Langsung ke konten utama

Belajar Melatih Kecerdasan Emosional Si Kecil Di BEBELAC Family Date

Hai ayah bunda? bagaimana kabar bersama si kecil? Hari ini anak anak sudah belajar apa saja nih? Semoga tetap semangat belajar nya dan jadi anak yang pintar yaaa.

Kalo ngomongin tentang belajar, biasanya di sekolahan si kecil lebih fokus sama belajar akal atau pelajaran akademis ya seperti belajar berhitung, menulis dan membaca. Tapi ada hal yang sama pentingnya juga untuk di pelajari di sekolah maupun di rumah yaitu belajar melatih kecerdasan emosional atau bisa di bilang memiliki kebesaran hati. Ternyata melatih kecerdasan emosional bisa mendukung daya pikir si kecil agar lebih pintar lho. Salah satunya dengan belajar ber empati.

BEBELAC Family Date Bersama MOMBLOGGER COMMUNITY


Senang sekali bersama komunitas Mom Blogger Community aku bisa belajar  mengetahui dan melatih kecerdasan emosional si kecil untuk  dukung daya pikirnya.

Bertempat di KantorKuu Argo Plaza Jakarta, bersama kakak kakak dari Rumah Dandelion aku dan si kecil jadi banyak belajar yang nantinya bisa di praktekkan di rumah.

Kecerdasan emosional adalah kemampuan anak untuk merasakan apa yang dirasakan, dan juga memahami dan merasakan perasaan yang dirasakan oleh orang lain dan dapat merespon perasaan tersebut dengan tepat. Biasanya anak anak yang memiliki kecerdasan emosional mampu berperilaku empati.

Dengan memiliki empati, anak mampu :
✓ merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.
✓ bersimpati
✓ melihat situasi dan berusaha menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh orang lain seperti membantu orang yang sedang kesulitan.


Untuk mendukung daya pikir dan kebesaran hati si kecil tidak hanya perlu nutrisi umum seperti karbohidrat, protein lemak,vitamin dan mineral. Nutrisi spesifik juga diperlukan diantaranya adalah prebiotik seperti inulin,asam lemak esensial. FOS dan GOS juga untuk kebaikan pencernaan anak.



Selain para moms yang mendapatkan yang mendapatkan ilmu, disini anak anak juga diajak melakukan berbagai aktivitas yang mengasah kreativitas nya seperti menempel bulu domba dari kapas,juga menempel gambar binatang dari beras warna warni. Selain itu anak anak juga di ajak mendengar kan cerita tentang aksi menolong, seperti yang di ceritakan oleh kakak Nadya dari Rumah Dandelion.

Melatih kecerdasan emosional dapat di lakukan melalui beberapa permainan seperti :
- Tebak Ekspresi Emosi sesuai usia
- Oow ... harus apa yaa? ( Anak memberikan solusi kepada orang lain.
- Membaca buku dengan kisah empati atau menolong.

Di acara itu juga para moms mencoba mempraktekkan teori ini lho. Saat masing-masing  anakanak sedang serius bermain maze, moms mencoba berakting ,seperti memberi kode saat batuk, mata kelilipan, kemudian melihat reaksi si kecil.

Ternyata sangat beragam lho reaksinya,ada yang bertanya kenapa,ada apa dengan mamanya,ada ada yang langsung menolong memberikan minum,ada  yang cuek aja,ada yang bingung harus melakukan apa.hehehe

Ketika anak belum tau apa yang harus ia lakukan untuk menolong, kita dapat memberi penjelasan , misalnya saat batuk, kita intruksikan untuk mengambil air minum, atau saat mata kelilipan, minta tolong bantu di tiup matanya. Ternyata seru juga mengikuti permainan yang bermanfaat seperti ini.

Hal lain yang bisa di lakukan di rumah yaitu dengan cara cara sederhana seperti melibatkan si kecil dalam diskusi sehari hari bisa juga menimbulkan rasa empati si kecil. 

Tidak hanya menceritakan kesulitan orang lain tetapi terjun langsung bersama si kecil membantu memberikan bantuan juga sangat bermanfaat meningkatkan rasa empati nya.


Terima kasih BEBELAC, Rumah Dandelion, dan Mom Blogger Community yang sudah melibatkan aku dan si kecil dalam event BEBELAC Family Date ini, semoga ilmu yang sudah kami dapat bisa di praktekkan di kehidupan sehari-hari agar si kecil tumbuh menjadi anak hebat yang tidak hanya pintar, tapi juga memiliki kebesaran hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Tes Alergi Susu Sapi Di Rumah

Memiliki anak adalah anugerah yang terindah yang dimiliki setiap orangtua. Sebagai orangtua pastinya ingin selalu melihat tumbuh kembangnya setiap saat, melihat anak tumbuh sehat dan berkembang sesuai usianya adalah dambaan para orangtua termasuk aku, hanya satu hal yang membuat orangtua sedih itu kalau tiba tiba si kecil punya masalah kesehatan seperti demam,flu, masalah pencernaan seperti diare, masalah BAB dsb.

Dalam kesempatan kali ini aku mau kasih info tentang masalah pencernaan dan alergi anak karena beberapa minggu yang lalu tepatnya tanggal 19 Juni 2017 aku dapat pengetahuan baru yang membahas tentang hal tersebut dalam sebuah talkshow ringan bertema

Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi "

Bertempat di Tanamera Cuisine Kebayoran Baru Jakarta Selatan hadir DR. Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) Bapak M.Nuh Nasution dan Pak Parjono sebagai Pembicara.

Kenali Permasalahan Perncernaan Si Kecil

Ternyata pada sebagian bayi mengalami masalah pencernaan di usia…

Menabung Mulai 100 Ribu Untuk Merencanakan Haji? Bisa Dong!

Assalamualaikum, bagaimana kabar teman teman? semoga sehat selalu ya.


Rukun Islam Ada 5 Perkara :
Membaca 2 kalimat Syahadat  Mendirikan Sholat  Melaksanakan Puasa Membayar zakat Naik Haji bila mampu

Melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu dari 5 rukun Islam yang wajib dilakukan oleh kaum muslim bagi yang mampu. Kata 'mampu' yang dimaksud adalah memiliki fisik yang sehat serta memiliki biaya hingga mengantarkan ke Baitullah.


Dalam acara talk show #DreamDay2018 bersama Maybank hari Jumat 16 November 2018 kemarin, memberikan pengetahuan baru untuk saya seputar umroh dan berhaji, terutama dalam hal finansial. Mba Susan Emir bercerita tentang passionnya yang suka menata ruangan hingga menjadi cantik hingga akhirnya memiliki usaha di bidang dekorasi ruangan hingga memiliki beberapa usaha lainnya dan dari hasil usahanya itu bisa melaksanakan ibadah Umroh dan Haji.


Haji Untuk bisa daftar haji kita harus memiliki tabungan minimal 25 juta Rupiah.

Bagi yang punya penghasilan pas pasan atau pu…

Sensasi Pedas SO GOOD Spicy Chicken Strip Bikin Ketagihan

Hai teman- teman semua,

Kalau kemarin aku ngomongin tentang masakan Jepang, nah sekarang aku mau bahas tentang makanan pedas nih.
Siapa sih yang gak suka makanan pedas?? Sepertinya kebanyakan orang suka deh sama makanan pedas termasuk keluarga ku. Sehari gak ketemu makanan pedas rasanya seperti kurang lengkap. Makan pedas semacam ada rasa sensasi tersendiri, berkeringat dan bisa juga menghilangkan stres. Buktinya kalau lagi ada di tengah kemacetan, atau bahkan sedang suntuk dan bosan yang di cari pasti makanan pedas.


Ternyata makan makanan pedas juga ada manfaatnya lho diantaranya:
1. Menurunkan berat badan

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.
2. Menyehatkan jantung

Cabai menyeha…