Minggu, 26 Februari 2017

Mengenal Badan POM : Kalau Mau Aman Lakukan Cek KLIK

Saat ini kita dihadapi dengan beragam pilihan barang kebutuhan sehari-hari apalagi sekarang sudah ada online shop yang menjual berbagai kebutuhan mulai dari barang elektronik,pakaian,kosmetik,makanan dan lainnya yang membuat kita mudah untuk bertransaksi hanya dengan sentuhan jari saja. Walaupun kini semakin mudah,tapi kita perlu waspada juga terutama dengan pembelian obat dan makanan karena mereka masuk kedalam tubuh.
Jangan sampai karena lihat model cream pemutih wajah yang cantik terus tergiur untuk beli, Pas dipakai creamnya ternyata kulit bukan jadi warna putih malah jadi warna merah iritasi gara gara gak liat labelnya dulu, atau jadi diare karena abis makan kerupuk jengkol online yang ternyata kemasannya ga ada izin edar. Dih, bahaya banget sih.
Yap,jadi kita kudu waspada sama barang yang mau dibeli dimanapun baik secara online maupun biasa.
Sebelum membeli,kita cukup berpedoman cek KLIK saja yaitu :
K => KEMASAN dalam kondisi baik
L => LABEL , baca informasi produk
I  => IZIN EDAR Resmi dari BPOM
K => KADALUWARSA ,pastikan tidak dikonsumsi melebihi tanggal yang tertera di kemasan.

Mengenal lebih dekat dengan BPOM
Hari Selasa, 21 Februari 2017 yang lalu saya berkesempatan menghadiri acara open house dan kunjungan laboratorium yang diadakan oleh BPOM di daerah Jakarta Pusat. Kata sambutan dibawakan oleh Ibu Riati A,SH,MARS,M.Hum sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas BPOM 
Ibu Riati

Bapak Tepy
kemudian dilanjutkan oleh Bapak Drs. Tepy Usia yang menjelaskan tentang Laboratorium pusat pengujian obat dan makanan nasional.

Kedudukan Badan POM 

Badan POM adalah lembaga non kementerian yang dibentuk untuk melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketebtuan peraturan perundang- undangan yang berlaku. BPOM berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. BPOM berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan.
Berikut ini Fungsi dan Kewenangan BPOM :




VISI = Obat dan makanan aman,meningkatkan kesehatan masyarakat dan daya saing bangsa.
MISI = Meningkatkan sistem pengawasan obat dan makanan berbasis resiko untuk melindungi masyarakat.
Mendorong kemandirian pelaku usaha dalam memberikan jaminan keamanan obat dan makanan serta memperkuat kemitraan dengan pemangku kepentingan.
Meningkatkan kapasitas kelembagaan BPOM
TUJUAN = Meningkatkan jaminan obat dan makanan aman,bermanfaat dan bermutu dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengujian yang hasilnya dapat dipercaya.

Untuk Laboratorium pengujian obat dan makanan sudah tersebar di tiap provinsi dan sudah terakreditasi oleh WHO dan setiap tahunnya dilakukan kalibrasi alat penguji agar tetap akurat.




Kunjungan Laboratorium





- Di lantai 1 kami mengunjungi Lab Obat tradisional,Kosmetik, dan produk komplemen
- Lantai 2 adalah Lab bidang pangan,disini juga menguji bahan pangan tambahan seperti zat pewarna,aspartam,pengawet,natrium benzoat dll yang harus memiliki kadar yang ditentukan dalam satu kemasan.
- Lantai 3 adalah Lab bidang Terapeutik dan bahan berbahaya,dan juga alat kesehatan seperti diaper,pembalut,kondom,cairan infus dan masih banyak lagi, alat makan juga di uji lho.

Kunjungan ke Layanan Call Center


Layanan Call Center Halo BPOM 1500533 sudah beroperasi sejak tahun 2014 bertujuan untuk meningkatkan layanan publik untuk mendapatkan informasi dan pengaduan terkait Badan POM.


Dengan 6 agent cantik dan ramah siap melayani pertanyaan  selama 24 jam melalui nomor 1500533 pada jam 8 pagi hingga jam 5 sore dan 081219999533 atau follow media sosial twitter di @HaloBPOM1500533



Dan kini semakin mudah mengecek no izin edar, bertanya, atau melaporkan jika ada produk obat dan makanan yang diragukan melalui aplikasi disini 👇



Jangan lupa untuk mengunduhnya di playstore atau applestore.

2 komentar: