Reading Is Fun : Early Language Learning Workshop

Tahun ini merupakan tahun yang menegangkan untuk saya, karena ditahun ini Abid sudah mulai masuk Sekolah Dasar. Saya merasa khawatir karena dia belum lancar membaca. Kekhawatiran itupun bertambah saat saya ke tempat pendaftaran sekolah,disana banyak pula para ibu yang mendaftarkan anaknya sekolah. Saya bertanya kepada sebagian ibu disana  apakah anak mereka sudah bisa dan lancar membaca? Dan semua ibu yang kutanya pun menjawab iya,bahkan sebagian ibu menjawab dengan bangga kalau anaknya pun sudah bisa bahasa inggris dasar.Walaupun kata Pemerintah saat masuk SD tidak ada persyaratan untuk bisa CALISTUNG (Baca,Tulis,Hitung) tapi saya cemas ketika nanti dia dikelas,teman-teman nya sudah lancar baca,Abid masih mengeja,khawatir bagaimana ya nanti perlakuan guru terhadap Abid dan perlakuan teman sekelasnya terhadap dia.
Saya pun masih mencari cara bagaimana metode belajar yang tepat untuk Abid agar dia dengan senang hatinya mampu membaca dengan lancar dan bisa belajar hal lainnya dengan baik,begitu juga dengan dua adik balitanya yang nanti juga akan mengalami masuk sekolah.
Berbekal info dari Mba Mira Utami bahwa ada undangan Early Languange Learning Workshop sangat melegakan hati saya.
Workshop tersebut diadakan di Rumah Kerinci Reading Is Fun.


Dalam workshop tersebut aku baru tahu ternyata bayi usia 3 bulan pun sudah mulai bisa diajarkan membaca.Kok bisa ya?
Ya, metode ini diperkenalkan oleh Dr.Robert Titzer seorang peneliti bayi asal Amerika dan telah sukses dipraktekkan oleh keluarga di berbagai negara.
Metode yang diperkenalkan Dr.Robert Titzer adalah dengan Multy Sensory System yaitu cara belajar dengan menggabungkan tiga hal penting yaitu VAK:
- Visual (melihat)
- Auditory (mendengarkan)
- Kinesthetic (merasakan)
Dalam metode ini,anak diharapkan dapat belajar menulis dan membaca kata dalam waktu yang bersamaan.

Mengapa sejak bayi sudah bisa diajarkan membaca?
Pasti sudah tidak asing kalau mendengar Golden Period atau masa keemasan si kecil.
Golden Period terjadi di 5 tahun pertama kehidupan.Di masa itulah otak si kecil akan mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga mencapai 90%.

Di masa ini pula dibutukan stimulasi yang tepat untuk sikecil,karena pada masa emas ini anak sangat cepat sekali menyerap pelajaran apa yang dia lihat,dengar,dan rasakan.
Nah sebagai alat penunjang sikecil agar lebih optimal mendapat stimulasi yang tepat,terdapat 2 paket yang disediakan yaitu :
1. Your Baby Can Learn (usia 3 bulan - 5 tahun )
2. Your Baby Can Discover ( usia 1 tahun - 7 tahun )


Di Rumah Kerinci ( Reading Is Fun ) juga membuka kelas untuk anak agar bisa belajar membaca namun tetap menyenangkan dengan menggunakan Metode dari Dr.Robert dan alat peraganya yaitu Your Baby Can Learn dan Your Child Can Discovery.
Dan disana juga tersedia buku- buku lain untuk bisa dibaca anak-anak dan ruangan pun dirancang khusus agar anak bisa belajar dengan fun.

Semoga nanti segera dibuka kelas di daerah sekitar kelapa gading ya,biar dedenya Abid bisa ikut kelas baca. Pasti para bunda sangat antusias dede bayi bisa belajar baca.


 

Terima kasih untuk hari yang menyenangkan sekaligus meredakan kecemasan saya terhadap ketiga anak-anakku Abid-lala-adib.
Semoga kalian jadi anak-anak cerdas,berprestasi dan membanggakan.








Widia Purnawita

2 komentar:

  1. Semoga reading is fun ada di lokasi daerah ibu masing-masing ya..

    BalasHapus
  2. Asyik sekali bisa belajar tanpa membosankan

    BalasHapus