Minggu, 24 September 2017

Bicara Keuangan : Suami Istri Harus Saling Terbuka

Waktu berlalu sepertinya begitu cepat, seminggu lagi September ceria akan digantikan dengan Oktober rain. Alhamdulillah di September ini diberikan sehat dan dapat ilmu di acara bareng Kumpulan Emak Blogger,

Tanggal 9 September 2017 kemarin KEB mengadakan acara bareng Sinarmas MSIG Life, kali ini membahas tema salah satunya adalah cara mengelola keuangan dengan baik.


Pak Sitorus dari pihak Sinarmas MSIG Life menjelaskan bahwa Index literasi keuangan di Indonesia hanya 30% itu artinya hanya sedikit masyarakat di Indonesia yang memiliki pengetahuan tentang perencanaan keuangan. Kepedulian PT. Sinarmas terhadap keluarga Indonesia memberikan pengetahuan untuk dapat merencanakan keuangan dengan baik agar hidup tentram dan sejahtera salah satunya dengan mengadakan acara ini bareng para emaks.

Mas Aakar founder dari JOUSKA Finansial juga hadir sebagai narasumber.


Yang paling menggelitik dari penjelasan Mas Aakar adalah ternyata prinsip Uangmu,uangku. Uangku,uangku adalah tidak baik bahkan 80% resiko kemungkinan akan terjadi perselingkuhan,keretakan rumah tangga dan juga ditinggalkan hutang. Jadi harus saling terbuka mengenai hal keuangan.
Dan Mas Aakar juga memberikan tips bagaimana agar kita tidak terjebak dalam jebakan golongan kelas menengah/ Middle Income Trap.

Apa itu Middle Income Trap?

Istilah ini dipakai pada negara negara yang memiliki ekonomi menengah yaitu terjebak dalam keadaan ekonomi dimana pengeluaran selalu mengikuti pemasukan, penghasilan bertambah tapi juga gaya hidup semakin meningkat. Ga jauh-jauh sih contohnya seperti beli gadget terbaru padahal yang lama masih bagus, atau ada kenaikan gaji langsung pengen kredit mobil baru, staycation,liburan ataupun yang sering dialami emaks itu pas ada diskonan sana sini jadi lapar mata padahal barangnya kurang begitu dibutuhkan. Untuk itu perlu nya kita untuk melakukan
Finansial check caranya dengan :
✓ Melakukan pemeriksaan keuangan rutin
- Cek income keseluruhan
- Cek aset, status sertifikat tanah apakah sudah lengkap,jangan sampai kita mewarisi anak anak kita dengan tanah girik ataupun berstatus HGB(Hak Guna Bangunan)
- Asuransi
Alokasikan dana khususnya asuransi kesehatan wajib dimiliki setiap keluarga karena setiap orang akan menua dan memiliki resiko sakit untuk itu asuransi kesehatan penting sekali dan kalau punya asuransi satu keluarga kalau bisa tertanggung utamanya menggunakan nama Istri karena jika sumber utamanya ( suami ) meninggal lebih dahulu asuransi akan tetap berjalan
- Rekening
Saling mengetahui penghasilan dan rekening masing-masing jika istri juga ikut bekerja.
- Lunasi Hutang

✓ Risk Profile
Jangan over confidence terhadap posisi usaha/ jabatan saat ini

✓ Goal
Tentukan tujuan hidup
Memilih investasi yang tepat, pelajari fitur dan kelebihannya jangan sampai menjadi korban investasi bodong,pastikan perusahaan investasi sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.


Terima kasih banyak buat Kumpulan Emak Blogger yang selalu membuat acara yang sarat ilmu bermanfaat khususnya buat emak sebagai ratu rumah tangga yang mesti pintar kelola keuangan biar rumah tangga selalu rukun, hidup tentram dan bahagia selalu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar