tema Be Sustainable, Be Fashionable, kegiatan ini merupakan langkah peduli So Klin untuk menghimbau masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengembangkan kreativitas melalui inovasi fashion yang yang berkelanjutan.

Menurut data dari Ellen MacArthur foundation (badan yang fokus mempelajari polusi industri mode), limbah bisnis busana di dunia dapat mencapai US$500 miliar per tahun. Hal ini ini kemudian memunculkan beberapa usulan kebijakan ramah lingkungan salah satunya dengan mengolah kembali kain perca menjadi di komponen yang bermanfaat. Di Indonesia sudah banyak designer yang menerapkan konsep sustainable fashion yakni dengan melakukan prinsip zero waste pattern dimana mengurangi pembuangan kain sisa. Misalnya bahan yang tadinya harus dipotong, dikemas dengan cara yang lebih sederhana dan tidak perlu ada proses pemotongan. Selain mengemas kembali kain perca menjadi produk baru, perlu adanya perhatian untuk menjaga keawetan warna agar tetap cemerlang.


So Klin White And Bright dengan teknologi optical brightener yang menggabungkan detergent dengan formula khusus yang tidak hanya secara ampuh menghilangkan noda berat namun juga sekaligus mempertahankan keaslian warna sehingga tidak cepat pudar bahkan membuat pakaian terlihat lebih cerah setelah pencucian berulang kali.

Ibu Joanna sebagai Marketing Manager Fabric Care PT. Sayap Mas Utama (Wings Group) juga bilang kalau So Klin White And Bright juga membantu meningkatkan efisiensi waktu para ibu di rumah agar tidak perlu repot dalam memilah warna baju ketika mencuci. 

Sustainable Fashion by ESMOD Jakarta

Dalam acara ini Sekolah ESMOD juga menampilkan karya sustainable fashion, desain baju lama yang masih baru dan layak pakai menjadi model terbaru.


Cocktail Dress by Up Cycling Fashion

Sebagai pelopor pendidikan fashion di Indonesia ESMOD Jakarta menyadari bahwa sustainable fashion merupakan bagian dari gaya hidup saat ini. Banyak designer yang mulai menggunakan bahan ramah lingkungan, teknik perawatan alami dan yang tidak kalah penting yaitu menempatkan label tata cara perawatan kain. Patrice Desilles dari Academic Program Head ESMOD Jakarta bilang "saat ini kami juga lebih memilih untuk menggunakan serat kain tencel yang berasal dari kayu sehingga ketika pakaian tersebut sudah tidak dipakai lagi dapat dengan mudah terurai ke alam. Metode ini juga kami terapkan kepada para siswa melalui kurikulum di sekolah, menurut kami konsumen harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana merawat pakaian mereka agar dapat bertahan lama misalnya perawatan dengan deterjen yang tepat seperti So Klin White and Bright agar warna tetap cemerlang dan menonjol.


Sustainable Fashion by Sadari Sedari

Dari sisi sosial, sustainable fashion dapat diterapkan melalui berbagai kegiatan bermanfaat seperti yang dilakukan oleh komunitas sadari sedari yaitu mengumpulkan pakaian bekas dan mengubahnya menjadi donasi sosial atau juga menyumbangkan pakaian pada mereka yang memang membutuhkan.


Kamu juga bisa donasi pakaian bekas yang masih layak pakai ke Sadari Sedari lewat dropbox yang ada di Mall Kelapa Gading saat ini. Setelah pakaian terkumpul, nantinya akan di cuci kembali dengan So Klin deterjen agar bersih dan wangi, warna tetap baru kemudian di distribusikan kepada yang memerlukan atau di jual untuk kemudian hasil nya akan di donasikan.

Salah satu titik Dropbox ada di area lobby MKG 3

Di acara ini, undangan yang hadir juga melakukan workshop sustainable fashion lho. Kami di ajari berkreasi menggunakan pakaian lama jadi model baru.




Senang banget deh bisa dapat info dan pengalaman tentang gerakan sustainable bareng kumpulan emak emak blogger.
Semoga dari hal ini kita lebih lebih lagi menyayangi diri sendir, menyayangi lingkungan untuk bumi yang kita tempati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar