Rabu, 30 Mei 2018

Anyang-anyangan Jangan Disepelekan, Minum Prive Uri-cran Agar Terbebas Dari ISK

Assalamualaikum,

Alhamdulillah saat ini sudah memasuki setengah dari bulan Ramadhan, bagi yang menjalankan, semoga selalu diberikan kesehatan selama menjalani ibadah puasa.

Bagaimana agar kita selalu sehat selama menjalani puasa? berikut beberapa tips yang aku baca di wolipop:

✓ Saat sahur, konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks untuk bantu menahan kenyang selama 6 jam seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal,roti gandum, nasi merah. Jangan lupa juga konsumsi makanan berprotein, buah, sayur dan air putih yang cukup untuk bantu jaga stamina.
✓ Hindari konsumsi makanan berminyak karena akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen berkurang hingga 20% akibatnya akan mengantuk di siang hari.
✓Berbuka puasa dengan makan secukupnya
Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan karena bisa segera memulihkan energi setelah seharian puasa tapi jangan keliru ya, karena langsung makan banyak akan membuat perut sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.
✓Saat makan malam pastikan tidak makan terlalu banyak agar tetap sehat dan mencegah obesitas. Hindari kopi dan soda, ganti dengan air mineral dan jus buah.
✓Lakukan Olahraga ringan minimal jalan kaki 15-20 menit
✓Selalu perhatikan asupan makan dan jaga pola tidur yang cukup.

Salah satu yang harus betul diperhatikan adalah minum air putih, karena kalau kita kurang minum air putih akan meningkatkan resiko infeksi saluran kemih.



Nah di tanggal 26 Mei 2018 kemarin, bersama member Blogger Perempuan lainnya, aku berkesempatan bertemu dengan dr. OZ nih dr.Boy Abidin, SpOG (K) yang berbincang mengenai pentingnya menjaga kesehatan saluran kemih pada wanita.

Apa itu ISK??



ISK atau Infeksi Saluran Kemih adalah suatu penyakit yang 80% disebabkan karena adanya kuman yang berkoloni (Bakteri E.Colli) menempel di saluran kemih / saluran kencing, kuman tersebut masuk secara hematogen (melalui aliran darah) dan menjalar keatas.


Penyebab berkumpul nya si bakteri tersebut antara lain karena beberapa faktor eksternal seperti:
- toilet yang tidak bersih
- arah pembasuhan proses BAB yang tidak benar
- air untuk membasuh yang tidak bersih
yang memicu datang bakteri dari luar kemudian berpindah ke saluran kemih.

Penyebab ISK lainnya juga antara lain karena
- kurang minum air putih
- sering menahan pipis
- aktifitas seksual
- penyakit diabetes
- menopause
- kehamilan

Gejala Infeksi Saluran Kemih

ISK sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :
- Infeksi Saluran Kemih Atas
- Infeksi Saluran Kemih Bawah

Pada gejala umum yang paling sering ditemui adalah Anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil secara terus menerus disertai nyeri dan tidak lancar.
Gejala lainnya pada ISK bawah biasanya sering pipisnya dimalam hari dan gejala lainnya adalah hingga sampai tidak bisa menahan pipis.
Gejala yang lebih parah lagi adalah ISK Atas karena gangguan sudah akan memasuki wilayah organ ginjal, gejalanya antara lain : demam tinggi, menggigil, hilangnya nafsu makan, nyeri pada pinggang

Siapa Yang Bisa Terkena Infeksi Saluran Kemih

Semua orang bisa terkena ISK mulai dari anak anak hingga dewasa, pria maupun wanita, namun 50-60 % dialami oleh wanita dan 25 % nya mengalami infeksi saluran kemih secara berulang. 

Perbedaan sistem urin antara pria dengan wanita

5 dari 10  wanita beresiko terkena ISK dibandingkan Laki-laki karena secara anatomi tubuh, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran BAB lebih dekat sehingga rentan terkena gangguan di seputar saluran kemih.

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih

- Menjaga kebersihan lingkungan
- Menjaga kebersihan dan kelembaban area v , segera ganti panty(celana dalam) ketika sudah merasa lembab, jika terbiasa menggunakan pembersih kewanitaan sebaiknya dengan kandungan yang aman, mild, dengan pH seimbang kalau perlu harus melalui anjuran dokter.
- Jangan sembarang menggunakan toilet umum, selalu sedia alat pembersih yang dibawa dari rumah seperti tisu kering dan tisu basah kalau perlu selalu sedia air bersih milik sendiri untuk membasuhnya.
- Jangan suka menahan pipis
- minum air putih minimal 8 gelas/hari
- Konsumsi buah cranberry, untuk hasil maksimal bisa konsumsi 2 gelas jus kranberi per hari selama 10 hari.

Kenapa Buah Cranberry??
Buah cranberry telah lama di teliti dan digunakan di Amerika, efektif mencegah infeksi saluran kemih karena mengandung Proantocyanidin yang dapat mencegah penempelan bakteri E.Coli di dinding saluran kemih.


Buah cranberry masih sulit dicari dipasaran namun jangan khawatir, PT. Combiphar mengeluarkan produk Prive Uri-cran  yaitu ekstrak cranberry yang tersedia dalam bentuk kapsul dan serbuk yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan gangguan anyang-anyangan.

Prive Uri-cran ini tidak mengandung antibiotik jadi jangan khawatir ya untuk mengkonsumsinya.

Foto: Facebook Prive Uri-cran
So, biar ibadah tetap lancar dan sehat tanpa gangguan ISK mesti minum air putih yang banyak nih plus konsumsi Uri-cran 1-2x sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar