Langsung ke konten utama

Reading Is Fun : Early Language Learning Workshop

Tahun ini merupakan tahun yang menegangkan untuk saya, karena ditahun ini Abid sudah mulai masuk Sekolah Dasar. Saya merasa khawatir karena dia belum lancar membaca. Kekhawatiran itupun bertambah saat saya ke tempat pendaftaran sekolah,disana banyak pula para ibu yang mendaftarkan anaknya sekolah. Saya bertanya kepada sebagian ibu disana  apakah anak mereka sudah bisa dan lancar membaca? Dan semua ibu yang kutanya pun menjawab iya,bahkan sebagian ibu menjawab dengan bangga kalau anaknya pun sudah bisa bahasa inggris dasar.Walaupun kata Pemerintah saat masuk SD tidak ada persyaratan untuk bisa CALISTUNG (Baca,Tulis,Hitung) tapi saya cemas ketika nanti dia dikelas,teman-teman nya sudah lancar baca,Abid masih mengeja,khawatir bagaimana ya nanti perlakuan guru terhadap Abid dan perlakuan teman sekelasnya terhadap dia.
Saya pun masih mencari cara bagaimana metode belajar yang tepat untuk Abid agar dia dengan senang hatinya mampu membaca dengan lancar dan bisa belajar hal lainnya dengan baik,begitu juga dengan dua adik balitanya yang nanti juga akan mengalami masuk sekolah.
Berbekal info dari Mba Mira Utami bahwa ada undangan Early Languange Learning Workshop sangat melegakan hati saya.
Workshop tersebut diadakan di Rumah Kerinci Reading Is Fun.


Dalam workshop tersebut aku baru tahu ternyata bayi usia 3 bulan pun sudah mulai bisa diajarkan membaca.Kok bisa ya?
Ya, metode ini diperkenalkan oleh Dr.Robert Titzer seorang peneliti bayi asal Amerika dan telah sukses dipraktekkan oleh keluarga di berbagai negara.
Metode yang diperkenalkan Dr.Robert Titzer adalah dengan Multy Sensory System yaitu cara belajar dengan menggabungkan tiga hal penting yaitu VAK:
- Visual (melihat)
- Auditory (mendengarkan)
- Kinesthetic (merasakan)
Dalam metode ini,anak diharapkan dapat belajar menulis dan membaca kata dalam waktu yang bersamaan.

Mengapa sejak bayi sudah bisa diajarkan membaca?
Pasti sudah tidak asing kalau mendengar Golden Period atau masa keemasan si kecil.
Golden Period terjadi di 5 tahun pertama kehidupan.Di masa itulah otak si kecil akan mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga mencapai 90%.

Di masa ini pula dibutukan stimulasi yang tepat untuk sikecil,karena pada masa emas ini anak sangat cepat sekali menyerap pelajaran apa yang dia lihat,dengar,dan rasakan.
Nah sebagai alat penunjang sikecil agar lebih optimal mendapat stimulasi yang tepat,terdapat 2 paket yang disediakan yaitu :
1. Your Baby Can Learn (usia 3 bulan - 5 tahun )
2. Your Baby Can Discover ( usia 1 tahun - 7 tahun )


Di Rumah Kerinci ( Reading Is Fun ) juga membuka kelas untuk anak agar bisa belajar membaca namun tetap menyenangkan dengan menggunakan Metode dari Dr.Robert dan alat peraganya yaitu Your Baby Can Learn dan Your Child Can Discovery.
Dan disana juga tersedia buku- buku lain untuk bisa dibaca anak-anak dan ruangan pun dirancang khusus agar anak bisa belajar dengan fun.

Semoga nanti segera dibuka kelas di daerah sekitar kelapa gading ya,biar dedenya Abid bisa ikut kelas baca. Pasti para bunda sangat antusias dede bayi bisa belajar baca.


 

Terima kasih untuk hari yang menyenangkan sekaligus meredakan kecemasan saya terhadap ketiga anak-anakku Abid-lala-adib.
Semoga kalian jadi anak-anak cerdas,berprestasi dan membanggakan.








Komentar

  1. Semoga reading is fun ada di lokasi daerah ibu masing-masing ya..

    BalasHapus
  2. Asyik sekali bisa belajar tanpa membosankan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Tes Alergi Susu Sapi Di Rumah

Memiliki anak adalah anugerah yang terindah yang dimiliki setiap orangtua. Sebagai orangtua pastinya ingin selalu melihat tumbuh kembangnya setiap saat, melihat anak tumbuh sehat dan berkembang sesuai usianya adalah dambaan para orangtua termasuk aku, hanya satu hal yang membuat orangtua sedih itu kalau tiba tiba si kecil punya masalah kesehatan seperti demam,flu, masalah pencernaan seperti diare, masalah BAB dsb.

Dalam kesempatan kali ini aku mau kasih info tentang masalah pencernaan dan alergi anak karena beberapa minggu yang lalu tepatnya tanggal 19 Juni 2017 aku dapat pengetahuan baru yang membahas tentang hal tersebut dalam sebuah talkshow ringan bertema

Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi "

Bertempat di Tanamera Cuisine Kebayoran Baru Jakarta Selatan hadir DR. Dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) Bapak M.Nuh Nasution dan Pak Parjono sebagai Pembicara.

Kenali Permasalahan Perncernaan Si Kecil

Ternyata pada sebagian bayi mengalami masalah pencernaan di usia…

Memilih Susu Dengan Kandungan Nutrisi Alami

Masa 1000 hari pertama kehidupan adalah masa yang tak tergantikan, banyak kenangan tumbuh kembang si kecil mulai dari momen hamil,melahirkan, menyusui, belajar MPASI. Si kecil cepat tumbuh dan rasanya ingin dia selalu menjadi bayi yang menggemaskan sepanjang masa, kalo mums zaman now sih suka bilang  "baby please don't grow up so fast".

Alhamdulillah bulan ini dede Adib masuk usia 2 tahun 1 bulan, sudah melewati fase 1000 HPK dan sekarang sedang menikmati masa kanak kanaknya. Dan di masa kanak kanak ini dede Adib nggak kalah menggemaskan lho. Dia  selalu penasaran sama semua yang ada di sekitarnya, lagi senang bersenandung, belajar menyusun kalimat, bergerak aktif, dan lagi senang sosialisasi sama teman teman kakaknya :) . dede Adib full menyusui selama 6 bulan dan melanjutkan ASI bersama makanan pendampingnya, bersyukur banget dede Adib jadi  jarang sakit, pernah sih sakit dan yang paling sedih itu waktu perutnya kembung dan mencret. Mungkin saat itu dia lagi asyiknya bel…

Kanker Payudara : Sebelum Terlambat Yuk Deteksi Dengan SADARI & SADANIS

Waktu begitu cepat berlalu, beberapa hari lagi waktu akan masuk ke bulan Oktober. Setiap bulan Oktober di peringati sebagai bulan peduli kanker payudara sedunia. Bertempat di Gedung Kementerian Kesehatan P2P tanggal 19 September 2017 kemarin aku berkesempatan mengenal tentang penyakit kanker payudara lho.



Para pembicara yang hadir,
1. dr. Lily S. Sulistyowati, MM - Direktur P2PTM
2. Dr. Bob Andinata SpB (K) Onk - Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI)
3. Ibu Shanti Persada - Founder Lovepink
4. Ibu Samantha Barbara - Ketua Lovepink
Kanker Payudara di Indonesia
Penyakit kanker banyak sekali jenisnya. Menurut RisKesDas Kemenkes tahun 2013, kanker payudara menjadi salah satu prevalensi kanker tertinggi di Indonesia yaitu 50/100 ribu penduduk dengan angka kejadian tertinggi berada di Yogyakarta yaitu 24/10 ribu penduduk dan menjadi 10 penyebab kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia dengan angka kematian 21,5/100 ribu penduduk
Apa itu Kanker Payudara?
Kanker payudara keganasan s…