Langsung ke konten utama

Mudik Sehat,Selamat, Sampai Tujuan, Dambaan Kita Semua

Assalamualaikum,
Alhamdulillah hari demi hari menjalankan ibadah di bulan Ramadhan tahun ini tinggal beberapa hitungan hari lagi kita akan merayakan hari Idul Fitri. Tentunya saat hari raya tiba yang sangat dinantikan adalah bisa berkumpul dengan orang tua, sanak dan keluarga.
Mudik melalui perjalanan darat dan laut
Momen pulang kampung atau biasa dikenal dengan mudik sudah menjadi tradisi tahunan yang juga sangat dinantikan bagi para pekerja yang mengadu nasib di ibukota, walaupun sekarang sudah serba canggih, bisa telpon ataupun video call dimana pun berada, tetap saja hal itu tidak tergantikan dengan momen berkumpul, bertemu antar muka, makan bersama, sharing semua hal. Orang tetap rela antri dan berdesakan untuk mudik demi bertemu keluarga tercinta. Tapi sayangnya musim mudik setiap tahunnya selalu terjadi kecelakaan yang memakan korban jiwa, pastinya gak mau kan kalo rencana berkumpul bersama keluarga berubah menjadi kesedihan, walaupun semua sudah di atur oleh sang Kuasa tapi kita sebagai manusia wajib berusaha melakukan hal yang terbaik untuk diri sendiri dan orang lain.


Dalam rangka mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) apalagi saat musim mudik saat ini, Kementerian kesehatan bersama kementerian perhubungan mengadakan acara ngabuburit sehat yang berlokasi di stasiun Gambir tanggal 28 Mei 2019 kemarin.
Pada kesempatan itu hadir ibu Menkes Nila Moloek juga dari pihak Kementerian Perhubungan.

Tips Mudik Sehat, Aman Dan Selamat


1. Siapkan fisik  yang sehat dan prima sebelum mudik;
2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan;
3. Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi;
4. Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4 jam;
5. Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk;
6. Disiplin dan patuh rambu lalu lintas;
7. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk;
8. Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak;
9. Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara;
10. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal;
11. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan;
12. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat;
13. Buanglah sampah pada tempatnya;
14. Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia; dan
15. Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.

Bila Mudik Bersama Si Kecil


Bila mudik bareng si kecil pastikan untuk menyediakan peralatan khusus bayi seperlunya seperti :
- minyak kayu putih/ minyak telon
- tisu basah dan kering
- popok secukupnya
- baju hangat dan selimut bayi
- Snack dalam perjalanan
- mainan favorit agar ia tidak merasa bosan dalam perjalanan

Selamat Mudik Teman-teman!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Tes Alergi Susu Sapi Di Rumah

Memiliki anak adalah anugerah yang terindah yang dimiliki setiap orangtua. Sebagai orangtua pastinya ingin selalu melihat tumbuh kembangnya setiap saat, melihat anak tumbuh sehat dan berkembang sesuai usianya adalah dambaan para orangtua termasuk aku, hanya satu hal yang membuat orangtua sedih itu kalau tiba tiba si kecil punya masalah kesehatan seperti demam,flu, masalah pencernaan seperti diare, masalah BAB dsb.

Dalam kesempatan kali ini aku mau kasih info tentang masalah pencernaan dan alergi anak karena beberapa minggu yang lalu tepatnya tanggal 19 Juni 2017 aku dapat pengetahuan baru yang membahas tentang hal tersebut dalam sebuah talkshow ringan bertema

Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi "

Bertempat di Tanamera Cuisine Kebayoran Baru Jakarta Selatan hadir DR. Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) Bapak M.Nuh Nasution dan Pak Parjono sebagai Pembicara.

Kenali Permasalahan Perncernaan Si Kecil

Ternyata pada sebagian bayi mengalami masalah pencernaan di usia…

Memilih Susu Dengan Kandungan Nutrisi Alami

Masa 1000 hari pertama kehidupan adalah masa yang tak tergantikan, banyak kenangan tumbuh kembang si kecil mulai dari momen hamil,melahirkan, menyusui, belajar MPASI. Si kecil cepat tumbuh dan rasanya ingin dia selalu menjadi bayi yang menggemaskan sepanjang masa, kalo mums zaman now sih suka bilang  "baby please don't grow up so fast".

Alhamdulillah bulan ini dede Adib masuk usia 2 tahun 1 bulan, sudah melewati fase 1000 HPK dan sekarang sedang menikmati masa kanak kanaknya. Dan di masa kanak kanak ini dede Adib nggak kalah menggemaskan lho. Dia  selalu penasaran sama semua yang ada di sekitarnya, lagi senang bersenandung, belajar menyusun kalimat, bergerak aktif, dan lagi senang sosialisasi sama teman teman kakaknya :) . dede Adib full menyusui selama 6 bulan dan melanjutkan ASI bersama makanan pendampingnya, bersyukur banget dede Adib jadi  jarang sakit, pernah sih sakit dan yang paling sedih itu waktu perutnya kembung dan mencret. Mungkin saat itu dia lagi asyiknya bel…

Kanker Payudara : Sebelum Terlambat Yuk Deteksi Dengan SADARI & SADANIS

Waktu begitu cepat berlalu, beberapa hari lagi waktu akan masuk ke bulan Oktober. Setiap bulan Oktober di peringati sebagai bulan peduli kanker payudara sedunia. Bertempat di Gedung Kementerian Kesehatan P2P tanggal 19 September 2017 kemarin aku berkesempatan mengenal tentang penyakit kanker payudara lho.



Para pembicara yang hadir,
1. dr. Lily S. Sulistyowati, MM - Direktur P2PTM
2. Dr. Bob Andinata SpB (K) Onk - Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI)
3. Ibu Shanti Persada - Founder Lovepink
4. Ibu Samantha Barbara - Ketua Lovepink
Kanker Payudara di Indonesia
Penyakit kanker banyak sekali jenisnya. Menurut RisKesDas Kemenkes tahun 2013, kanker payudara menjadi salah satu prevalensi kanker tertinggi di Indonesia yaitu 50/100 ribu penduduk dengan angka kejadian tertinggi berada di Yogyakarta yaitu 24/10 ribu penduduk dan menjadi 10 penyebab kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia dengan angka kematian 21,5/100 ribu penduduk
Apa itu Kanker Payudara?
Kanker payudara keganasan s…