Jumat, 18 Mei 2018

Si Kecil Susah Makan Buah? Ini Dia Solusinya!


Assalamu'alaikum,
Marhaban ya Ramadhan, Alhamdulillah bulan Mei ini sudah memasuki bulan puasa, sebagai ibu menyusui tidak menyurutkan semangat saya untuk tetap berpuasa namun dengan catatan tetap menjaga kesehatan anak kita karena kemungkinan besar ASI saat ibu berpuasa berkurang volume dan juga nutrisinya. Ada beberapa tips puasa untuk busui yang aku baca di IG story Mommiesdailydotcom.


Tips puasa untuk ibu menyusui

✓ Niat dan support keluarga sangat penting
✓ Konsultasikan ke Dokter untuk memastikan ibu dan si kecil sehat
✓ Makan sahur dan makan malam dengan nutrisi yang lengkap dan banyak minum air putih
✓ Makan makanan yang di sukai ibu agar tetap happy menjalani puasa dan mengurangi kegalauan 
✓ Banyak menyusui dan pompa ASI setelah berbuka puasa



Konsumsi Buah dan Sayur Untuk Bayi MPASI

Agar si kecil tidak kekurangan nutrisi dari ASI apalagi saat ibu sedang puasa seperti saat ini maka sangat diperlukan konsumsi makanan pendamping ASI yang baik. Usia 6 bulan si kecil sudah dapat di perkenalkan Makanan Pendamping seperti buah-buahan dan sayuran dalam bentuk juice ataupun puree karena pada awal perkenalan makanan, bayi belum bisa konsumsi makanan bertekstur kasar.
Manfaat buah  untuk si kecil antara lain :
- Memiliki kandungan vitamin yang tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil dan kesehatan gusi.
-Memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah.
- Memiliki kandungan serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.
- Memiliki kandungan antioksidan untuk mencegah penyakit degeneratif di masa yang akan datang.

Fakta Buah dan Sayur

Ternyata data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 lalu menyebutkan bahwa 93,5% penduduk berusia di bawah 10 tahun, tidak mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran. Padahal, konsumsi sayur dan buah, sangat penting untuk gizi seimbang Si Kecil.
Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan anak balita dan anak usia sekolah untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram per orang per hari dan remaja hingga dewasa sebanyak 400-600 gram per orang per hari. Sekitar dua-pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut disarankan dalam porsi sayur.
Informasi tersebut saya dapat saat  menghadiri acara  launching produk Milna Nature Delight  yang menghadirkan  Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K) sebagai salah satu narasumber.

Dr. dr Conny Tanjung, Sp.A(K)

Sayur dan buah memang bukan makanan favorit anak-anak pada umumnya dimana secara statistik, perilaku ini tidak hanya menjadi fenomena di Indonesia, namun di negara lainnya juga. Salah satu alasannya adalah rasa pahit atau asam pada buah dan sayur yang disebabkan oleh kandungan vitamin C dan serat. Berbeda dengan orang dewasa, rasa pahit adalah rasa yang asing bagi anak-anak. Rasa manis dan asin lebih akrab karena demikianlah rasa ASI ataupun asupan MPASI.

“Mengenalkan buah dan sayur untuk Si Kecil perlu dilakukan, karena keduanya mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai penelitian meta-analisis telah menunjukkan manfaat positif sayur dan buah untuk mencegah dan menurunkan insidens obesitas dan penyakit degeneratif kronis seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain.  Meskipun sayur dan buah memliki peran yang cukup penting, tetapi untuk anak, khususnya di saat mulainya pemberian MPASI, perlu diketahui beberapa batasan pemberian sayur dan buah, karena di saat ini dibutuhkan makanan padat energi untuk menunjang pertumbuhan yang pesat.  Belum ada acuan kecukupan serat pada bayi di bawah usia 1 tahun, namun berbagai penelitian membuktikan bahwa paparan terhadap sayur dan buah secara berulang membuat penerimaan terhadap sayur dan buah menjadi lebih mudah di masa selanjutnya,” jelas Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K).

Tentang Milna Nature Delight


Buat bunda yang mengalami kesulitan dalam memberikan buah dan sayur untuk si kecil jangan khawatir karena sekarang ada Milna Nature Delight.
Milna sebagai salah satu brand unggulan Kalbe Nutritionals, tahun ini meluncurkan Milna Nature Delight, sebagai solusi untuk cara mudah makan buah Si Kecil. “Milna Nature Delight adalah fruit puree dalam kemasan pouch yang sangat ideal dalam memperkenalkan rasa buah, dengan mudah, kepada Si Kecil sejak dini dan ditujukan untuk anak usia 1-5 tahun.

Bapak Christofer Samuel Lesmana sebagai Brand Manager Milna

Sebagai ahlinya makanan bayi, Milna Nature Delight terbuat dari 100% buah asli dengan 3 varian rasa yang akan digemari dengan ukuran dan bentuk kemasan yang nyaman untuk digenggam Si Kecil. Sangat praktis untuk dibawa serta tidak mengandung pengawet ataupun gula tambahan serta diproses dengan Advanced Pasteurization Technology untuk membunuh semua mikroorganisme" jelas Bapak Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna. 3 varian rasa Milna Nature Delight telah disesuaikan dengan kebutuhan si kecil.

Varian Apple and peach

Varian Carrot, Apple, Pumpkin


Varian Banana, Strawberry,Apple

Cara Makan Milna Nature Delight




1. Kocok kemasan sebelum di konsumsi
2. Tuang Milna Nature Delight ke mangkok atau ke sendok
3. Bisa dikonsumsi sikecil langsung dari kemasan

Saran penyimpanan :
Simpan di tempat yang kering, sejuk, dan bersih. Setelah di buka produk harus di simpan di dalam lemari pendingin dan harus dihabiskan sebelum 48 jam.

Jadwal Pemberian MPASI

Pentingnya 1st bite day atau momen makan pertama si kecil dengan makanan pendamping ASI berupa meal dan Snack yang seimbang dan bergizi bagi tumbuh kembang si kecil, merupakan kampanye rutin yang diadakan Milna dalam mengedukasi orang tua. Meal sebaiknya terdiri dari lauk pauk hewani atau nabati dan makanan pokok lainnya yang menghasilkan energi dan mampu menjaga kekebalan tubuh. Snack sebagai makanan pendamping, sebaiknya kaya akan vitamin dan mineral.


Milna sebagai ahlinya makanan bayi juga memahami bahwa pemberian MPASI yang optimal bukan sekedar APA yang harus dipersiapkan untuk memenuhi Angka Kecukupan Gizi si kecil tetapi juga KAPAN, karena jika kebutuhan akan zat gizi tidak terpenuhi dengan baik pada waktu yang tepat maka tumbuh kembang anak akan kurang optimal.

Idealnya pemberian MPASI diawali dengan meal yang boleh diikuti dengan pemberian Snack 1-2 kali sehari. Jadwal pola makan anak usia 6-8 bulan terdiri dari 2x meal dan 2x Snack dan seiring bertambahnya usia si kecil, frekuensi dan porsi pemberian meal dan Snack juga akan bertambah sehingga untuk anak usia 10-12 bulan sudah boleh diberikan 3x meal dan 2x snack

Dengan memahami pengaturan jadwal makan si kecil serta memperkenalkannya berbagai rasa baru sejak dini, diharapkan si kecil bisa cepat akrab dengan buah dan sayur sehingga zat gizinya seimbang dan terpenuhi dengan baik. Disini, Milna Nature Delight hadir sebagai solusi untuk bunda dalam mempersiapkan Snack dengan mudah dan praktis, serta solusi untuk bisa menikmati snack sehat, begitu penjelasan dari Mba Helly Oktaviana sebagai Businessman Unit Head Nutrition for infanteri and baby, Kalbe Nutritionals.

Untuk mendapat informasi lebih lengkap tentang tumbuh kembang si kecil bisa mengunjungi sosial media Milna di
Facebook : MilnaID
Twitter : @bundamilna
Instagram : @milnaid
Website : www.milna.com



Wah senangnya dengan Milna Nature Delight membantu si kecil mudah makan buah kapanpun, apalagi sebentar lagi mau mudik pastinya harus bawa Milna Nature Delight untuk perjalanan si kecil yang menyenangkan agar selalu tetap mendapat manfaat buah dan sayur :)



Tentang KALBE NUTRITIONALS


KALBE Nutritionals secara aktif melakukan pengembangan produk nutrisi guna memper mempertajam komitmen di bidang bisnis makanan dan minuman kesehatan Kalbe nutritionals selalu berupaya mewujudkan misi we provide wellness to millions dengan menyediakan produk dan layanan kesehatan bagi masyarakat . Pernyataan tegas tersebut menjadi pedoman untuk tanpa henti mendayagunakan kemajuan ilmu pengetahuan demi memberikan produk dan layanan kesehatan terbaik bagi jutaan masyarakat khususnya dan dunia pada umumnya.


Menghadirkan layanan terbaik untuk semua pelanggan dan memudahkan kehidupan mereka telah menjadi aspirasi dan motivasi Kalbe nutritionals hal itu yang mendasari Kalbe nutritionals untuk terus memperluas layanan dan menghadirkan kemudahan dan kepraktisan bagi pelanggan Melalui strategi layanan konsumen terpadu, termasuk dengan menghadirkan 
- Layanan konsumen Kalbe customer care 0-800-140-2000(bebas pulsa)
 - Layanan pesan antar Kalbe home delivery 500 880
- Layanan pesan online Kalbe e-store (www.kalbestore.com)
hingga eksistensi Kalbe nutritionals di ranah digital melalui kanal-kanal jejaring sosial yang bertujuan untuk semakin mendekatkan diri dan memudahkan para pelanggan Untuk menjangkau Kalbe nutritionals. 



2 komentar:

  1. Si kecil kan butuh juga makan buah ya supaya pencernaan nya sehat. Syukurlah ada Milna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bunda, namun tetap perkenalkan si kecil buah dan sayur asli saat mulai mau tumbuh gigi agar dia tetap mengenal berbagai tekstur dan rasa dari buah dan sayur itu dan juga bisa merangsang pertumbuhan giginya

      Hapus