Lengkapi Momen Spesial Ibu Hamil Dan Menyusui Di Acara "Festival Ngidam SGM Bunda"

Setiap kehamilan seorang ibu selalu memiliki cerita uniknya masing masing termasuk saya dengan tiga orang anak dan pengalaman kehamilan yang berbeda terutama kalau ngomongin tentang ngidam, waktu hamil Abid rasanya selalu ingin makan berbagai jenis buah yang berbeda setiap harinya sampai kepengen buah persik yang ada di serial film Monkey King,pas waktu hamil Lala sih biasa aja ga ada keinginan berlebihan dan saat kehamilan si kecil Dede Adib kepengennya dimanja,di elus elus,disayang terus sama suami, terlambat pulang kerja aja bawaannya ngambek terus. Kalau diingat-ingat kadang suka lucu juga sih. Apapun ngidamnya yang terpenting ibu hamil harus selalu menjaga kesehatan dan selalu menjaga asupan gizi agar ibu dan janin selalu sehat yaa.



Pentingnya Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui


Ki-Ka: MC, Dr. Damar, Psikolog Tara, Ibu Chris

Dalam acara Media dan Blogger Gathering SGM Bunda yang ku hadiri 24 Agustus 2017 kemarin,
Ternyata sebuah Riset Kesehatan Dasar (RisKesDas) 2013 menunjukkan bahwa angka bayi kecil (<2500gr) yang dilahirkan di Indonesia mencapai 10,2% sedangkan bayi lahir pendek (<48cm) mencapai 20,2%. Angka tersebut menandakan bahwa masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi tersebut tentunya disebabkan oleh pola makan yang tidak bergizi dengan porsi yang belum tentu seimbang sesuai kebutuhan Bunda dan si kecil. Untuk itu, perlu adanya control akan pola konsumsi dan pemahaman tentang nutrisi yang tepat dikala hamil termasuk saat ngidam. Karena bunda adalah satu-satunya sumber nutrisi bagi sikecil, sehingga
  bunda sehat, sikecil juga sehat.
Anak adalah permata bagi keluarga. Kesehatanya adalah prioritas utama ,akan lebih baik bila kesehatannya sudah dijaga sejak masih dalam masa kandungan dan menyusui. Karena disanalah awal sebuah pebentukan struktur tubuh. Kesehatan yang tidak dijaga oleh ibu hamil akan menimbulkan resiko negative pada saat melahirkan,seperti kelahiran premature atau berat badan kurang.
Salah satu kiat menjaga kesehatan bagi ibu hamil adalah memenuhi asupan nutrisi pada masa kehamilan,  Bunda dapat menjadikan momen ngidam dalam memenuhi kecukupan nutrisi harian.


Mengapa Mama Mengidam?


Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) memaparkan bahwa ngidam adalah hal wajar bagi Bunda hamil, biasanya dipicu oleh meningkatnya Peptida Opiod Endogen (POE). 
Dimana terdapat hubungan kuat antara POE dengan asupan makanan . namun perlu juga dicermati , karena seringkali bunda kesulitan untuk mengontrol keinginan sehingga cenderung melupakan asupan nutrisi seimbang yang harus dipenuhi.
Meningkatnya kebutuhan asupan karbohidrat, protein, maupun lemak perlu diimbangi dengan kecukupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi, dan kalsium yang memiliki peranan besar untuk perkembangan kecerdasan dan fisik si Kecil sejak dalam kandungan. Contohnya, menghindari konsumsi makanan dengan kadar gula dan minyak berlebih. Jika bunda ingin mengkonsumsi kudapan lezat dan bernutrisi , bunda dapat memilih buah potong, jus buah segar, atau agar-agar kaya serat. Yang paling utama , Bunda dianjurkan memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang dengan pola makan bergizi 3x sehari,air mineral 10 gelas/hari,dan dilengkapi susu khusus kehamilan setiap hari. Disamping pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan terutama saat ngidam. Bunda juga dianjurkan untuk dapat mengontrol perubahan psikologis yang terjadi dalam dirinya.


Nutrisi Lezat Bunda Sehat

SGM Bunda terus berkomitmen mendukung bunda menjalani kehamilan hingga menyusui tetap sehat dan bahagia. Dengan program kampanye "Nutrisi Lezat Bunda Sehat". SGM Bunda sebelumnya telah menghadirkan Edukasi nutrisi dan USG Gratis di banyak Lokasi di Jawa dan Sumatera di 900 titik lokasi dan kini sudah mencapai 34.790 Bunda. 


Dalam kegiatan ini SGM Bunda telah memecahkan Rekor MURI Indonesia dan Dunia untuk ' Jumlah Foto USG Bunda Hamil Terbanyak', dan kegiatan ini masih akan terus berlangsung hingga akhir 2017 dan diharapkan dapat menjangkau hingga 75.000 Bunda Hamil.

Festival Ngidam SGM Bunda


Memahami kebutuhan para bunda dikala hamil untuk dapat menikmati masa ngidam yang sehat dan bahagia, SGM Bunda menghadirkan " Festival Ngidam SGM Bunda" yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-3 September 2017 di Summarecon Mall Bekasi.
Ibu Christina Natalia selaku Marketing Manager Nutricia SariHusada menjelaskan  bahwa dalam rangkaian kegiatan Festival Ngidam SGM Bunda, para Bunda dan Ayah dapat aktif berkonsultasi seputar kehamilan dan nutrisi serta mengikuti talk show edukatif bersama para ahli seperti Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) perihal ‘Peran Nutrisi Masa Hamil & Menyusui untuk Dukung Bunda & si Kecil Sehat’ , Prita Ghozie perihal ‘Perencanaan Keuangan dalam Menyambut Kehamilan’,  dan Psikolog Keluarga Tara de Thouars, BA, M.Psi perihal ‘Dukungan Psikologis Bunda di Masa Hamil dan Menyusui’. Tidak hanya itu, akan ada beberapa aktifitas gratis dan menarik untuk Bunda seperti kelas senam hamil, edukasi laktasi , tips tetap cantik saat hamil hingga menyusui, hingga demo masak lezat bernutrisi bersama Chef Deny dari Master Chef Indonesia 2015
Aktivitas seru lainnya seperti  Ngidam Jajan, Ngidam Eksis, Ngidam ketemu Artis.



Bunda Hamil Dan Menyusui Yuk Ikutan Fashion Show di Festival Ngidam SGM Bunda 

Untuk memeriahkan acara ini bunda juga bisa lho berkesempatan menjadi peserta fashion show dalam Festival Ngidam SGM Bunda di Summarecon Mall Bekasi dan caranya sangat mudah yaitu hanya dengan mengirimkan foto dan cerita unik bunda saat ngidam di Fanpage Facebook SGM Bunda,info lengkapnya bisa lihat disana.

Aku juga sudah ikutan post foto dan cerita unik saat ngidam kemarin, siapa tau beruntung ya busui bisa ikutan fashion show di Festival Ngidam SGM Bunda 😄

Ingin tahu keseruan Festival Ngidam SGM Bunda yang sebelumnya telah diadakan di Surabaya bisa lihat disini ya

Widia Purnawita

2 komentar:

  1. Aduh gayanya bu widia kece banget. Semoga bisa lenggak lenggok di catwalk nanti ya

    BalasHapus
  2. Makin banyak aja acara yang memberikan pengetahuan gratis kepada para ibu ya. Termasuk acara ngidam ini

    BalasHapus