Langsung ke konten utama

Lengkapi Momen Spesial Ibu Hamil Dan Menyusui Di Acara "Festival Ngidam SGM Bunda"

Setiap kehamilan seorang ibu selalu memiliki cerita uniknya masing masing termasuk saya dengan tiga orang anak dan pengalaman kehamilan yang berbeda terutama kalau ngomongin tentang ngidam, waktu hamil Abid rasanya selalu ingin makan berbagai jenis buah yang berbeda setiap harinya sampai kepengen buah persik yang ada di serial film Monkey King,pas waktu hamil Lala sih biasa aja ga ada keinginan berlebihan dan saat kehamilan si kecil Dede Adib kepengennya dimanja,di elus elus,disayang terus sama suami, terlambat pulang kerja aja bawaannya ngambek terus. Kalau diingat-ingat kadang suka lucu juga sih. Apapun ngidamnya yang terpenting ibu hamil harus selalu menjaga kesehatan dan selalu menjaga asupan gizi agar ibu dan janin selalu sehat yaa.



Pentingnya Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui


Ki-Ka: MC, Dr. Damar, Psikolog Tara, Ibu Chris

Dalam acara Media dan Blogger Gathering SGM Bunda yang ku hadiri 24 Agustus 2017 kemarin,
Ternyata sebuah Riset Kesehatan Dasar (RisKesDas) 2013 menunjukkan bahwa angka bayi kecil (<2500gr) yang dilahirkan di Indonesia mencapai 10,2% sedangkan bayi lahir pendek (<48cm) mencapai 20,2%. Angka tersebut menandakan bahwa masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi tersebut tentunya disebabkan oleh pola makan yang tidak bergizi dengan porsi yang belum tentu seimbang sesuai kebutuhan Bunda dan si kecil. Untuk itu, perlu adanya control akan pola konsumsi dan pemahaman tentang nutrisi yang tepat dikala hamil termasuk saat ngidam. Karena bunda adalah satu-satunya sumber nutrisi bagi sikecil, sehingga
  bunda sehat, sikecil juga sehat.
Anak adalah permata bagi keluarga. Kesehatanya adalah prioritas utama ,akan lebih baik bila kesehatannya sudah dijaga sejak masih dalam masa kandungan dan menyusui. Karena disanalah awal sebuah pebentukan struktur tubuh. Kesehatan yang tidak dijaga oleh ibu hamil akan menimbulkan resiko negative pada saat melahirkan,seperti kelahiran premature atau berat badan kurang.
Salah satu kiat menjaga kesehatan bagi ibu hamil adalah memenuhi asupan nutrisi pada masa kehamilan,  Bunda dapat menjadikan momen ngidam dalam memenuhi kecukupan nutrisi harian.


Mengapa Mama Mengidam?


Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) memaparkan bahwa ngidam adalah hal wajar bagi Bunda hamil, biasanya dipicu oleh meningkatnya Peptida Opiod Endogen (POE). 
Dimana terdapat hubungan kuat antara POE dengan asupan makanan . namun perlu juga dicermati , karena seringkali bunda kesulitan untuk mengontrol keinginan sehingga cenderung melupakan asupan nutrisi seimbang yang harus dipenuhi.
Meningkatnya kebutuhan asupan karbohidrat, protein, maupun lemak perlu diimbangi dengan kecukupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi, dan kalsium yang memiliki peranan besar untuk perkembangan kecerdasan dan fisik si Kecil sejak dalam kandungan. Contohnya, menghindari konsumsi makanan dengan kadar gula dan minyak berlebih. Jika bunda ingin mengkonsumsi kudapan lezat dan bernutrisi , bunda dapat memilih buah potong, jus buah segar, atau agar-agar kaya serat. Yang paling utama , Bunda dianjurkan memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang dengan pola makan bergizi 3x sehari,air mineral 10 gelas/hari,dan dilengkapi susu khusus kehamilan setiap hari. Disamping pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan terutama saat ngidam. Bunda juga dianjurkan untuk dapat mengontrol perubahan psikologis yang terjadi dalam dirinya.


Nutrisi Lezat Bunda Sehat

SGM Bunda terus berkomitmen mendukung bunda menjalani kehamilan hingga menyusui tetap sehat dan bahagia. Dengan program kampanye "Nutrisi Lezat Bunda Sehat". SGM Bunda sebelumnya telah menghadirkan Edukasi nutrisi dan USG Gratis di banyak Lokasi di Jawa dan Sumatera di 900 titik lokasi dan kini sudah mencapai 34.790 Bunda. 


Dalam kegiatan ini SGM Bunda telah memecahkan Rekor MURI Indonesia dan Dunia untuk ' Jumlah Foto USG Bunda Hamil Terbanyak', dan kegiatan ini masih akan terus berlangsung hingga akhir 2017 dan diharapkan dapat menjangkau hingga 75.000 Bunda Hamil.

Festival Ngidam SGM Bunda


Memahami kebutuhan para bunda dikala hamil untuk dapat menikmati masa ngidam yang sehat dan bahagia, SGM Bunda menghadirkan " Festival Ngidam SGM Bunda" yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-3 September 2017 di Summarecon Mall Bekasi.
Ibu Christina Natalia selaku Marketing Manager Nutricia SariHusada menjelaskan  bahwa dalam rangkaian kegiatan Festival Ngidam SGM Bunda, para Bunda dan Ayah dapat aktif berkonsultasi seputar kehamilan dan nutrisi serta mengikuti talk show edukatif bersama para ahli seperti Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) perihal ‘Peran Nutrisi Masa Hamil & Menyusui untuk Dukung Bunda & si Kecil Sehat’ , Prita Ghozie perihal ‘Perencanaan Keuangan dalam Menyambut Kehamilan’,  dan Psikolog Keluarga Tara de Thouars, BA, M.Psi perihal ‘Dukungan Psikologis Bunda di Masa Hamil dan Menyusui’. Tidak hanya itu, akan ada beberapa aktifitas gratis dan menarik untuk Bunda seperti kelas senam hamil, edukasi laktasi , tips tetap cantik saat hamil hingga menyusui, hingga demo masak lezat bernutrisi bersama Chef Deny dari Master Chef Indonesia 2015
Aktivitas seru lainnya seperti  Ngidam Jajan, Ngidam Eksis, Ngidam ketemu Artis.



Bunda Hamil Dan Menyusui Yuk Ikutan Fashion Show di Festival Ngidam SGM Bunda 

Untuk memeriahkan acara ini bunda juga bisa lho berkesempatan menjadi peserta fashion show dalam Festival Ngidam SGM Bunda di Summarecon Mall Bekasi dan caranya sangat mudah yaitu hanya dengan mengirimkan foto dan cerita unik bunda saat ngidam di Fanpage Facebook SGM Bunda,info lengkapnya bisa lihat disana.

Aku juga sudah ikutan post foto dan cerita unik saat ngidam kemarin, siapa tau beruntung ya busui bisa ikutan fashion show di Festival Ngidam SGM Bunda 😄

Ingin tahu keseruan Festival Ngidam SGM Bunda yang sebelumnya telah diadakan di Surabaya bisa lihat disini ya

Komentar

  1. Aduh gayanya bu widia kece banget. Semoga bisa lenggak lenggok di catwalk nanti ya

    BalasHapus
  2. Makin banyak aja acara yang memberikan pengetahuan gratis kepada para ibu ya. Termasuk acara ngidam ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Tes Alergi Susu Sapi Di Rumah

Memiliki anak adalah anugerah yang terindah yang dimiliki setiap orangtua. Sebagai orangtua pastinya ingin selalu melihat tumbuh kembangnya setiap saat, melihat anak tumbuh sehat dan berkembang sesuai usianya adalah dambaan para orangtua termasuk aku, hanya satu hal yang membuat orangtua sedih itu kalau tiba tiba si kecil punya masalah kesehatan seperti demam,flu, masalah pencernaan seperti diare, masalah BAB dsb.

Dalam kesempatan kali ini aku mau kasih info tentang masalah pencernaan dan alergi anak karena beberapa minggu yang lalu tepatnya tanggal 19 Juni 2017 aku dapat pengetahuan baru yang membahas tentang hal tersebut dalam sebuah talkshow ringan bertema

Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi "

Bertempat di Tanamera Cuisine Kebayoran Baru Jakarta Selatan hadir DR. Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) Bapak M.Nuh Nasution dan Pak Parjono sebagai Pembicara.

Kenali Permasalahan Perncernaan Si Kecil

Ternyata pada sebagian bayi mengalami masalah pencernaan di usia…

Memilih Susu Dengan Kandungan Nutrisi Alami

Masa 1000 hari pertama kehidupan adalah masa yang tak tergantikan, banyak kenangan tumbuh kembang si kecil mulai dari momen hamil,melahirkan, menyusui, belajar MPASI. Si kecil cepat tumbuh dan rasanya ingin dia selalu menjadi bayi yang menggemaskan sepanjang masa, kalo mums zaman now sih suka bilang  "baby please don't grow up so fast".

Alhamdulillah bulan ini dede Adib masuk usia 2 tahun 1 bulan, sudah melewati fase 1000 HPK dan sekarang sedang menikmati masa kanak kanaknya. Dan di masa kanak kanak ini dede Adib nggak kalah menggemaskan lho. Dia  selalu penasaran sama semua yang ada di sekitarnya, lagi senang bersenandung, belajar menyusun kalimat, bergerak aktif, dan lagi senang sosialisasi sama teman teman kakaknya :) . dede Adib full menyusui selama 6 bulan dan melanjutkan ASI bersama makanan pendampingnya, bersyukur banget dede Adib jadi  jarang sakit, pernah sih sakit dan yang paling sedih itu waktu perutnya kembung dan mencret. Mungkin saat itu dia lagi asyiknya bel…

Kanker Payudara : Sebelum Terlambat Yuk Deteksi Dengan SADARI & SADANIS

Waktu begitu cepat berlalu, beberapa hari lagi waktu akan masuk ke bulan Oktober. Setiap bulan Oktober di peringati sebagai bulan peduli kanker payudara sedunia. Bertempat di Gedung Kementerian Kesehatan P2P tanggal 19 September 2017 kemarin aku berkesempatan mengenal tentang penyakit kanker payudara lho.



Para pembicara yang hadir,
1. dr. Lily S. Sulistyowati, MM - Direktur P2PTM
2. Dr. Bob Andinata SpB (K) Onk - Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI)
3. Ibu Shanti Persada - Founder Lovepink
4. Ibu Samantha Barbara - Ketua Lovepink
Kanker Payudara di Indonesia
Penyakit kanker banyak sekali jenisnya. Menurut RisKesDas Kemenkes tahun 2013, kanker payudara menjadi salah satu prevalensi kanker tertinggi di Indonesia yaitu 50/100 ribu penduduk dengan angka kejadian tertinggi berada di Yogyakarta yaitu 24/10 ribu penduduk dan menjadi 10 penyebab kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia dengan angka kematian 21,5/100 ribu penduduk
Apa itu Kanker Payudara?
Kanker payudara keganasan s…