Sabtu, 04 Agustus 2018

Yuk Dukung 5 Potensi Prestasi Si Kecil Agar Menjadi Anak Generasi Maju



Siapa sih yang gak kenal sama susu SGM? Susu pertumbuhan sejak aku dan adik adikku masih kecil, hingga saat ini aku memiliki anak, mereka juga ikut minum susu SGM.

SGM Eksplor kemasan baru dengan Complinutri

Sahabat Generasi Maju

Di usia nya yang lebih dari 60 tahun, SGM terus berkomitmen dan memberi dukungan terhadap anak anak Indonesia agar dapat tumbuh menjadi anak generasi maju melalui kegiatan edukasi nutrisi skala kecil maupun besar, kegiatan Mini Mobi yang berkeliling ke 8000 area di Indonesia.

Kenangan waktu Abid juara 2 lomba foto di kegiatan Mini Mobi Presinutri yang datang ke Posyandu tahun 2011
Edukasi nutrisi secara online pun dilakukan melalui fanpage Facebook Aku Anak SGM dimana kita bisa mendapatkan informasi dan kiat tumbuh kembang anak dan juga bisa bertanya langsung melalui live chat dengan para expert seperti pediatric dan psikolog anak. 

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada bulan Juli, SGM Eksplor menggelar Grand Final Sahabat Generasi Maju dimana SGM akan memberikan beasiswa pendidikan senilai 1 milyar bagi 25 pemenang.


Proses seleksi sebelumnya telah di adakan di Fanpage Facebook Aku Anak SGM yaitu dengan mengajak para orangtua untuk menunjukkan dan menceritakan potensi prestasi yang dimiliki si kecil yang berlangsung sejak 19 April hingga 8 Juli 2018 dan proses seleksi berlanjut hingga di beberapa kota di Indonesia yaitu di Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Dan Grand Final diadakan di Summarecon Mall Bekasi 27-29 Juli 2018 kemarin sekaligus juga memperkenalkan inovasi lengkap SGM Eksplor dengan Complinutri yang mendukung asupan nutrisi si kecil.

Unjuk bakat dari finalis yang masuk ke babak Grand Final

Selain acara Grand Final Sahabat Generasi Maju, disini juga ada permainan edukatif yang terdiri dari 4 kelas dan juga kegiatan berbeda di setiap hari nya seperti penampilan dari anak anak PAUD, storytelling, meet & greet Upin & Ipin, performance dari artis Vidi Aldiano dan banyak lagi kegiatan menarik lainnya.
Dan aku, juga anak anak berkesempatan untuk melihat dan mengunjungi dihari kedua, saat itu juga ada talkshow yang dihadiri oleh para narasumber antara lain :

• Astrid Prasetyo  - Marketing Manager SGM Eksplor
• Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. - Psikolog Anak dan Keluarga
• dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK - Dokter Gizi Klinis
• Alyssa Soebandono -  Selebriti

Ki-Ka: Mba Astrid,Mba Nina, dr.Nurul, Mama Ica Subandono

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., seorang Psikolog Anak dan Keluarga dan dewan juri pada Festival Sahabat Generasi Maju mengatakan, “Kami sangat senang dapat melihat semangat ribuan peserta dan orang tua yang terus menstimuli potensi si kecil. Setelah perhelatan Festival Sahabat Generasi Maju, orang tua juga harus tetap menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu dengan yang lain agar ia dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal, yaitu dari aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa & sosial. Hal ini diperlukan karena 5 Potensi Anak Generasi Maju tidak tumbuh instan, namun perlu dikembangkan sejak dini.”

Alyssa Soebandono, Selebriti dan Ibu dengan dua orang anak mengatakan “Sebagai Ibu, memastikan anak-anak saya memiliki tumbuh kembang optimal adalah prioritas utama saya. Saya sangat menghargai wujud komitmen oleh SGM Eksplor karena melalui acara seperti Festival Sahabat Generasi  ini, saya dapat mengajak si kecil untuk mencoba berbagai permainan edukatif untuk mengembangkan potensi dan menstimulasi tumbuh kembangnya. Namun sebelum itu, memastikan anak-anak saya tumbuh sehat juga penting. Oleh karena itu, saya selalu memperhatikan asupan nutrisi anak saya melalui makanan bergizi seimbang, dilengkapi minum air putih dan aktivitas fisik yang cukup agar ia dapat tumbuh menjadi anak generasi maju dan memiliki masa depan yang lebih baik.”

Pemenuhan nutrisi yang tepat untuk usia dan kebutuhan si kecil adalah hal penting agar bisa mengasah potensi prestasinya dengan optimal. Dokter Gizi Klinis, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK mengatakan, “Selain harus memperhatikan asupan zat gizi yang dibutuhkan si kecil dalam jumlah besar atau makronutrien seperti karbohidrat, protein atau lemak, orang tua juga harus memperhatikan kebutuhan mikronutrien atau zat gizi mikro seperti beragam jenis vitamin, dan mineral. Selain itu, anak di atas 1 tahun juga membutuhkan pangan fungsional lain seperti serat dan probiotik.”


Selanjutnya, dr. Nurul menambahkan, “Agar anak dapat tumbuh menjadi cerdas kreatif, dibutuhkan Omega 3, Omega 6, serta zat besi. Selain itu, fosfor, seng, yodium, kalsium dan Vitamin D dibutuhkan agar anak dapat tumbuh tinggi, kuat dan memiliki gigi yang sehat. Pencapaian imunitas optimal dapat didukung dengan asupan Vitamin A, C, dan E, Seng dan zat besi. Untuk mendukung pencernaan sehat, anak juga membutuhkan prebiotik dan probiotik.”

Menyikapi kebutuhan orang tua, mba Astrid menambahkan, “Memahami pentingnya kualitas hidup si Kecil bagi orang tua, SGM Eksplor dengan Complinutri hadir untuk membantu melengkapi melengkapi kebutuhan gizi anak di setiap tahapan tumbuh kembang dan memberikan dukungan komplit agar si Kecil mampu memaksimalkan 5 Potensi Prestasi dan bisa menjadi bagian dari Generasi Maju.”


Sekolah Generasi Maju

Untuk mendukung 5 potensi kecerdasan si kecil  yaitu tumbuh tinggi & kuat, mandiri, percaya diri, supel, juga cerdas & kreatif, di sini anak anak diajak bermain permainan edukatif yang terdiri dari 4 kelas, Kakak Abid dan Dede Adib pun mengikuti serunya activity disini.

Kelas Cerdas dan Kreatif

Di kelas ini anak anak melakukan kegiatan antara lain:
- Mewarnai
- Berkreasi membuat hewan lucu dari piring kertas
- Bermain Game AR memberi makan hewan dan belajar huruf dan angka

Game AR memberi makan hewan
   
Mewarnai

Berkreasi dari piring kertas
The Farmers game
Tips mendukung rasa ingin tahu agar si kecil cerdas dan kreatif :

✓ Ciptakan lingkungan yang aman
✓ Berikan kesempatan bermain & beraktivitas di lingkungan yang beragam
✓ Ajak si kecil mengobrol tentang hal-hal yang menarik untuk nya

• Kelas Tumbuh Tinggi, Kuat dan Mandiri

Di kelas ini anak anak bisa menyalurkan energinya untuk dapat bergerak aktif dan mengolah tubuhnya melalui wall climbing dan bouncy trampoline.

Trampolin

Wall climbing

Tanpa di paksa Dede Adib berani mencoba panjat dinding


Tips mendukung si kecil agar tumbuh tinggi, kuat dan mandiri :
- Nutrisi :
✓ makan makanan sehat dan bergizi dan bervariasi
✓ perkenalkan dengan makanan keluarga
✓ biasakan makan di meja makan bersama keluarga

- Stimulasi motorik kasar bisa di lakukan dengan
✓ Menari πŸ’ƒ
✓ Main lempar tangkap balon🎈
✓Mengikuti gerakan binatang tertentu seperti menirukan gerakan kodok lompat, atau menirukan suara kambing dsb,
✓ Berjalan di papan titian

- Stimulasi motorik halus bisa dilakukan dengan
✓ Membuat binatang dari lilin
✓ Membuat rumah rumahan 🏠 dari balok kayu
✓ Mewarnai dengan jari menggunakan pewarna makanan
✓ Memindahkan kacang dari satu mangkok ke mangkok lain
✓ Melipat Origami

• Kelas Supel

Di kelas Supel Kakak Abid dan Dede Adib belajar untuk berbagi mainan bersama dan berkenalan dan bekerja sama dengan teman baru melalui permainan ular 🐍 tangga  dan bermain pasir warna.

Colour Sands

Main 🐍 tangga bersama teman baru


Tips melatih kemampuan interaksi si kecil dengan orang lain :

- Bermain berdampingan misalnya beberapa anak saling bertukar balok,lalu bermain sendiri lagi.
- Bermain dengan kerjasama misalnya bermain dalam satu permainan membangun rumah rumahan bersama, main ular tangga dll.

• Kelas Percaya Diri
Di kelas percaya diri anak belajar memberanikan diri menunjukkan kemampuan nya seperti bernyanyi, berpuisi atau bercerita di atas panggung.

Yang ku ingat dari pesan mba Nina psikolog bahwa Percaya diri yang baik bukan hanya punya mental juara yang tinggi, tapi juga bisa memiliki mental yang baik saat ia kalah maupun saat ia menang dalam sebuah kompetisi.


Agar si kecil percaya diri, berikanlah pujian saat ia mampu melakukan suatu hal yang positif atau misalnya ia ingin makan sendiri atau mandi sendiri berikanlah kesempatan walaupun masih berantakan sambil bimbing si kecil cara makan atau mandi yang benar, Berikan kesempatan selama aman dilakukan si kecil.

Dengan mengasah potensi kecerdasan yang ada pada si kecil, semoga kelak  anak anak kita menjadi generasi maju selanjutnya yang membanggakan keluarga, Indonesia dan dunia, dan jangan lupa untuk selalu memberikan kasih sayang kepada anak kita 😊.

16 komentar:

  1. Wah hebat yah Mbak anaknya, benar-benar Anak Generasi Maju nih..

    BalasHapus
  2. Semoga acara ini rutin y diadakannya seneng bngt dpt ilmu trs nambh kreativitas anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda, selain dapat ilmu pengetahuan, anak anak juga senang dengan permainan edukatif sini

      Hapus
  3. Acaranya bagus buat kemajuan dan pertumbuhan anak yah mba

    BalasHapus
  4. Kekalahan membuat kita semangat untuk memacu adrenalin menjadi lebih, biar jadi juara

    BalasHapus
  5. Wah..ternyata banyak banget ya game di acara kemarin itu. Anak2 jadi seneng banget tuh, apalagi tuk bundanya juga ada talkshow dari pakar kesehatan dan psikolog ya. Keren deh SGM.

    BalasHapus
  6. Senang ya melihat si kecil aktif dan semangat mengikuti semua kegiatan ,semua pasti berkat SGM

    BalasHapus
  7. Seru euy acaranya... Alhamdulillah grand finalnya diadakan di Bekasi jadi ga begitu jauh dari rumah..

    BtW kira kira kapan lagi ya SGM ngadain acara macam ini...? Ga sabar banget nih nunggu keseruan lainnya dari SGM

    BalasHapus
  8. Semoga SGM konsisten terus ya mengadakan acara2 yg seru kayak gini. Bermanfaat utk ortu dan anak.

    BalasHapus
  9. Semoga acaranya rutin dilakukan yaaa..
    Ini seru bgt untuk anak dan momynya + bisa dpt ilmu bermanfaat

    BalasHapus
  10. Acaranya seru dan meriah ya..dengan beragai permainan menyenangkan bagi anak yg penting sih bisa mengedukasi

    BalasHapus
  11. WhiW Ada Alysa soebandono ya.. hmmm hmmm berarti selain perkembangan Daya pikir dan kreativitas anak jg harus tumbuh tinggi Dan sehat ya. Skrg pintar jg tidak cukup, harus tinggi Dan sehat jg

    BalasHapus
  12. Seru banget pasti acaranya. Melihat anak-anak senang dan betah di acaranya.

    BalasHapus
  13. acara kayak gini nih, membantu stimulasi anak sekaligus membangun kepercayaan dirinya ya

    BalasHapus