Langsung ke konten utama

Menabung Mulai 100 Ribu Untuk Merencanakan Haji? Bisa Dong!


Assalamualaikum, bagaimana kabar teman teman? semoga sehat selalu ya.


Rukun Islam Ada 5 Perkara :

Membaca 2 kalimat Syahadat
 Mendirikan Sholat
 Melaksanakan Puasa
Membayar zakat
Naik Haji bila mampu

Melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu dari 5 rukun Islam yang wajib dilakukan oleh kaum muslim bagi yang mampu. Kata 'mampu' yang dimaksud adalah memiliki fisik yang sehat serta memiliki biaya hingga mengantarkan ke Baitullah.


Sharing sessions bersama Entrepreneur Mba Susan Emir dan pihak Maybank

Dalam acara talk show #DreamDay2018 bersama Maybank hari Jumat 16 November 2018 kemarin, memberikan pengetahuan baru untuk saya seputar umroh dan berhaji, terutama dalam hal finansial.
Mba Susan Emir bercerita tentang passionnya yang suka menata ruangan hingga menjadi cantik hingga akhirnya memiliki usaha di bidang dekorasi ruangan hingga memiliki beberapa usaha lainnya dan dari hasil usahanya itu bisa melaksanakan ibadah Umroh dan Haji.


Haji
Untuk bisa daftar haji kita harus memiliki tabungan minimal 25 juta Rupiah.

Bagi yang punya penghasilan pas pasan atau pun yang berpenghasilan tidak tetap rasanya sulit untuk mengumpulkan uang 25 juta dalam waktu singkat ya. Sedangkan kata orang bilang kalau mau naik haji tuh mesti nunggu antrian bertahun tahun.


Kalau sudah begini impian untuk pergi berhaji rasanya jadi sulit untuk bisa jadi kenyataan. Tapi sebagai muslim yang baik kita tidak boleh menyerah ya, selama ada niat untuk menjalankan perintah Allah, semoga jalannya selalu dimudahkan.


Buka Tabungan Haji MyArafah di MayBank Syariah


Jika sudah ada niat, langkah pertama yang dilakukan adalah pergi ke bank untuk membuka tabungan. Tidak perlu menunggu punya uang banyak karena di Maybank Syariah kita bisa membuka tabungan haji MyArafah mulai dari 100 ribu saja.

Jika tabungan sudah terkumpul sebesar 25 juta rupiah maka kita bisa mendapatkan porsi haji dengan mendaftarkan ke kantor kementerian Agama. 

Manfaat lain yang bisa didapat dari Tabungan MyArafah adalah tabungan kita tetap utuh tanpa ada potongan biaya admin dan malah kita bisa mendapatkan bagi hasil dari tabungan.

Selain itu, jika kita terdesak butuh uang, kita bisa melakukan penarikan karena MyArafah juga memberikan fasilitas ATM berlogo Mastercard® jadi misalnya saat perjalanan haji kita butuh uang tunai, kita bisa melakukan penarikan dari ATM dalam maupun luar negeri.
Info lebih lanjut bisa baca di www.maybank.co.id/MyArafah

Cara Mendapatkan Porsi Haji

  1. Buka tabungan MyArafah dan Rekening Tabungan Jemaah Haji sesuai KTP di cabang Maybank
  2. Bayar setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah Haji Rp. 25 juta
  3. Nasabah membawa bukti setoran dan dokumen persyaratan lainnya ke Kementerian Agama Kabupaten setempat (maks 5 hari kerja)
  4. Nasabah mendapatkan Surat Pendaftaran Pergi Haji(SPPH) dan nomor porsi haji
  5. Menunggu waktu keberangkatan dan menabung untuk biaya pelunasan ibadah haji



Persyaratan Dan Dokumen Pendaftaran Haji

  1. Berusia minimal 12 tahun.
  2. KTP asli yang masih berlaku.
  3. KK (Kartu Keluarga) asli dan salinannya.
  4. Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir atau kutipan Akta Nikah atau Ijazah asli.
  5. Buku tabungan asli atas nama jemaah yang bersangkutan dan salinannya.
  6. Pas foto ukuran 3x4 5 lembar dan 4x6 1 lembar, background putih, fokus wajah 80%.
  7. Mengisi Surat Pernyataan Calon Haji (SPCH).
  8. Gubernur dapat menambahkan persyaratan surat keterangan domisili. 


Umroh

Kegiatan umroh dilakukan sama seperti kegiatan haji, namun hukumnya tidak wajib atau bisa dikatakan ibadah Sunnah. Hal lain yang membedakan adalah umroh bisa dilakukan kapan saja, sedangkan haji dilaksanakan pada bulan Zulhijjah dan melakukan wukuf di arafah pada tanggal 9 Zulhijjah.

Karena ibadah umroh hanya memerlukan dana yang lebih sedikit dibanding haji dan bisa dilakukan kapan saja. Ibadah umroh ini baik juga untuk dilakukan umat Islam untuk berkunjung ke Baitullah dan mendapatkan pahala Sunnah nya.

Di Maybank Syariah ini juga selain ada tabungan MyArafah juga ada MyPlan  iB untuk umroh agar pelaksanaan umroh dapat terencana, bisa menentukan tanggal, menghitung biaya dan menyimpan dana secara teratur bisa dengan autodebet dari rekening sumber ke rekening MyPlan.



Jika sudah ada niat baik, tunggu apalagi? 
Yuk menabung dari sekarang, mencari rezeki yang halal dan berkah agar tabungan cepat terkumpul dan semoga Allah memudahkan langkah kita untuk pergi ke Baitullah. Aamiiin

Komentar

  1. MasyaALLAH semakin mudah untuk menuju ke tanah suci. aku akan kepoin lebih lnjut tentang program ini yaa. makasih mba infonya :)

    BalasHapus
  2. Memang kalo sudah niat pasti di mudahkan jalanya ya mba salah satunya dengan program dari mybank,,makasih infonya mba,jadi pengen buka rekening juga..

    BalasHapus
  3. Mudah - mudahan dimudahkan bisa segera sampai ke Tanah Suci, aamiin.

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya, semoga dari awal tabungan hanya Rp.100.000, bisa terkumpul secepatnya menjadi Rp. 25 juta untuk setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji. Selalu ada jalan yang tidak terduga dari Allah jika sudah ada niat mulia.

    BalasHapus
  5. Wah lengkap ya... ada pilihan berangkat haji dan umroh. Berarti setoran awal haji 25juta baru bisa dicicil sesuai waktu yg diinginkan ya mbak... semoga niat haji dan umroh dipermudah oleh Allah...

    BalasHapus
  6. Buat aku nggak ada uang nggak bisa dan nggak ada yang kebetulan di dunia ini karena sudah banyak kejadiannya. Apalgi ini niat nabung buat haji bukan nilainya kadang tapi niat besarnya. Insya Allah diijabah Allah Aamiin

    BalasHapus
  7. aku mauuuu buka tabungan di MyArafah.. terjangkau banget nih soalnya.. kalau nabung udah dipisahin gini kan bisa jd lebih fokus ya..

    BalasHapus
  8. Wah mantaps nih...nabungnya harus rajin cari uang hrs lbh giat doa yg kenceng luruskan niat...hehe

    BalasHapus
  9. Semakin kuat niat semakin banyak godaan financial. Semoga dengan adanya berbagai kemudahan ini bisa mempercepat keberangkatan yang ingin berangkat berhaji. Kasian yang sudah menunggu bertahun-tahun...

    BalasHapus
  10. jadi semangat buat ke tanah suci, dulu mikirnya klo mau nabung mesti jumlah besar sekaligus. sekarang 100rb bisa dan bertahap. Bisa nabung juga buat orang tua

    BalasHapus
  11. Sistem tabungan ya, wah jadi bisa berangkat haji atau umroh jika dana sudah tercukupi, jadi tenang ya bisa nabung 100 ribuan.

    BalasHapus
  12. Saya mau buka MyArafah mba, kebetulan saya juga nasabah setianya Maybank. Makasih infonya ya

    BalasHapus
  13. Sayangnya di tempat saya MayBank belum ada. Andai ada gitu, pengen daftar rasanya. Lumayan menguntungkan buat kita ni sistem tabungannya.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah ya, jadi memudahkan siapa saja yg ingin ke tanah suci dengan 100ribu sebagai biaya awal.

    BalasHapus
  15. Tadinya kupkirk dengan 100 rb nabung di sana udah lansgung dapat porsi haji hahaha (mimpi :D ). Tapi yang menguntungkan krn gak ada potongannya itu ya mbak?
    Entah kapan Ya Allah punya 25 jt buat daftar haji. Moga disegerakan, krn daftar tunggunya snagat lama pasti ya skrng :(
    TFS infonya :D

    BalasHapus
  16. Semakin mudah melakukan ibadah suci ya mba. Apalagi ada travel yang akurat dan lebih mengutamakan hak ibadah orang lain.

    BalasHapus
  17. Suka banget sama terobosan MyBank. Dengan begini umat muslim semakin mudah ya kak dalam menunaikan haji atau umrah.

    BalasHapus
  18. Sangat bermaanfaat dan berguna tabungan my Arafah ini, satu jln utk menuju kebaikan dan bertamu ke Rumah Allah

    BalasHapus
  19. Yang penting niatnya dan konsisten ya kak... Amin, semoga informasi ini bisa dimanfaatkan sebagai metode baru untuk naik haji

    BalasHapus
  20. Semoga niat kita semua untuk naik haji bisa terlaksana ya mbaa...dengan tabugan my arafah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Tes Alergi Susu Sapi Di Rumah

Memiliki anak adalah anugerah yang terindah yang dimiliki setiap orangtua. Sebagai orangtua pastinya ingin selalu melihat tumbuh kembangnya setiap saat, melihat anak tumbuh sehat dan berkembang sesuai usianya adalah dambaan para orangtua termasuk aku, hanya satu hal yang membuat orangtua sedih itu kalau tiba tiba si kecil punya masalah kesehatan seperti demam,flu, masalah pencernaan seperti diare, masalah BAB dsb.

Dalam kesempatan kali ini aku mau kasih info tentang masalah pencernaan dan alergi anak karena beberapa minggu yang lalu tepatnya tanggal 19 Juni 2017 aku dapat pengetahuan baru yang membahas tentang hal tersebut dalam sebuah talkshow ringan bertema

Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi "

Bertempat di Tanamera Cuisine Kebayoran Baru Jakarta Selatan hadir DR. Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) Bapak M.Nuh Nasution dan Pak Parjono sebagai Pembicara.

Kenali Permasalahan Perncernaan Si Kecil

Ternyata pada sebagian bayi mengalami masalah pencernaan di usia…

Memilih Susu Dengan Kandungan Nutrisi Alami

Masa 1000 hari pertama kehidupan adalah masa yang tak tergantikan, banyak kenangan tumbuh kembang si kecil mulai dari momen hamil,melahirkan, menyusui, belajar MPASI. Si kecil cepat tumbuh dan rasanya ingin dia selalu menjadi bayi yang menggemaskan sepanjang masa, kalo mums zaman now sih suka bilang  "baby please don't grow up so fast".

Alhamdulillah bulan ini dede Adib masuk usia 2 tahun 1 bulan, sudah melewati fase 1000 HPK dan sekarang sedang menikmati masa kanak kanaknya. Dan di masa kanak kanak ini dede Adib nggak kalah menggemaskan lho. Dia  selalu penasaran sama semua yang ada di sekitarnya, lagi senang bersenandung, belajar menyusun kalimat, bergerak aktif, dan lagi senang sosialisasi sama teman teman kakaknya :) . dede Adib full menyusui selama 6 bulan dan melanjutkan ASI bersama makanan pendampingnya, bersyukur banget dede Adib jadi  jarang sakit, pernah sih sakit dan yang paling sedih itu waktu perutnya kembung dan mencret. Mungkin saat itu dia lagi asyiknya bel…

Kanker Payudara : Sebelum Terlambat Yuk Deteksi Dengan SADARI & SADANIS

Waktu begitu cepat berlalu, beberapa hari lagi waktu akan masuk ke bulan Oktober. Setiap bulan Oktober di peringati sebagai bulan peduli kanker payudara sedunia. Bertempat di Gedung Kementerian Kesehatan P2P tanggal 19 September 2017 kemarin aku berkesempatan mengenal tentang penyakit kanker payudara lho.



Para pembicara yang hadir,
1. dr. Lily S. Sulistyowati, MM - Direktur P2PTM
2. Dr. Bob Andinata SpB (K) Onk - Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI)
3. Ibu Shanti Persada - Founder Lovepink
4. Ibu Samantha Barbara - Ketua Lovepink
Kanker Payudara di Indonesia
Penyakit kanker banyak sekali jenisnya. Menurut RisKesDas Kemenkes tahun 2013, kanker payudara menjadi salah satu prevalensi kanker tertinggi di Indonesia yaitu 50/100 ribu penduduk dengan angka kejadian tertinggi berada di Yogyakarta yaitu 24/10 ribu penduduk dan menjadi 10 penyebab kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia dengan angka kematian 21,5/100 ribu penduduk
Apa itu Kanker Payudara?
Kanker payudara keganasan s…